OUR NETWORK

Mereka yang Berpeluang Hengkang dari Manchester United Musim Ini

Melihat Manchester City yang melenggang ke podium utama lebih dini merupakan sebuah tamparan bagi mereka yang mengincar trofi juara musim ini, termasuk rival satu kota Manchester United. Manajer Jose Mourinho jelas tidak akan berdiam diri dan membiarkan hal ini terulang di musim depan.

Jose Mourinho dalam wawancara setelah pertandingan kerap menyebut masalah lini tengah ke belakang yang kurang solid. Hal senada juga dilontarkan oleh sejumlah analis sepakbola. Jelas, lini pertahanan yang buruk bisa menjadi petaka buat kubu Manchester Merah. Hal ini pula yang membuat isu perombakan cenderung terdengar pada area tersebut.

Lantas, siapa saja pemain Manchester United yang berpeluang hengkang musim depan?

  1. Matteo Darmian

Sejak berlabuhnya Matteo dari Torino tahun 2015 silam, banyak yang mengira pemuda ini akan memberi banyak kejutan. Sayangnya, atmosfer Premier League yang berbeda, membuatnya kesulitan mencuri tempat dari seniornya yang sudah tidak selincah sebelumnya. Darmian belum dipercaya penuh untuk menggantikan posisi Antonio Valencia atau Ashley Young di sisi lapangan.

Sejauh ini, pemain Italia ini mengoleksi waktu bermain penuh hanya di dua pertandingan. Penampilan Darmian dianggap kurang berkembang sehingga sang pelatih harus ragu akan memberikan waktu di lapangan untuk berkembang atau kehilangan poin pertandingan.

Sementara itu, Timothy Fosu-Mensah tampil mengesankan bersama klub sementaranya Crystal Palace dan diperkirakan akan kembali ke kota Manchester dalam waktu dekat ini. Dengan ruangan yang semakin sempit, pintu keluar menanti siapa yang dianggap kurang menjanjikan.

Baca juga: Matteo Darmian dan Keinginannya Bergabung dengan Juventus

  1. Daley Blind

Mungkin beberapa pihak kurang senada jika nama Belanda ini ada dalam daftar ini mengingat Blind merupakan pemain super jenius dalam melihat situasi permainan yang memiliki kontrol bola di tingkat yang berbeda. Akurasi umpan dan eksekusi bola mati milik pemain yang direkrut oleh Van Gaal ini tidak perlu diragukan lagi.

Sementara itu, Mourinho merupakan bos dengan standar dan tuntutan yang lebih tinggi. Pria asal Portugal tersebut meminta seorang seperti Blind yang tajam di sisi kiri lapangan harus mumpuni untuk tampil apik sebagai bek tengah dan gelandang tengah mengingat formasi yang diaplikasikan dalam 90 menit pertandingan bisa beragam.

Baca juga: Kontroversi Rumor Transfer Daley Blind ke AS Roma

  1. Luke Shaw

Sejak awal kedatangannya, Shaw sudah membuat kubu manajemen United menuai kritik dari sejumlah pandit sepak bola dan sebagian pendukung. Pasalnya, £30 juta dianggap ‘lebay’ untuk pemain muda yang belum jelas kecemerlangannya sebagai sebuah investasi.

Shaw kesulitan menemukan permainan apik sepert yang ditampilkannya saat bermain untuk Mauricio Pochettino dulu. Dengan 39 penampilan saja di kancah liga lokal, pemain yang pernah direkrut dengan gelar pemuda termahal itu masih belum memenuhi ekspektasi publik.

Melihat dari kacamata talenta, Luke tidak kurang suatu apapun untuk dianggap pantas sebagai salah satu punggawa Setan Merah; tak heran timnas Inggris pun menghadiahinya beberapa caps di ajang internasional. Namun, The Special One melihatnya sebagai pemuda bengal yang tidak patuh terhadap instruksinya.

Di sisi lain Young masih terus memenuhi harapan pelatih sehingga posisinya aman sentosa dari para pemuda seperti Shaw. Isu pasar pemain yang menyebut United jatuh hati pada Kieran Tierney dari Celtic dan FC Barcelona yang siap memoles Shaw yang masih berusia 22 tahun membuat pemain eks Southampton patut untuk berada dalam daftar ini.

Baca juga: Jika Hengkang, Ke Klub Mana Luke Shaw Berlabuh?

  1. Ander Herrera

Pemuda 28 tahun ini telah mengalami asam manisnya kehidupan pesepakbola di panggung impian. Louis van Gaal kurang puas terhadap penampilannya dan hanya sesekali memberinya kesempatan untuk unjuk gigi. Namun, kedatangan Mourinho merupakan angin segar bagi dirinya hingga membuat namanya dielu-elukan oleh para pendukung.

Herrera dibawah asuhan Mou pernah menyabet gelar Pemain terbaik tahun 2017 dengan membantu United menggondol tiga piala kala itu. Masih ada lagi, berkat penampilannya yang mengesankan, Ander juga mendapat undangan dari  timnas Spanyol. Momen-momen ini bisa jadi puncak karirnya.

Kedatangan Nemanja Matic sangat memengaruhi menit bermain Herrera. Selain itu, rekan pemain, manajemen dan pendukung United pun terlihat sangat terhibur dengan eks pemain Chelsea tersebut. Dengan pernyataan Mourinho melalui goal.com yang menyebut bahwa dua gelandang lagi akan masuk musim depan dan Scott McTominay yang tampil semakin cerah, masa depan Herrera patut diragukan.

Baca juga: Menanti Kontrak Baru Ander Herrera

  1. Phil Jones

Sir Alex Ferguson sempat membanggakan anak didiknya dengan berkata, “Phil Jones mungkin akan menjadi pemain bertahan terbaik kita sepanjang masa.” Mungkin pernyataan ini sedikit berlebihan, tapi kala itu Jones memang sangat menjanjikan.

Namun, keadaan berubah ketika cidera serius menghambat perjalanan karirnya. Terlebih lagi, Jose kerap menyalahkan bek tengah atas tercurinya angka oleh musuh. Hal ini membuat Eric Bailly dan Chris Smalling tampil sebagai pasangan emas baru di lini pertahanan. Denga Marcos Rojo yang baru memperpancang kontrak dan Victor Lindelof yang kontraknya masih panjang, Phil harus benar-benar bekerja keras agar namanya tetap muncul sebagai punggawa Setan Merah.

Baca juga: Solidnya Lini Pertahanan United dan Transformasi Phil Jones 

Lantas, menurut Anda siapa lagi yang berpeluang menuju pintu keluar Old Trafford?

Comments

Loading...