OUR NETWORK

Mourinho: Tim Ini Jauh dari Harapan

Manchester United telah mengamankan dua gelar musim ini, Community Shield dan EFL Cup. Meski keduanya bukanlah trofi major, namun pencapaian Jose Mourinho tersebut tidak dapat dibilang buruk. Ditambah dengan peluang juara yang cukup besar di Europa League membuat harapan akan trofi yang akan diraih terus meningkat. Namun, performa United di liga memang jauh dari harapan.

Sebelum pertandingan melawan Sunderland, United menjalani 20 laga tanpa sekalipun mengalami kekalahan. Tapi bukan berarti itu adalah berita baik. Zlatan Ibrahimovic dkk., tak banyak meraih tiga poin dalam periode itu yang membuat United masih berkutat di posisi enam klasemen. Mourinho sendiri menyatakan bahwa timnya memang maish jauh dari yang ia harapkan dan bursa transfer musim panas nanti akan menjadi masa yang krusial bagi masa depan United.

United dikabarkan tengah mengincar Antoine Griezmann yang sejauh ini berhasil mencatatkan 23 gol dan sembilan asis di berbagai kompetisi bersama Atletico Madrid. Pemain muda AS Monaco yang tengah naik daun, Kylian Mbappe juga tak luput dari radar. Pemain yang kerap disamakan dengan Thierry Henry itu mencetak 19 gol dan lima asis sejauh ini.

Satu lagi pemain yang kerap dihubungkan dengan United, bek asal Portugal Victor Lindelof yang menjadi andalan Benfica musim ini. Bahkan rumor Alexis Sanchez akan bergabung dengan United pun sempat tersebar namun Mourinho sendiri yang menolak rumor tersebut.

“Jika Anda bertanya sejauh apa tim yang saya miliki dengan tim saya harapkan, itu adalah sangat jauh. Tim yang saya miliki memang tidak terkalahkan dalam 20 pertandingan, tapi selisih antara jumlah kemenangan dan hasil imbang hanya tiga, bukan empat, lima, enam, atau bahkan tujuh, yang tentunya dapat memberi banyak perbedaan,” ujar Mourinho.

“Contohnya? Hasil imbang di kandang melawan Bournemouth ketika kami tidak mencetak gol lewat titik penalti. Hull City, mereka jarang memasuki setengah lapangan pertahanan kami dalam 90 menit, tapi hasilnya 0-0,” tambahnya.

Namun Mourinho juga mengungkapkan bahwa sebenarnya timnya tidak buruk, hanya saja masih jauh dari yang ia harapkan. “Kami memenangkan kompetisi, kami masih berada di Europa League, skuat kami tidak buruk. Permainan kami tidak buruk. Mental kami sangat baik. Terdapat banyak hal baik, namun jika kembali ke pertanyaan itu, kami masih jauh,” ungkap pelatih asal Portugal itu.

Oleh karena itu, Mourinho merasa timnya membutuhkan waktu untuk berkembang. Ia membutuhkan bursa transfer untuk mendatangkan pemain dan pemain mudanya membutuhkan waktu untuk berkembang. “Kami dulu memiliki satu bursa transfer (musim panas 2016) lalu tidak menggunakan yang kedua (musim dingin 2017). Jadi kami membutuhkan bursa transfer selanjutnya. Kami juga membutuhkan waktu untuk pemain muda untuk melangkah lebih jauh.”

Tapi musim ini belum sepenuhnya usai. Secara matematis, United juga masih berpeluang untuk finis di posisi empat besar meskipun Mourinho tidak menargetkan hal tersebut. Jadi, dengan segala skuat dimiliki, apapun kekurangannya, tetap penting bagi United untuk terus berjuang dan mendapatkan hasil terbaik musim ini.

Comments

Loading...