OUR NETWORK

Mengejar Rekor 600 Kemenangan di Premier League

Manchester United memang resmi tersingkir dari perburuan gelar Piala FA setelah kalah 0-1 atas Chelsea di babak perempatfinal pada Selasa (14/3) dini hari tadi. Namun, lupakan kekalahan karena ada rekor 600 kemenangan yang harus dikejar.

Pekan ini, lagi-lagi laga Premier League yang melibatkan Manchester United mesti ditunda. Sebelumnya, pertandingan melawan Manchester City juga ditunda karena United yang berlaga di EFL Cup atau Piala Liga. Pekan ini, United mestinya bermain melawan Southampton pada Minggu 12 Maret 2017. Akan tetapi, karena keesokan harinya mesti melawan Chelsea, maka laga di Premier League pun harus ditunda.

Jose Mourinho agaknya punya beban yang begitu berat. Ia diharapkan bisa membawa treble winner dengan menjadi juara di EFL Cup, FA Cup, dan Europa League. Di liga pun United mesti finis di empat besar agar bisa lolos ke Liga Champions musim depan. Akan tetapi, United masih tertahan di peringkat keenam dan mesti berjuang lebih keras.

Di sisi lain, Mourinho optimis kalau mereka bisa mengakhiri musim sebagai runner up, meski juga harus menjalani laga berat di Europa League.

Baca juga: Agenda Menjatuhkan Manchester United

“Ya, finish kedua lebih baik dari pada finish ketiga dan finish ketiga lebih baik dari pada keempat dan keempat jelas lebih baik dari pada tidak berada di empat besar dan tidak masuk ke Liga Champions. Posisi kedua sangat sulit tapi sangat mungkin. Pertama adalah mustahil. Kedua adalah mungkin dan kami harus berjuang untuk itu, tapi (beban) Liga Europa sangat sulit,” ucap Mourinho dilansir oleh Independent.

Meski begitu, kemenangan dalam laga berikutnya di liga jadi target lumrah, jika ingin tetap menjaga peluang setelah musim ini gagal berangkat ke Liga Champions. Alasan lainnya yang akan membuat Zlatan Ibrahimovic dkk., bertarung habis-habisan dalam laga selanjutnya di Premier League tentu saja keinginan untuk segera menuntaskan rekor kemenangan di liga.

United saat ini  memang sudah punya 599 kemenangan di Premier League sejak yang pertama pada Agustus 1992 silam. Menariknya lagi, kemenangan pertama itu juga terjadi saat melawan Southampton, yang berakhir dengan skor 1-0.

Sedang kemenangan terakhir adalah ketika menaklukkan Watford dengan skor 2-0 di Old Trafford pada 11 Februari 2017. Seperti dilansir The Sun, dalam laga tersebut The Red Devils juga sukses mencetak rekor lain, yakni kesebelasan pertama dalam sejarah Premier League yang berhasil meraih 2000 poin.

“2000 – @ManUtd adalah tim pertama yang memenangkan 2000 poin di @premierleague. Peristiwa penting,” tulis perusahaan penyedia data statistik sepakbola, Opta Sports melalui akun Twitter @OptaJoe usai laga.

Catatan United saat itu adalah 949 pertandingan dengan hasil 2000 poin dari 599 kemenangan; rasio kemenangan 63%, dan 203 hasil imbang, sedang sisanya 147 kekalahan. Dengan catatan itu, Setan Merah berhasil membukukan rata-rata 2,11 poin per pertandingan.

Sejauh ini, tidak satu pun klub di liga domestik Inggris yang mampu meraih rata-rata lebih dari 2 poin setiap laga, kecuali United. Rival terdekat mereka pun hanya Arsenal dengan 1797 poin dan Chelsea 1755 poin. Namun hingga pekan ini, The Gunners sudah punya 1803 poin dan The Blues 1762 poin, sedang The Red Devils 2001 poin.

Jika United bisa meraih tripoin di kandang Middlesbrough pada laga berikutnya di liga 19 Maret 2017 nanti, maka mereka pun juga akan jadi klub pertama dalam sejarah Premier League yang berhasil mencatat rekor 600 kemenangan.

Sebenarnya, skuat Mourinho bisa membukukan rekor itu saat menjamu Bournemouth di Old Trafford pekan lalu, 4 Maret 2017. Sayang, setelah unggul melalui gol Marcos Rojo menit ke-23, Setan Merah akhirnya harus puas bermain imbang 1-1 di akhir laga, usai gawang David De Gea bobol berkat tendangan 12 pas dari pemain lawan, lima menit sebelum turun minum.

Fakta menarik lain dari catatan kemenangan United di liga sejauh ini adalah skor 9-0 atas Ipswich Town di Old Trafford pada Maret 1995, yang menjadi kemenangan terbesar mereka dalam periode tersebut. Selain itu, salah satu dari enam tim yang selalu bermain di Premier League sejak musim 1992/1993 tersebut juga mampu mencatat sembilan kemenangan dengan keunggulan enam gol atau lebih, salah satunya saat mencukur klub raksasa Arsenal dengan skor 8-2 pada 2011 silam. Tak hanya itu, mereka juga pernah menghancurkan Newcastle United dengan skor 6-0 di Januari 2008.

Peluang United sendiri untuk meraih kemenangan dalam laga selanjutnyanya di liga cukup besar, mengingat Middlesbrough hanyalah tim papan bawah, yang bahkan tengah kesulitan untuk keluar dari zona degradasi; meski dalam dua laga terakhir di semua kompetisi The Red Devils pun hanya mampu bermain imbang.

Namun, Mourinho juga punya banyak beban berat menghadapi dalam laga beberapa pekan ke depan. Sebelum melawat ke markas klub berjuluk The Boro tersebut, timnya juga harus menjamu klub Rusia FC Rostov di Liga Europa, setelah di leg pertama hanya main imbang 1-1. Namun, tentu saja meraih rekor 600 kemenangan tidak akan sulit buat United. Setuju?

Comments