in

Scouting the Enemy: Liverpool

Premier League is Back. Setelah beristirahat sejenak dengan menyaksikan keseruan kualifikasi Piala Dunia 2018, kita kembali dapat menyaksikan pertandingan Manchester United. Pekan ini mereka akan dijamu rival klasiknya, Liverpool, di stadion Anfield. Laga ini menjadi ujian bagi skuat Jose Mourinho untuk mempertahankan posisinya di papan atas.

Kapan dan di mana laga Liverpool vs Manchester United Dimainkan?

Pertandingan ini akan menjadi pembuka dari rangkaian pekan kedelapan Premier League. Martin Atkinson akan menjadi pengadil dalam laga yang diprediksi akan panas ini. Anda bisa menyaksikan laga ini di kanal Bein Sports 1 dan RCTI.

Bagaimana sejarah singkat rivalitas kedua kesebelasan?

Pada Abad ke-18, kedua kota ini merupakan kota tersukses di sektor industri. Liverpool terkenal dengan pelabuhannya sementara United dikenal sebagai penghasil tekstil terbaik di Inggris. Kedua kota ini sebenarnya memiliki hubungan dekat sampai akhirnya Manchester United memilih untuk membuka Manchester Ship Canal yang membuat kapal-kapal dagang bisa langsung ke Manchester tanpa melalui Liverpool.

Setelah kejadian tersebut, persaingan antar kedua kota ini menjalar ke sepak bola. Perpindahan Phil Chisnall dari United ke Liverpool menjadi awal mula rivalitas kedua tim. Pada era 1980-an Ron Atkinson mengatakan bahwa perjalanan ke Anfield layaknya pergi ke perang Vietnam.

Dalam soal mengumpulkan gelar kedua tim juga saling klaim bahwa merekalah yang terbaik. United unggul dengan 20 gelar juara sementara The Reds unggul dari United soal perolehan gelar mereka di kompetisi Liga Champions.

Bagaimana Performa Liverpool Musim Ini?

Mereka sebenarnya tampil sangat baik di awal musim. Kemenangan 4-0 atas Arsenal menjadi bukti keseriusan mereka mengincar gelar juara. Namun segalanya berubah ketika mereka dibantai Manchester City 5-0 awal September lalu. Setelah hasil buruk tersebut, The Reds terus meraih hasil minor dengan hanya meraih satu kemenangan dari enam laga terakhir di semua ajang.

Siapa manajer mereka?

Mereka dipimpin oleh manajer yang penuh gairah, Jurgen Klopp. Keberhasilannya membawa Mainz menjadi kuda hitam Bundesliga membuat Borussia Dortmund menggunakan jasanya pada 2008. Bersama Klopp, Dortmund menjadi sosok yang mampu menghentikan dominasi Bayern Munches di kompetisi Bundesliga.

Setelah tujuh musim bersama Die Borussien, Klopp kemudian dikontrak Liverpool untuk menggantikan Brendan Rodgers yang tidak membawa perubahan apapun ke dalam skuad Si Merah. Belum ada prestasi yang mampu dipersembahkan Klopp di Liverpool. Pencapaian terbaiknya baru sebatas membawa Liverpool menjadi runner up di Piala Liga dan Liga Europa.

Bagaimana Taktik Liverpool?

Klopp adalah penganut gaya permainan Gegenpressing yang menekankan pressing ketat ketika mereka kehilangan penguasaan bola. Hal ini mirip-mirip dengan apa yang dilakukan oleh Pep Guardiola di Manchester City meski penerapannya di lapangan sedikit berbeda. Akan tapi pola permainan Klopp ini mengundang risiko apabila menghadapi tim yang memiliki kekuatan dalam serangan balik. Hal ini dikarenakan lini belakang mereka yang masih menjadi sektor terlemah di musim ini.

Siapa saja pemain kunci Kedua kesebelasan?

Kedua tim kehilangan beberapa pilar utamanya pekan ini. Marouane Fellaini dan Sadio Mane mendapatkan cedera ketika mereka turun di ajang Internasional. Akan tetapi kehilangan kedua pemain tersebut tidak akan berpengaruh besar dalam laga nanti.

Romelu Lukaku masih akan menjadi andalan Manchester United. Keran golnya belum berhenti. Bahkan gol Lukaku terus mengalir hingga kualifikasi Piala Dunia. Kehilangan Sadio Mane membuat Liverpool akan memaksimalkan sosok Mohamed Salah. Sejauh ini ia sudah mencetak empat gol dan menjadi top skor utama Liverpool musim ini.

Siapakah yang akan mencuri perhatian?

Fans United mungkin berharap Juan Mata bisa mengulangi momen magisnya di Anfield seperti pada musim 2015 silam. Sudah tiga kali mantan pemain Valencia tersebut mencetak gol ke gawang Liverpool dimana salah satunya dibuat dengan tendangan salto. Sementara Liverpool masih memiliki Roberto Firmino dan Philipe Coutinho apabila Salah tidak bisa mencetak gol.

Bagaimana rekor pertemuan kedua kesebelasan?

Kedua tim sudah bertemu 226 kali di seluruh kompetisi. United memenangi 87 laga sementara 75 laga dimenangi oleh Liverpool. Jika mengerucut di pertandingan di Premier League, Setan Merah masih unggul jumlah kemenangan dibanding Si Merah dengan 27 berbanding 13.

United terakhir kali meraih kemenangan atas Liverpool pada musim 2015/2016. Ketika itu gol Wayne Rooney membawa skuad asuhan Louis Van Gaal menang 1-0. Musim lalu, kedua tim sama-sama bermain imbang baik kandang maupun tandang.

Perkiraan Formasi:

LIVERPOOL:

Mignolet, Alexander-Arnold, Matip, Klavan, Moreno, Henderson, Can, Wijnaldum, Coutinho, Firmino, Salah

MANCHESTER UNITED:

De Gea, Valencia, Bailly, Jones, Young, Matic, Herrera, Mata, Mkhitaryan, Martial, Lukaku

Facebook Comments
Loading...

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola