OUR NETWORK

Scouting the Enemy: AS Roma

Setelah berjibaku di kompetisi domestik, Manchester United kembali menatap pertandingan antar klub Eropa. Dini hari nanti, mereka akan menghadapi AS Roma dalam lanjutan semifinal Liga Europa.

Ajang ini sangat penting bagi United yang bertekad untuk mengakhiri musim 2020/2021 dengan raihan piala. Selain itu, pertandingan ini juga menjadi tantangan bagi Ole yang selalu mentok di semifinal tiap kali membawa Setan Merah berkiprah pada ajang piala.

Sebelum menyaksikan pertandingannya, berikut adalah profil singkat dari rival sekota Lazio tersebut yang pada 2017/2018 sempat mengejutkan Barcelona dengan melakukan comeback dramatis pada ajang Liga Champions Eropa.

Kapan dan Di mana Pertandingan ini Dimainkan?

Setelah memulai perempat final sebagai tim tamu, kali ini United akan lebih dahulu menjadi tuan rumah pada semifinal Europa League. Sepak mula akan dimulai pada pukul 02.00 WIB. Emtek yang menjadi pemegang hak siar Europa League di Indonesia akan kembali menyiarkan laga ini. Akan tetapi, bukan SCTV yang akan menyiarkan pertandingan tersebut melainkan O Channel.

Bagaimana Sejarah Singkat AS Roma?

AS Roma berdiri pada musim semi 1927 ketika Italo Foschi memilih menggabungkan tiga kesebelasan di kota Roma yaitu Roman FC, SS Alba-Audace, dan Fortitudo-Pro Roma SGS. Tujuan merger ini adalah untuk membentuk satu tim kuat yang bisa mewakili Roma pada ajang sepakbola. Sayangnya, ada satu klub yang memilih untuk menolak gagasan Foschi tersebut yaitu Lazio.

Sejak saat itu, Roma mulai menjelma menjadi kekuatan sepakbola di Italia. Meski tidak sementereng Juventus atau duo Milan, namun Roma beberapa kali meraih prestasi yang membanggakan. Dominasi mereka pada 80-an begitu terasa. Ketika itu, Roma empat kali meraih Coppa Italia dan meraih scudetto pada 1982/1983.

Namun, masa-masa keemas an Roma justru terjadi pada 2000-an. Ketika itu, Roma meraih scudetto pada musim 2000/2001 dengan pemain-pemain hebat seperti Totti, Cafu, Aldair, Montella, Tomassi, dan Gabriel Batistuta. Akan tetapi, gelar tersebut menjadi gelar terakhir mereka di kompetisi domestik. Sejak saat itu, prestasi tertinggi Roma hanya menjadi runner-up dalam sembilan musim.

Bagaimana Kiprah Mereka Sejauh Ini?

Kiprah mereka bisa dikatakan tidak konsisten. Sempat berada pada zona Liga Champions hingga awal 2021, namun posisi mereka kini tercecer pada urutan ketujuh klasemen sementara. Hal ini tidak lepas dari penampilan mereka yang hanya punya satu kemenangan dari tujuh laga terakhir di Serie A.

Siapa Pelatih Mereka?

Sejak musim lalu, kursi kepelatihan Roma dipegang oleh Paulo Fonseca. Sebelum menangani Serigala Roma, ia dikenal sebagai pelatih Shakhtar Donetsk. Dialah yang mengembangkan sosok Fred selama berkarier di Ukraina. Selama di Shakhtar, Paulo mempersembahkan tujuh gelar juara dengan tiga diantaranya adalah tiga gelar Liga Ukraina.

Apa Ada Pemain AS Roma yang memiliki Hubungan Dengan United?

Dua pahlawan United pada final Liga Europa 2017 bermain untuk Roma. Mereka adalah Chris Smalling dan Henrikh Mkhitaryan. Smalling menjadi andalan di jantung pertahanan Roma sejak musim lalu, sementara Miki tampil sangat luar biasa sepanjang musim ini. Bermain 39 kali, ia sudah membuat 11 gol dan 11 assist di semua kompetisi. Kreativitasnya menjadi ancaman bagi lini belakang United nanti.

Apakah United Pernah Bertemu dengan Roma Sebelumnya?

Ya, siapa yang tidak bisa melupakan hasil 7-1 pada kunjungan terakhir mereka di Old Trafford 14 tahun lalu.

Comments

Loading...