in

5 Keputusan Krusial yang Harus Diambil Jose Mourinho untuk Musim Depan

Musim 2017/2018 sudah di depan mata. Skuat asuhan Jose Mourinho pun mulai mempersiapkan diri menghadapi musim depan. Enam minggu setelah final Europa league, para pemain Manchester United kembali berlatih.
Skuat Setan Merah akan menghabiskan waktu di UCLA, California, untuk menjalani tur pra musim mengahadapi LA Galaxy, Real Salt Lake, Manchester City, Real Madrid, Barcelona, Valengeria, dan Sampdoria.

Selama pra musim, Jose Mourinho dihadapkan dengan tujuh pertandingan melawan kesebelasan-kesebelasan besar. Ini menjadi kesempatan bagi Jose Mourinho untuk menentukan skuat terbaiknya sebelum menjalani UEFA Super Cup melawan Real Madrid di Macedonia pada 8 Agustus mendatang dan Liga Inggris lima hari setelahnya dengan laga pembuka melawan West Ham United  di Old Trafford.

Tentunya Jose Mourinho berharap untuk musim depan bukan Romeru Lukaku dan Victor Lindelof saja yang menjadi pemain baru. Jose Mourinho masih menaruh harapan besar terhadap nama-nama yang selama ini dikaitkan dengan Manchester United misalnya saja Ivan Perisic. Selain urusan pemain baru, setidaknya Jose Mourinho juga dihadapkan pada lima keputusan penting untuk memantapkan skuatnya. Apa sajakah itu? Berikut rangkumannya.

Siapa yang akan menjadi kapten?

Beberapa hari lalu, kapten sekaligus legenda Manchester United, Wayne Rooney, resmi meninggalkan Old Trafford untuk kembali bergabung bersama tim yang telah membesarkan namanya, Everton. Hal ini memaksa Jose Mourinho untuk mencari sosok kapten baru untuk skuat Manchester United.

Nama Paul Pogba, Ander Herrera, Antonio Valencia, dan David De Gea, dikabarkan menjadi kandidat terkuat untuk menjadi kapten tim menggantikan Wayne Rooney. Tentu, wewenang penuh ada pada diri Jose Mourinho untuk menunjuk kapten baru di Old Trafford.

Michael Carrick sebenarnya menjadi sosok paling ideal untuk menjadi kapten tim, namun di umurnya yang sudah menginjak 36 tahun banyak pihak berpendapat bahwa kemungkinan musim depan Michael Carrick akan mendapat kesempatan bermain lebih sedikit.

Siapa yang mengisi posisi bek kiri?

Posisi bek kiri menjadi masalah utama bagi Jose Mourinho musim lalu. Jose pernah mempercayakan posisi ini kepada Luke Shaw, namun tampaknya Luke Shaw tidak dapat mengemban tugas secara baik di posisi ini.

Daley Blind, Marcos Rojo, bahkan Ashley Young, pernah dicoba untuk mengisi posisi bek kiri sebelum Mourinho memutuskan untuk memilih Matteo Darmian sebagai bek kiri.

Luke Shaw akan mengikuti tur pra musim ke Amerika Serikat meskipun kondisinya masih belum fit sedangkan Rojo diperkirakan akan absen hingga Desember akibat cedera lutut yang dideritanya akhir musim lalu. Ini berarti hanya ada nama Blind, Darmian, dan Demetri Mitchell yang dapat dicoba untuk posisi ini.

Akankah Victor Lindelof bermain di laga pembuka?

Sektor pertahanan memang bukan masalah utama musim lalu. Namun ada masalah lain, ketika Jose Mourinho memutuskan untuk membeli Victor Lindelof seharga 30 juta paun dari Benfica. Pertanyaan baru muncul. Akankah Victor Lindelof akan dijadikan bek utama Manchester United musim depan?

Eric Bailly dipekirakan akan tetap menjadi pilihan utama Jose Mourinho setelah permainan impresifnya musim lalu. Rojo masih cedera, sedangkan di sisi lain masih ada pilihan antara Blind, Phil Jones dan Chris Smalling.

Smalling dan Blind tampil mengesankan saat melakoni laga final Europa League, terbukti Ajax kesulitan melesatkan tendangan on target pada laga yang berakhir 2-0. Sementara itu, Jones tampil bagus saat dirinya dalam kondisi fit, itu yang ditunjukkannya pada bulan November dan Desember lalu. Itulah salah satu alasan menagapa kedatangan Victor Lindelof ditunda hingga musim panas ini.

Akankah Andreas Pereira masuk dalam tim utama?

Mourinho telah melihat permainan Andreas Pereira musim lalu dan memutuskan untuk meminjamkannya ke Granada. Meskipun Granada terdegradasi dari La Liga namun penampilan Pereira terbilang cukup baik.

Penampilannya telah membuatnya mendapat tempat dalam skuat yang dibawa Jose Mourinho ke Amerika Serikat. Kini gelandang kelahiran Brasil tersebut punya waktu setidaknya tiga minggu untuk menunjukan pada Mourinho bahwa dirinya layak untuk dipertahankan di Old Trafford. Jika tidak, maka pemain berusia 21 tahun tersebut kemungkinan akan dipinjamkan lagi ke klub lain atau akan dijual.

Siapa kiper yang akan bermain di Champions League?

Musim lalu Jose Mourinho memutuskan untuk memainkan Sergio Romero di Europa League dan David De Gea di Premier League. Di Europa League Romero bermain cukup bagus, bahkan hampir tidak pernah melakukan kesalahan.

Romero membuat sejumlah penyelamatan gemilang, diantaranya saat dia menjalani laga leg kedua semifinal europa league melawan Celta Vigo di Old Trafford untuk memastikan United bermain di laga final melawan Ajax. Pada akhir musim lalu Mourinho beranggapan bahwa sedikit sekali perbedaan antara David De Gea dan Sergio Romero.

Mengingat kontribusinya musim lalu, sepertinya Sergio Romero akan tetap dipertahankan untuk menjadi kiper utama di kompetisi Eropa musim depan.

Sumber : ESPNFC

Facebook Comments