OUR NETWORK

Untuk Menjaga David De Gea, Manchester United Harus Juara

Prestasi sebuah klub akan sebanding lurus dengan kenyamanan pemain untuk menetap di dalamnya. Mungkin itulah anggapan Ander Herrera yang ditujukan kepada Manchester United untuk mengamankan kiper andalannya, David De Gea, dari rayuan kesebelasan lain.

David De Gea sendiri kerap dihubung-hubungkan dengan raksasa Spanyol, Real Madrid. Seperti halnya pada jendela transfer musim panas lalu, berita tentang kepindahan David De Gea ke Real Madrid gencar diberitakan di beberapa media cetak maupun elektronik. Namun akhirnya David De Gea menyetujui kontrak baru bersama Manchester United dengan durasi hingga 2019.

Menurut Ander Herrera, Manchester United harus memenangi trofi Premier League musim ini agar dapat mempertahankan kiper asal Spanyol tersebut di Old Trafford. Ander Herrera sendiri melihat David De Gea bahagia berada di Old Trafford dan yakin bahwa De Gea akan menetap lama di Mancheser United.

Dilansir dari ESPN Herrera mengatakan, “Saya melihat dia bertahan disini untuk beberapa tahun lagi, tapi kita perlu memenangkan trofi untuk menjaganya bertahan bersama kami. Itu yang kami lakukan musim lalu. David sangat bahagia saat ini karena kami berjuang untuk segalanya, kami memenangkan tiga trofi musim lalu dan FA Cup setahun sebelumnya dan itu apa yang dia mau.”

Hampir setiap pembukaan jendela transfer Real Madrid mencoba mengganggu Manchester United untuk mendapatkan kiper berusia 26 tahun tersebut. Bahkan dua tahun lalu transfer tersebut hampir terwujud namun Real Madrid harus menelan kecewa karena pada menit-menit akhir penutupan jendela transfer proses kepindahan David De Gea akhirnya gagal.

“Real Madrid selalu membicarakan ini setiap jendela transfer musim panas karena dia kiper terbaik di dunia. Tapi kami pikir kami tidak jauh berbeda dengan Real Madrid, kami memenangi tiga trofi musim lalu, satu-satunya tim Inggris yang dapat melakukan ini. Kami sangat nyaman memiliki dia di sini dan mencoba menjaganya di klub selama mungkin. Jika dia belum menjdai legenda, dia tidak jauh untuk menjadi salah satu legenda klub,” kata Herrera.

Di musim ini David De Gea sudah mencatatkan lima kali cleansheet di semua ajang bersama Manchester United. Terakhir kali De Gea mencatatkan cleansheet yaitu saat Manchester United melumat Everton 4-0 di Old Trafford.

Herrera menambahkan, “Bagi saya, dia adalah nomor satu. Saya menaruh rasa hormat terhadap semua kiper seperti Manuel Neuer, Gianluigi Buffon, dan Marc-Andre Ter Stegen, tapi David sekarang adalah nomor satu di dunia. Dia sangat tenang dan itu menjadi hal yang sangat mengejutkan saya mengenai dia. Dia memiliki kualitas. Ini berasal dari tuhan. Dia membuat perbedaan. Ini membuat beda saat anda memiliki kiper yang membuat anda memenangi poin. Dia adalah salah satu dari beberapa kiper yang dapat memberimu poin.”

Clean sheet De Gea saat mengahadapi Everton tercatat sebagai cleansheetnya yang ke-100 dari 276 penampilannya sepanjang karir. Pemain Stoke City, Maxim Choupo-Moting menjadi satu-satunya pemain di premier league yang dapat membobol gawang De Gea musim ini.

“Saya pikir posisi dia sekarang berada di mana dia dapat mengintimidasi penyerang. Dia telah berada di klub selama enam tahun dan pada enam bulan pertama dia mengatakan kepada saya bahwa ini sulit baginya tapi setelah itu dia menjadi yang terbaik.”

“Setiap musim dia telah menjadi yang terbaik dan anda tahu betapa sulitnya bagi penjaga gawang di premier league karena terkadang wasit tidak memberimu beberapa pelanggaran. Dia membuat beberapa penyelamatan yang luar biasa. Saat dalam latihan kami menertawakannya karena kami mencoba mencetak gol dan itu sesuatu yang tidak mungkin,” ujar Herrrera.

Selama enam tahun berseragam Manchester United performa David De Gea memang terus menunjukkan peningkatan. Meski sempat menunjukkan performa yang meragukan di awal kehadirannya di Old Trafford namun saat ini De Gea menjelma menjadi kiper utama di skuat Manchester United dan menjadi salah satu kiper yang disegani di dunia.

Capaian cleansheet-nya dari musim ke musim pun terus menunjukkan konsistensi bahwa di beberapa musim mengalami peningkatan. Tentunya keberadaan David De Gea dalam skuat Manchester United merupakan salah satu aset paling berharga yang dimiliki tim Setan Merah dan David De Gea memang layak untuk dipertahankan.

Comments

Loading...