in

ICC 2017: Manchester United 1-1 Real Madrid (Pen. 2-1)

Manchester United berhasil menang atas Real Madrid dalam tur pramusim bertajuk International Champions Cup 2017 yang dihelat di Levi’s Stadium, Amerika Serikat, pada Senin (24/7) dinihari WIB. United yang ditahan imbang 1-1 di waktu normal, berhasil menang 2-1 lewat adu tendangan penalti.

Sejak peluit dibunyikan, United langsung mengambil inisiatif serangan. Anthony Martial yang bergerak di sisi kanan, tampil amat agresif. Beberapa kali ia mengancam lini pertahanan Los Blancos. Namun, hingga 15 menit awal, hanya satu attemps yang terjadi.

Baru pada menit ke-20, Madrid mulai mengancam pertahanan The Red Devils. Karim Benzema yang didukung Isco dan Marcelo, mulai mendapatkan peluang untuk menyerang gawang The Red Devils yang dikawal Sergio Romero.

Babak pertama rasanya akan ditutup dengan hasil imbang. Namun, pergerakan Martial di sisi kiri yang melewati tiga pemain Madrid, membuka pertahanan El Real. Martial langsung mengirim umpan ke sisi kiri gawang Madrid yang dikawal Keylor Navas. Di sana, berdiri Jesse Lingard yang tak terkawal. Hingga babak pertama usai, Manchester United unggul 1-0 atas Real Madrid.

Di awal babak kedua, malapetaka untuk Manchester United hadir saat Ander Herrera yang baru saja dimasukkan, mesti ditarik keluar pada menit ke-52. Ini terjadi setelah ia mendapatkan benturan cukup keras pada tulang rusuknya.

Pada menit ke-70, pergerakan cepat Theo Hernandez di sisi kanan pertahanan United, dihentikan paksa Victor Lindelof. Tanpa ragu-ragu, wasit langsung menunjuk titik putih. Casemiro, yang juga menjadi kapten Real, menembak ke sisi kanan gawang United yang di babak kedua ini dikawal David De Gea. Bola meluncur dengan deras, meski De Gea menebak ke arah yang tepat.

Hingga 90 menit pertandingan berlangsung, tidak ada gol yang tambahan yang tercipta untuk kedua kesebelasan. Manchester United 1-1 Real Madrid

Adu Penalti

Di babak adu tendangan penalti, United tidak didampingi Jose Mourinho yang masuk ruang ganti terlebih dahulu. Pemilihan pemain pun terbilang mengejutkan. Martial, McTominay, Henrikh Mkhitaryan, Victor Lindelof, dan Daley Blind, disiapkan. Nama-nama ini sendiri mayoritas dianggap bukan sebagai algojo tetap adu penalti. Untungnya, De Gea tampil luar biasa.

Tendangan penalti dibuka oleh Martial. Sayangnya, performa apik pemain berkebangsaan Prancis ini tidak terlihat di tendangan penalti. Meski kiper Kiko Casilla melompat ke arah yang berlawanan, tembakannya terlalu kencang sehingga melesat ke atas gawang El Real.

Madrid sendiri memulai tembakan penalti lewat Mateo Kovacic. Mantan pemain Inter Milan ini menendang ke sisi kanan gawang De Gea. Tak mengulang kesalahan, De Gea berhasil menepis tendangan pemain yang berposisi sebagai gelandang ini. 0-0.

McTominay menjadi penendang kedua United. Sayangnya, tendangannya terlalu lemah untuk bisa diselamatkan oleh Kiko Casilla. Hal serupa juga menimpa Oscar yang menjadi penendang kedua Madrid. Tendangan kerasnya ke sisi kiri gawang De Gea, berhasil diselamatkan kiper berkebangsaan Spanyol tersebut dengan satu tangan.

Gol pertama United di adu tendangan penalti baru terjadi saat Mkhitaryan yang menjadi algojo. Tendangan mendatarnya ke sisi kanan gawang El Real, sukses menjebol gawang Kiko Casilla.

Senada dengan Mkhitaryan, Quezada yang menjadi algojo ketiga El Real sukses menggetarkan gawang David De Gea. Bola sebenarnya berhasil ditepis, mirip seperti yang terjadi pada Oscar. Namun, arah bola terlalu kencang yang membuat bola gagal keluar lapangan.

Victor Lindelof yang menjadi algojo keempat, sejatinya berada di atas angin. Namun, ia kelewat percaya diri dengan mengarahkan bola rendah ke tengah. Kiko Casilla yang belum sempat bergerak, bisa menahan tendangan itu dengan mudah.

Algojo Madrid, Theo Hernandez, kembali gagal mencetak gol. De Gea sejatinya telah salah menebak. Namun tendangan mantan pemain Atletico ini masih melebar.

Daley Blind ditunjuk sebagia penendang kelima United. Usaha pemain berkebangsaan Belanda ini berbuah manis. Tendangan kaki kirinya sukses menipu Casilla yang melompat ke kiri, sementara bola diarahkan ke tengah.

Penendang terakhir Madrid, Casemiro, gagal mengulang golnya di babak kedua waktu normal. Tendangannya memang mengecoh De Gea, tapi bola meluncur dengan keras dan menghantam mistar gawang.

Kegagalan Casemiro ini membuat Manchester United menang 2-1 lewat adu penalti.

Manchester United: 20-Sergio Romero (1-David de Gea, 46′) GK; 24-Timothy Fosu-Mensah (17-Daley Blind, 46′), 3-Eric Bailly (2-Victor Lindelof, 46′), 4-Phil Jones (12-Chris Smalling, 46′), 36-Matteo Darmian (25-Antonio Valencia, 77′); 16-Michael Carrick (Henrikh Mkhitaryan, 46′), 27-Marouane Fellaini, 44-Andreas Pereira (21-Ander Herrera, 46′) (39-Scott McTominay, 52′); 11-Anthony Martial, 19-Marcus Rashford (9-Romelu Lukaku, 46′), 14-Jesse Lingard (6-Paul Pogba, 46′)

Pelatih: Jose Mourinho

Real Madrid: 1-Keylor Navas (13-Kiko Casilla, 46′) GK; 2-Dani Carvajal (34-Achraf Hakimi, 46′), 5-Raphael Varane (26-Luismi Queazada, 46′), 6-Nacho (33-Manu, 46′), 12-Marcelo (27-Alvaro Tejero, 46′); 8-Toni Kroos (14-Casemiro, 46′), 10-Luka Modric (16-Mateo Kovacic, 46′); 11-Gareth Bale (29-Francisco Feuillassier, 46′), 22-Isco (32-Oscar Rodriguez, 46′), 17-Lucas Vazquez (15-Theo Hernandez, 46′); 9-Karim Benzema (28-Daniel Gomez, 46′)

Pelatih: Zinedine Zidane

Editor: Frasetya Vady Aditya
Facebook Comments
Loading...