OUR NETWORK

Kontrak Baru untuk Bruno Fernandes, Perlukah?

Bruno Fernandes saat ini berada di ambang penandatanganan kontrak baru berdurasi lima tahun dengan Manchester United. Namun dikabarkan poses kesepakatannya bisa sedikit lama karena terdapat beberapa persyaratan yang akan dibuat oleh pihak klub.

Hanya beberapa bulan setelah ia bergabung dari Sporting pada Januari 2020, Fernandes memang terbukti menjadi sosok transformatif di bawah Ole Gunnar Solskjaer. Oleh sebab itu wajar mengapa pihak klub akan memulai proses penyusunan kesepakatan dengan lebih matang dan mencerminkan pengaruhnya di Old Trafford.

Pembicaraan antara perwakilan Fernandes dan United sebelumnya sempat ditunda pada awal tahun ini, dan akan dilanjutkan lagi dengan beberapa syarat dalam negosiasi. Pemain internasional Portugal itu dikabarkan akan mendapat dua kali lipat dari gaji mingguannya saat ini. Kurang lebih ia akan mengantongi 240.000 paun per minggu.

Kesepakatan awal yang ditandatangani Fernandes pada kontraknya di United adalah lima setengah tahun dengan opsi tambahan 12 bulan. Jadi demi bisa memberi penghargaan finansial kepada si pemain, Setan Merah memutuskan untuk mengubah bentuk kesepakatan dan memperpanjang durasi kontraknya.

Berita tentang kesepakatan kontrak Bruno Fernandes ini sendiri muncul dari media Portugal. Di mana berita tersebut melukiskan betapa United terbukti memiliki kepercayaan kepada Fernandes. Meskipun masih ada ketidakpastian mengenai manajer permanen berikutnya, yang mungkin saja akan berpengaruh pada permainan Fernandes.

Di antara perpanjangan kontrak dan skala prioritas

Tidak bisa dipungkiri kalau pemain berusia 27 tahun itu memang adalah pemain yang paling menonjol selama 18 bulan pertamanya di Old Trafford. Namun belakangan ini penampilannya dinilai telah menurun secara signifikan, dan ia sedikit kurang dianggap berpengaruh di musim ini.

Maka muncul pandangan lain bahwa keputusan Manchester United untuk mengikat Bruno Fernandes dengan kontrak baru (beserta syarat khusus) bukanlah sebuah prioritas. Apalagi sang pemain saat ini masih memiliki tiga tahun sisa kontrak dan opsi perpanjangan 12 bulan lagi.

Selain itu juga ada beberapa pemain lain seperti Paul Pogba, Edinson Cavani, Juan Mata atau Jesse Lingard yang kontraknya di ujung tanduk. Maka jika ingin berbicara soal kontrak baru, bukankah United semestinya melihat dan mempertimbangkan para pemain itu terlebih dahulu?

Semua pasti sepakat jika pengaruh Fernandes di tim utama Setan Merah harus dihargai dengan tambahan finansial, dan cara ini pun bisa dipakai untuk semakin memperkuat posisinya di tim. Namun sekali lagi, yang dilakukan United ini tidak begitu mendesak.

Ditambah lagi identitas manajer permanen berikutnya masih belum diketahui secara pasti, dan memang pihak klub belum meresmikannya. Itu berarti, masih belum jelas juga apakah sang manajer baru masih melihat Fernandes sebagai pemain penting atau tidak. Dan jika kontrak baru telah disodorkan kepadanya tapi permainannya malah menurun, maka United akan mengalami kerugian.

Seberapa besar pengaruh Fernandes di musim ini?

Erik Ten Hag belakangan ini menjadi kandidat manajer baru Manchester United yang paling sering disebut. Tipikal permaian manajer asal Belanda itu sangat membutuhkan kerja sama tim. Itu berarti, jika United benar-benar akan dilatih oleh Ten Hag, mereka harus lebih memprioritaskan kondisi skuatnya. Bukan hanya fokus pada Bruno Fernandes.

Manchester United mengalami gejolak yang sangat dahsyat di musim ini. Mereka kehilangan kesempatan meraih trofi akibat mengalami penurunan di keseluruhan lini timnya, termasuk Bruno Fernandes. Namun, bisa dibilang, Fernandes masih terus tampil dengan kontribusinya. Ia telah 15 kali melibatkan diri pada gol United di Premier League.

Sumber: Sky Sports
Sumber: Sky Sports

Catatan gol dan asis Fernandes juga dinilai tidak terlalu buruk di musim ini. Meskipun faktanya ia memang mengalami penurunan jika dibandingkan dengan musim lalu. Hanya Cristiano Ronaldo saja yang mencetak lebih banyak gol dan Paul Pogba saja yang mengukir lebih banyak asis daripadanya di musim ini.

Selain soal gol dan asis, pemain berusia 27 tahun itu telah membuat lebih banyak sentuhan dan operan di sepertiga akhir lapangan daripada pemain United lainnya. Dengan begitu, apakah sebetulnya penurunan tim telah memengaruhi Fernandes, atau penurunannya lah yang memengaruhi tim?

Jadi kalau menurut kalian, saat ini perlukah Manchester United memperpanjang kontrak Bruno Fernandes?

Comments

Loading...