OUR NETWORK

Ander Herrera: Soal Kontrak, Saya Tidak Akan Memaksa United

Bursa transfer musim dingin hanya tersisa empat hari saja, walau begitu tidak ada tanda-tanda dari Manchester United untuk merekrut pemain baru. Hingga tulisan ini dibuat, aktivitas transfer Setan Merah hanya dihiasi rumor-rumor saja seperti pembelian Nicolo Barella dari Cagliari, Nikola Milenkovic (Fiorentina), hingga penggawa Napoli, Kalidou Koulibaly.

Lesunya pergerakan United tidak hanya terjadi di lantai bursa. Hal serupa juga terjadi dalam urusan kontrak para pemainnya. Belum ada tanda-tanda dari manajemen klub untuk memperpanjang masa bakti para pemain utama mereka yang kontraknya akan habis akhir musim ini. Salah satu pemain yang kontraknya berakhir Juni nanti adalah Ander Herrera.

Baca juga: Scott Mctominay dan Polemik Perpanjangan Kontrak Pemain United

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda kejelasan apakah United akan memperpanjang kontrak pemain berusia 29 tahun tersebut. Seandainya tidak ada kontrak baru, maka tanggal 30 Juni 2019 akan menjadi hari terakhir Herrera sebagai pemain Manchester United. Ia bahkan sudah bisa bernegosiasi pada saat ini mengingat ia sudah memasuki enam bulan terakhir dari kontraknya di Manchester.

Athletic Bilbao dan AC Milan pernah digosipkan tertarik dengan Herrera. Bagi Bilbao, kedatangan Herrera tentu membuat klub terus mempertahankan tradisi mereka yang hanya merekrut pemain-pemain yang berasal dari Basque. Sedangkan AC Milan butuh seorang pemain yang pandai menguasai seluruh area lini tengah. Minat kedua kesebelasan tentu sangat tinggi dikarenakan mereka berpeluang mendapatkan Herrera secara free transfer.

Kehilangan gelandang asal Spanyol ini secara gratis tentu akan sangat merugikan bagi Setan Merah. Musim ini bisa dikatakan sebagai salah satu musim terbaik Herrera setelah musim 2016/2017. Ia menjadi tulang punggung dari strategi 4-3-3 milik Ole Gunnar Solskjaer. Bertandem dengan Nemanja Matic, keduanya mampu menstabilkan lini tengah United yang di era Jose Mourinho begitu berantakan.

Herrera juga menjadi salah satu pemain yang memiliki banyak penggemar. Sikapnya yang ramah namun tegas di lapangan mengingatkan para penggemar United terhadap sosok Roy Keane. Loyalitasnya kepada klub juga tidak perlu diragukan lagi. Herrera bahkan pernah mengatakan dirinya cinta dengan United meski ia bukan berasal dari Inggris ataupun lahir di kota Manchester. Atas segala dedikasinya tersebut, banyak yang menginginkan Herrera masuk ke dalam jajaran kapten United.

Terkait soal kontraknya, Herrera memilih untuk bungkam dan mengungkapkan kalau fokusnya saat ini adalah membawa United meraih gelar dan masuk posisi empat besar di Premier League. Ia bahkan menyerahkan semuanya kepada pihak klub. Bagi Herrera, jika ia dipertahankan maka itu tandanya dia layak bermain lebih lama lagi begitu juga dengan sebaliknya.

“Saya tidak akan berbicara soal kontrak saya. Kami masih punya hal yang lebih penting daripada sekadar kontrak. Saya hanya mencoba untuk menampilkan yang terbaik saja untuk klub. Prioritas saya adalah mengalahkan Burnley dan Leicester,” katanya selepas pertandingan Piala FA melawan Arsenal.

Ia menambahkan, “Jika saya pantas mendapatkan kontrak baru, maka kontrak itu akan datang. Saya bukan orang yang egois yang memaksa pihak klub. Saya hanya ingin terus memenangkan pertandingan. Saya tidak tergila-gila dengan kontrak saya.”

Mantan pemain Real Zaragoza ini sedang menikmati permainannya yang sedang berada dalam performa positif bersama Ole Gunnar Solskjaer. Sang pelatih bahkan memujinya sebagai gelandang yang berbeda dibandingkan gelandang-gelandang United sebelumnya. Bersama Ole, Herrera dipercaya tampil sebagai starter dalam tujuh dari delapan pertandingan yang sudah dijalani.

Sejauh ini, nasib Herrera belum seberuntung dua rekannya yaitu David De Gea dan Anthony Martial. Meski kedua pemain tersebut juga belum diberikan kontrak baru, namun United sudah mengaktifkan perpanjangan otomatis sehingga keduanya masih berada di dalam skuad hingga musim depan. Bahkan nasib Herrera tidak sebaik rekannya, Juan Mata. Pemain yang kontraknya juga akan habis pada 2019 ini siap diberikan kontrak baru meski jarang bermain dalam beberapa pertandingan terakhir.

Selain Herrera dan Mata, ada lima pemain lain yang kontraknya juga akan berakhir pada Juni 2019 nanti. Mereka adalah Phil Jones, Ashley Young, Antonio Valencia, Matteo Darmian, dan Andreas Pereira. Dibandingkan nama-nama tersebut, kehilangan Ander Herrera tentu akan sangat merugikan.

Comments