in

Catatan Penting Jelang Manchester United vs Real Madrid di Piala Super Eropa

Laga pramusim telah berakhir, kini kesebelasan-kesebelasan Eropa mulai fokus untuk mengarungi kompetisi yang sesungguhnya. Manchester United sendiri akan memulainya dengan menjajal Real Madrid di Piala Super Eropa pada 8 Agustus esok. Bagaimana preview Manchester United vs Real Madrid? Berikut kami sajikan untuk Anda.

Hasil Laga Pramusim Manchester United

Manchester United terbilang sukses selama melakoni laga pramusim mereka di Amerika dan di Eropa. Dari tujuh laga yang dilakoni, Setan Merah meraih enam kemenangan.

The Red Devils mengawalinya dengan melumat LA Galaxy dengan skor 5-2, kemudian mengalahkan Real Salt Lake dengan skor tipis 2-1.

Di Amerika Serikat, Manchester United juga bertemu rival sekotanya, Manchester City, yang berhasil digasak 2-0. Di pertandingan selanjutnya, United unggul atas Real Madrid setelah menang lewat adu tendangan penalti. Sayangnya, di pertandingan terakhir, United kalah 0-1 dari Barcelona.

Setelah dari Amerika, Manchester United kembali ke Eropa untuk menghadapi Valerenga di Oslo. Pada laga itu Manchester United berhasil menang dengan skor 3-0 dengan gol yang masing–masing dicetak oleh Marouane Fellaini, Romeru Lukaku, dan Scott McTominay.

Laga terakhir pra musim di tutup dengan laga melawan Sampdoria di Dublin dan berhasil menang tipis 2-1 melalui gol Henrikh Mkhtaryan dan Juan Mata.

Persiapan Skuat

Manchester United dipastikan tidak akan diperkuat duo lini belakang mereka Eric Bailly dan Phil Jones karena masih menjalani sanksi larangan bermain. Namun pemain rekrutan baru mereka yakni Victor Lindelof, Romeru Lukaku, dan Nemanja Matic, dipastikan siap tampil untuk melakukan debut di laga resmi bersama Manchester United. Tiga pemain lainnya yang dipastikan absen yaitu Luke Shaw, Ashley Young, dan Marcos Rojo, karena masih dalam rangka penyembuhan cedera.

Di kubu Real Madrid, Zinadine Zidane masih berharap-harap cemas atas kondisi penyerang sayap andalan mereka, Gareth Bale, karena harus mengalami cedera pergelangan kaki saat laga pra musim. Begitu juga dengan mantan bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, masih belum dipastikan keikutsertaannya dalam laga UEFA Super Cup karena Ronaldo diberi waktu libur tambahan setelah melakoni Piala Konfederasi bersama Portugal.

Rekam Jejak Manchester United dan Real Madrid di UEFA Super Cup

Manchester United terhitung telah tiga kali menjalani laga UEFA Super Cup namun hanya berhasil menang satu kali yakni pada bulan November 1991.  Kala itu, Brian McClair mencetak gol tunggal untuk kemenangan Manchester United atas Red Star Belgrade di Old Trafford. Sedangkan dua pertandingan lainnya Manchester United mengalami kekalahan yakni pada tahun 1999, Manchester United kalah 0-1 dari Lazio dan juga mengalami kekalahan 1-2 atas Zenit Saint Petersburg pada tahun 2008.

Sementara itu, Real Madrid pernah mendapatkan tiga kali trofi UEFA Super Cup dan dua kali menjadi runner-up. Real Madrid berhasil mengalahkan Feyenord dengan skor 3-1 pada 2002, kemudian mengalahkan Sevilla 2-0 di Cardif pada 2014 dan 3-2 di Trondheim pada 2016 lalu. Di tahun 1998 Real Madrid dikalahkan Chelsea dengan skor 0-1 dan dikalahkan Galatasaray tahun 2000.

Kabar Real Madrid

Musim 2016/2017 dianggap sebagai musim terbaik dalam sejarah Real Madrid karena dalam musim tersebut Real Madrid berhasil memenangkan empat kompetisi dalam satu musim untuk pertama kalinya. Tim asuhan Zinadine Zidane berhasil meraih gelar La Liga, mendapatkan gelar Liga Champions ke-12 mereka, sekaligus mengangkat trofi UEFA Super Cup dan Piala Dunia antarklub.

Akan tetapi hasil kurang memuaskan didapat pada laga pra musim lalu, mereka harus mengakui keunggulan Manchester United lewat adu penalti kemudian dilumat Manchester City dengan skor 4-1, mereka juga dikalahkan musuh bebuyutan mereka, Barcelona, dengan skor 3-2, bahkan mereka harus menjalani adu pinalti untuk mengalahkan tim MLS all star setelah bermain imbang 1-1.

Selama jendela transfer musim panas ini, Real Madrid melepas beberapa pemain kunci seperti Pepe, Alvaro Morata, Fabio Coentrao, James Rodriguez, dan Danilo. Untuk pemain rekrutan terbaru, Real Madrid berhasil mendatangkan Theo Hernandez dari Atletico Madrid dan Dani Ceballos dari Real Betis.

Catatan Fakta Unik

Manchester United tercatat berhasil memenangkan 11 pertandingannya di kancah Eropa dan menjadi tim Inggris pertama yang berhasil mengakat trofi UEFA Super Cup setelah terakhir kali dilakukan Liverpool tahun 2005. Sementara Real Madrid berambisi menjadi klub kedua yang memenangkan UEFA Super Cup secara berturut-turut setelah AC Milan yang berhasil melakukannya pada tahun 1989 dan 1990.

Sumber: Manutd.com

Facebook Comments