OUR NETWORK

Scouting the Enemy: Villarreal

Premier League sudah berakhir. Target sudah terpenuhi dengan baik. Tiket otomatis ke Liga Champions ditambah dengan posisi kedua di liga. Ditambah dengan jumlah gol dan poin yang mengalami peningkatan dibandingkan musim lalu meski jumlahnya tidak banyak.

Sekarang, Ole Gunnar Solskjaer tinggal mengincar target yang lebih tinggi lagi yaitu trofi. Final Liga Europa kini telah menanti mereka di PGE Arena di kota Gdansk. Piala ini jelas begitu penting mengingat United sudah tiga musim tidak mengangkat piala. Meski begitu, mereka harus melewati Villarreal terlebih dahulu. Lawa nasal Spanyol yang hobi menyulitkan mereka.

Kapan dan Di mana Pertandingan ini Dimainkan?

Final akan dipimpin oleh wasit asal Prancis, Clement Turpin, yang akan meniup peluit sepak mula pada pukul 02.00 WIB. Lokasi pertandingan ini adalah di PGE Arena, stadion yang menjadi markas dari kesebelasan Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk. Jika sesuai dengan rencana, maka SCTV yang akan menyiarkan laga ini selaku pemegang hak siar Liga Champions dan Liga Europa di Indonesia. Pertandingan ini juga bisa disaksikan melalui video.com.

Bagaimana Sejarah Singkat Villarreal?

Villarreal berdiri dengan nama Club Deportivo Villarreal pada 10 Maret 1923 untuk mempromosikan semua olahraga termasuk sepakbola. Pertandingan pertama mereka terjadi 10 bulan kemudian menghadapi Castellon. Mereka juga belum memakai kuning sebagai warna kebesaran mereka.

Nama mereka kemudian berganti menjadii Villarreal CF pada 1954 hingga sekarang. Hal ini tidak lepas karena hengkangnya beberapa pendiri klub yang memilih membentuk klub baru bernama CA Foghetecaz.

Meski sudah berdiri sejak lama, namun kiprah Villarreal di La Liga baru dimulai 1998/1999. Ketika itu, mereka langsung terdegradasi pada akhir musim sebelum kembali promosi setahun berselang. Sejak saat itu, mereka hanya satu kali turun divisi yaitu pada musim 2011/2012.

Dalam rentang 1998 hingga 2021, klub ini juga menjelma menjadi salah satu klub yang rajin main di turnamen Eropa. Prestasi terbesarnya adalah melaju ke semifinal Liga Champions musim 2005/2006 dengan pemain berkualitas seperti Diego Forlan, Jose Mari, Juan Pablo Sorin, Marcos Senna, Santi Cazorla, hingga Juan Roman Riquelme.

Bagaimana Kiprah Mereka Sejauh Ini?

Kiprah mereka cukup bagus pada musim ini. Mereka finis pada posisi tujuh dan masuk ke final Europa League untuk pertama kalinya. Meski begitu, posisi ini merupakan penurunan karena sebelumnya mereka menyelesaikan La Liga di posisi lima.

The Yellow Submarine mengawali musim dengan konsisten di empat besar. Akan tetapi, penurunan mereka alami mulai dari putaran kedua musim. Jika gagal meraih satu tiket ke Liga Champions melalui jalur Liga Europa, maka musim depan mereka hanya akan main di kompetisi baru bernama Europa Conference League.

Siapa Pelatih Mereka?

Inilah sosok yang harus diwaspadai oleh Manchester United, yaitu Unai Emery. Kompetisi ini lekat dengan pelatih kelahiran Hondarribia tersebut. Tiga kali berturut-turut Sevilla ia bawa menjadi juara di kompetisi ini (2014, 2015, 2016) dan satu kali menjadi runner-up ketika bersama Arsenal. Inilah kenapa Uefa Europa League kerap diplesetkan menjadi Unai Emery League.

Setelah dipecat oleh Meriam London, Unai menerima pinangan Villarreal awal musim ini dan sukses membuat sejarah dengan membawa klub ini lolos ke final turnamen Eropa untuk pertama kalinya dengan menyingkirkan Arsenal pada babak semifinal. Selama menangani Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer juga tidak bisa mengalahkan Emery di Premier League.

Apa Ada Pemain Villarreal yang memiliki Hubungan Dengan United?

Tidak ada pemain mereka yang pernah bermain untuk Setan Merah. Namun ada satu pemain yang saat ini dihubung-hubungkan dengan United yaitu Pau Torres. Musim ini ia menunjukkan jati dirinya sebagai bek paling potensial di Spanyol. Catatannya di La Liga sudah sebanding dengan bek bek kelas dunia lainnya yang berada di sana.

Pernahkah Kita Bertemu Villarreal Sebelumnya?

Hanya ada dua klub Spanyol yang tidak bisa United kalahkan. Yang pertama adalah Sevilla, dan yang kedua adalah Villarreal. Keduanya telah bertemu empat kali yaitu pada fase grup Liga Champions musim 2005/2006 dan 2008/2009. Hasilnya, empat pertandingan ini berakhir dengan skor sama yaitu 0-0.

Perkiraan Susunan Pemain

VILLARREAL: Sergio Asenjo, Mario Gaspar, Raul Albiol, Pau Torres, Alfonso Pedraza, Manu Trigueros, Etiene Capoue, Dani Parejo, Yeremi Pino, Gerard Moreno, Paco Alcacer

MAN UNITED: David De Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Eric Bailly, Luke Shaw, Fred, Scott McTominay, Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Paul Pogba, Edinson Cavani

Comments

Loading...