OUR NETWORK

Kiprah Pemain Manchester United di Kualifikasi Piala Dunia 2018

Momentum Manchester United lagi-lagi terhenti pada awal bulan ini. Jeda Internasional untuk kualifikasi Piala Dunia, kembali menghentikan tren positif anak-anak arahan Jose Mourinho yang sudah berlangsung dalam 10 pertandingan terakhir.

Jika bulan lalu ada 17 pemain yang dipanggil negaranya, kali ini hanya 14 pemain saja yang berjuang demi membela negara. Tiga pemain yang absen bulan ini adalah Phil Jones, Paul Pogba, dan Timothy Fosu Mensah. Dua nama pertama tidak dipanggil negaranya karena mengalami cedera.

Sebelum fase terakhir kualifikasi Piala Dunia berlangsung selama dua pekan ini, tercatat hanya Romelu Lukaku dan Marouane Fellaini (Belgia) saja yang negaranya sudah memastikan diri lolos. Meski begitu pelatih Roberto Martinez tidak mau mengambil risiko dan tetap memanggil keduanya. Lukaku tidak bermain ketika Belgia mengalahkan Bosnia 4-3 (7/10). Namun dia diturunkan Martinez ketika mereka mengalahkan Siprus 4-0. Bermain sejak menit ke-66, mantan pemain Everton ini mencetak satu gol.

Sementara Marouane Fellaini harus menderita cedera pada laga melawan Bosnia. Salah satu komponen di lututnya mengalami kerusakan hingga harus keluar pada menit ke-29; Sebuah pukulan telak untuk Manchester United.

Kelulusan Belgia diikuti Spanyol dan Inggris. Kemenangan Spanyol atas Albania 3-0 memastikan poin mereka tidak terkejar oleh Italia. Dalam laga itu, David De Gea bermain penuh selama 90 menit. Sementara di laga terakhir melawan Israel, posisi De Gea diisi oleh kiper senior, Pepe Reina.

Menang 1-0 melawan Slovenia membuat timnas Inggris meneruskan tren enam kali beruntun lolos Piala Dunia. Bermain di Wembley, Marcus Rashford bermain penuh hingga akhir laga. Ketika melawan Lithuania di pertandingan terakhir, pemain muda ini hanya turun selama 72 menit sebelum digantikan Daniel Sturridge.

Meski tampil selama 35 menit saja dalam dua pertandingan terakhir di Grup F, namun penampilan Jesse Lingard menuai banyak pujian. Ia hanya tampil 26 menit ketika mereka mengalahkan Slovenia dan hanya tampil kurang dari 10 menit di pertandingan terakhir. Sedangkan Chris Smalling tidak diturunkan sama sekali dalam dua laga tersebut.

Air mata Nemanja Matic menetes setelah peluit akhir laga Serbia menghadapi Georgia ditiup wasit Pawel Gil. Gol tunggal Aleksandar Prijovic membawa Serbia lolos langsung ke Rusia setelah absen empat tahun lalu. Matic selalu bermain penuh dalam dua laga internasionalnya pekan ini. Dia bahkan menyumbang satu gol ketika mereka dikalahkan Austria 2-3 pada pertandingan sebelumnya.

Lolosnya Serbia juga diikuti oleh Argentina. Sempat tampil tidak meyakinkan dalam beberapa pertandingan terakhir, Albiceleste mengunci satu tempat otomatis ke Russia setelah pagi hari tadi mengalahkan Ekuador 3-1. Trigol Lionel Messi menghapus bayang-bayang kegagalan lolos untuk pertama kali sejak 1970. Sergio Romero selalu tampil penuh dalam dua laga Argentina melawan Peru dan Ekuador.

Ada yang sudah lolos, namun ada juga yang masih harus berjuang lagi di fase berikutnya. Victor Lindelof harus rela ikut babak play off setelah finis di bawah Prancis. Meski bermain apik ketika Swedia mengalahkan Luksemburg 8-0 namun pada Rabu dini hari tadi, mereka justru kalah dari Belanda 2-0 dimana salah satu golnya dibuat dari penalti setelah Lindelof menyentuh bola dengan tangan.

Babak play off juga harus dijalani Matteo Darmian setelah Italia hanya finis di bawah Spanyol di Grup G. Eks Torino ini tampil penuh ketika Italia ditahan 1-1 Macedonia dan hanya bermain selama 61 menit ketika di laga terakhir mereka mengalahkan Albania melalui gol tunggal Antonio Candreva.

Sementara Eric Bailly gagal membawa Pantai Gading lolos lebih cepat. Pada laga kualifikasi zona Afrika, mereka gagal memetik poin penuh ketika hanya bermain imbang 0-0 melawan Mali. Untuk sementara juara Piala Afrika 2015 ini masih tertahan di bawah Maroko dengan selisih satu poin. Kedua negara tersebut akan bertemu di laga terakhir 12 November mendatang.

Sayangnya beberapa anggota skuat United ada yang dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Setelah Henrikh Mkhitaryan dan Antonio Valencia, kali ini giliran Daley Blind yang hanya menjadi penonton tahun depan. Dua kemenangan timnya atas Belarus dan Swedia tidak cukup untuk membawa mereka minimal mencicipi kesempatan bermain di fase play off.

Comments