OUR NETWORK

Kaleidoskop Manchester United 2020 (Bagian 2)

2020 kini sudah berganti. Ketika tulisan ini dibuat, 2021 sudah berjalan hampir dua pekan. Pada tahun yang baru ini, Manchester United sebenarnya memulainya dengan baik ketika mereka menang dengan skor tipis 2-1 atas Aston Villa. Sayangnya, mereka harus tersingkir dari semifinal Piala Liga yang menyebabkan United sudah kehilangan satu piala. Semoga saja pada tahun ini mereka bisa mendapatkannya karena masih ada tiga ajang yang diikuti.

Sepanjang 2020, banyak kisah menarik yang menyertai kesebelasan asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini. Ada berita yang bagus, ada juga berita buruk. Bahkan ada juga berita duka yang datang.

Berikut adalah kaleidoskop Manchester United sepanjang tahun 2020 bagian kedua. Bagian pertama bisa dibaca pada tautan berikut.

Juli

Target Premier League yang harus beres sebelum Agustus membuat jadwal pertandingan menjadi semakin padat. United bahkan harus bertanding enam pertandingan dalam 22 hari. Beruntung, pada akhirnya mereka bisa menyelesaikan itu semua dengan baik. United tidak terkalahkan hingga akhir musim.

Kemenangan 5-2 atas Bournemouth dan 3-0 atas Aston Villa membuat United menjadi tim pertama di era Premier League yang bisa menang dengan selisih tiga gol atau lebih dalam empat laga berturut-turut. Gol Pogba ke gawang Aston Villa membuat United sukses mencetak 100 gol di semua kompetisi.

Kemenangan 2-0 atas Leicester City memastikan United menyelesaikan Premier League pada posisi ketiga. Posisi ini jauh lebih baik dibanding musim sebelumnya meski sama-sama memiliki 66 poin. Sayangnya, bulan ini juga diwarnai kekalahan United atas Chelsea pada semifinal Piala FA yang membuat Ole sudah kehilangan dua semifinal.

Selain hasil pertandingan, beberapa pemain United membuat catatan penting. Nemanja Matic, yang nyaris dijual, justru menunjukkan kelayakannya bersama skuad utama hingga United memberi kontrak baru sampai 2023. Gol ke gawang Leicester pada pekan terakhir membuat Jesse Lingard memutus rangkaian puasa gol di liga yang berlangsung sejak 22 Desember 2018.

Agustus

Akibat pandemi Covid-19 UEFA memundurkan jadwal fase gugur Liga Champions dan Europa League pada Agustus. Format juga berubah dengan tidak lagi menggunakan sistem home and away. Sayangnya, langkah United kembali mentok di semifinal setelah kalah dari Sevilla dengan skor 2-1.

Pada akhir Agustus, United meresmikan kedatangan Donny Van de Beek dari Ajax Amsterdam. Pemuda Belanda ini direrkrut dengan nilai 35 juta pounds. Sejauh ini, VDB tampak belum memberikan permainan terbaiknya dan lebih banyak bermain dari bangku cadangan. Masuknya VDB diiringi keluarnya beberapa nama seperti Tahith Chong yang dipinjam Werder Bremen dan Alexis Sanchez yang dijual nol rupiah ke Inter Milan.

Kabar kurang menyenangkan datang dari Paul Pogba yang positif Covid-19. Sementara itu, kapten Harry Maguire harus berurusan dengan polisi karena terlibat perkelahian saat berlibur di Mykonos, Yunani.

September

Tidak seperti biasanya, Premier League 2020/21 dimulai pada bulan September. Hal ini membuat sebagian besar tim tidak bisa langsung menunjukkan penampilan terbaik karena minim mendapat lawan uji coba. Begitu juga dengan United.

Dampaknya terasa ketika United bermain buruk dan kalah dari Crystal Palace pada pertandingan pertama dan menang dramatis atas Brighton berkat VAR pada menit akhir. Meski begitu, United masih mendapat dua kemenangan tambahan pada ajang Piala Liga.

Pada jeda internasional, Anthony Martial kembali berseragam timnas Prancis setelah terakhir kali merasakannya pada Maret 2018. Sementara itu, nasib kurang beruntung dialami Mason Greenwood. Ia dan Phil Foden harus dicoret akibat pelanggaran protokol kesehatan di Islandia.

Oktober

Meski dikait-kaitkan dengan Jadon Sancho, Jack Grealish, dan beberapa pemain lainnya, United kesulitan untuk mendatangkan pemain baru. Khususnya Sancho yang terkendala harga. Ole pun akhirnya mendapat empat pemain yaitu Alex Telles, Edinson Cavani, Facundo Pellistri, dan Amad Diallo yang baru datang pada Januari ini. Di sisi lain, Chris Smalling dan Andreas Pereira hijrah ke kota Roma. Smalling memperkuat AS Roma sementara Andreas menjadi pemain pinjaman di Lazio.

Di lapangan, penampilan United masih jauh dari ekspektasi. Mereka kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur yang membuat Ole Gunnar Solskjaer terancam dipecat. Beruntung, hasil ini bisa diobati dengan kemenangan melawan Newcastle United, PSG, RB Leipzig, dan hasil seri atas Chelsea.

Kabar duka datang dari Nobby Stiles yang meninggal dunia pada akhir Oktober. Nobby adalah pemenang Piala Dunia 1966 bersama timnas Inggris.

November

Inkonsistensi kembali menyerang United. Dua kekalahan dialami United atas Arsenal dan Istanbul Basaksehir. Kekalahan ini mengejutkan karena performa dua tim itu sebenarnya tidak lebih baik dari United. Beruntung, setelahnya United kembali back on track dengan mengalahkan Everton, WBA, dan comeback dramatis atas Southampton. Kekalahan atas Basaksehir di Turki bisa mereka bayar pada pertemuan di Old Trafford.

Desember

Awan kelabu menyelimuti United pada akhir 2020. Dua kekalahan atas PSG dan RB Leipzig membuat United tersingkir dari grup Liga Champions dan hanya akan bermain di Liga Europa. Namun setelah kekalahan itu, laju United tidak bisa dihentikan. Mereka tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan dengan 10 diantaranya terjadi di Premier League.

Beberapa catatan penting juga sukses dibuat United. Kemenangan 3-2 atas Sheffield United membuat United sudah memenangkan 10 laga tandang secara beruntun yang memecahkan rekor klub. Kemenangan 6-2 atas Leeds United adalah kali pertama mereka mencetak 5 gol atau lebih dalam satu pertandingan kandang setelah terakhir mereka melakukannya saat menang 8-2 atas Arsenal 2011 lalu. 2020 kemudian ditutup dengan kemenangan dramatis 1-0 atas Wolverhampton Wanderers.

 

 

Comments

Loading...