OUR NETWORK

Fred, Gelandang Energik Penarik Perhatian Duo Manchester

Tidak akan ada habisnya jika membahas kapabilitas pesepakbola yang berasal dari Brasil. Sejak dahulu, kemampuan mengolah bola mereka sudah terkenal sangat brilian. Bahkan, hingga saat ini, pemain asal negera samba tersebut berhasil ‘menyelimuti’ semua antero kompetisi sepakbola di Eropa. Salah satunya adalah Fred, yang disebut-sebut sebagai Fernandinho baru dari Shakhtar Donetsk.

Sejak awal musim lalu, Fred sangatlah dikaitkan dengan kepindahannya menuju Premier League. Bahkan, pada bursa transfer musim panas nanti, Manchester City dan Manchester United dikabarkan muncul sebagai peminat serius tanda tangan pemain 25 tahun tersebut.

Spekulasi itu bukan tanpa alasan. Pasalnya CEO Shakhtar, Sergei Palkin, telah mengatakan kepada Corriere dello Sport pada maret lalu, bahwa Fred sudah dipastikan akan pergi dari klubnya itu pada Juli nanti. “Fred akan pergi pada Juli, dan kemungkinan dia akan pergi ke Manchester City atau memilih berlabuh pergi ke Manchester United,” tutur Sergei Palkin.

Namun sebenarnya, seberapa baik profil permainan gelandang berdarah Amerika Latin itu? Untuk menjawab semuanya, kami telah mencatatkan sedikit data dan fakta mengenai Fred.

Catatan penampilan Fred di musim ini

Playmaker berkaki kiri, yang bergabung dengan Shakhtar dari Internacional pada Juni 2013 itu, telah menjadi starter reguler untuk tim juara bertahan Ukraina musim ini di semua kompetisi (15 penampilan, dua Man of The Match), dan telah menghasilkan beberapa penampilan yang memikat publik sepakbola di ajang Liga Champions sebelum Shakhtar tersingkir di babak 16 besar.

Pep Guardiola dikabarkan sangat terkesan dengan penampilan individu Fred di dua laga saat melawan Manchester City pada babak penyisihan grup Liga Champions. Bahkan, Pep sempat takjub saat mengetahui Fred berhasil mencetak gol pertamanya di Liga Champions musim ini.

Gol tersebut dicetaknya lewat tendangan bebas yang menakjubkan saat Shakhtar melawan Roma di pertandingan leg pertama babak 16 besar. Berkat gol itu, nama Fred juga berhasil menjadi berita utama media sepakbola pada akhir Februari lalu.

Mengetahui ciri khas gaya bermain Fred

Fred selalu beroperasi sebagai gelandang box-to-box untuk di Liga Ukraina, dan penampilannya itu telah mendapat acungan jempol di bawah manajer Fonseca. Bahkan Fred sendiri sempat mengatakan bahwa posisi yang diberikan manajernya itu menjadikannya bisa bermain dengan sangat baik di tim utama Shakhtar Donetsk.

“Fonseca memungkinkan saya bermain baik secara ofensif dan defensif, dan tugas utama saya adalah mengubah arah gerakan menyerang lawan. Di bawah mantan manajer Mircea Lucescu, pemain depan dan full-back lah yang bertanggung jawab untuk itu, tapi sekarang saya adalah konduktornya. Semuanya telah berubah total. Pelatih sekarang mempercaya saya dan melihat kualitas yang tidak disadari oleh Lucescu,” ungkap Fred dikutip football.ua pada September 2016.

‘Atribut-atribut’ kapabilitas Fred setidaknya menunjukkan bahwa ia memiliki kemampuan beradaptasi dengan kerasnya Premier League (jika benar-benar pindah pada musim panas nanti). Namun, keterampilannya masih dianggap belum cukup kuat untuk langsung masuk ke starting XI salah satu dari empat klub papan atas Inggris. Maka wajar jika hal ini dipersoalkan. Karena sejatinya, Premier League sendiri adalah liga yang tidak hanya melihat kemampuan fisik para pemainnya.

“Fred masih kurang ulet, agresif dan disiplin taktis dibandingkan dengan Fernandinho. Kadang-kadang, dia cenderung kehilangan konsentrasi, dan tidak selalu mundur cukup cepat setelah kehilangan bola. Walaupun, Fred sebenarnya sangat bagus dalam bergerak maju dan memberikan sentuhan kualitas pada bola. Dia juga tetap nyaman saat di bawah tekanan, dan keterampilan dribbling-nya bagus untuk seorang gelandang bertahan,” jelas jurnalis Ukraina, Ilya Novikov, kepada ESPN FC.

Fred yang sedang di ambang ketertarikan Manchester City dan Manchester United

Manchester City dan Manchester United tampaknya menjadi pasangan serasi yang sangat serius dalam mendapatkan tanda tangan Fred, dan menurut transfermarkt, kedua klub Manchester itu harus merogoh keuangan klub mereka mencapai kurang lebih 40 juta paun.

Di sisi lain, Gilberto Silva adalah penasihat dan mentor bagi pemain Brasil yang sangat berbakat. Mantan gelandang Arsenal itu telah menegaskan pada bulan lalu, jika terdapat beberapa klub papan atas Inggris yang serius untuk meminang Fred. Ia bahkan mengatakan bahwa diantara luasnya cakupan pasar transfer, Premier League menjadi destinasi memungkinkan untuk Fred di musim panas nanti.

“Saat ini saya terbuka soal pasar transfer, dan ketika saya melihat seluruh pasar transfer, Premier League adalah salah satu destinasi terbaik untuk Fred. Saya punya pertanyaan untuknya di jendela transfer terakhir nanti, tetapi mungkin itu tidak akan terjadi. Karena sejatinya Premier League adalah tujuan terbaik Fred,” ungkap Silva kepada Sky Sports dalam acara The Debate.

Kendati begitu, tanda tanya masih mengelilingi, ‘apakah Fred akan mendapatkan pelabuhan baru di Manchester City atau Manchester United?’ Dengan kecenderungan Pep Guardiola yang bermain hanya dengan satu gelandang bertahan bersama pemain pendukung seperti David Silva dan Kevin de Bruyne, Fred kemungkinan harus bersaing dengan Fernandinho atau Ilkay Gundogan yang sudah sangat berpengalaman dalam bermain di tim utama.

Dan jika pemain bernomor punggung ‘8’ di Shakhtar itu bergabung dengan Manchester United, tampaknya ia mendapati sedikit ruang untuk melakukan manuver dengan masuk ke tim utama pasukan Old Trafford. Pasalnya, Jose Mourinho telah banyak melakukan rotasi sejumlah gelandang kreatifnya untuk bermain bersama Nemanja Matic tanpa memilih satu pun opsi tetap. Bahkan, Ander Herrera dan Marouane Fellaini sampai-sampai diuji ketika memainkan peran box-to-box.

Sementara itu, ada Scott McTominay yang masih berusia 21 tahun dan hanya menjadi pilihan utama pada saat-saat tertentu. Dan melihat fakta-fakta seperti itu, Fred sepertinya memiliki rekomendasi baik jika memilih United sebagai klub barunya, di atas simpang siur masa depan Paul Pogba yang digadang-gadang akan segera hengkang karena situasi ketegangannya dengan Jose Mourinho di musim ini.

Baca juga: Paul Pogba Tepis Semua Kabar Miring Tentangnya.

Sumber : Sky Sports, Transfermarkt, WhoScored

Comments