Betapa malangnya nasib Luke Shaw. Di saat ia sedang berusaha untuk kembali fit dari cidera, muncul isu yang menyebutkan bahwa United akan mencoba untuk merekrut salah satu bek sayap di antara Serge Aurier dari PSG dan Danny Rose dari Tottenham Hotspur. Bahkan jika sudah sembuh pun ia belum pasti akan masuk dalam skema Jose Mourinho.

Dalam sebuah program di Sky Sports, remaja termahal Inggris tersebut mengeluarkan curhatannya dalam acara Nissan Super Sunday. Dalam program tersebut, eks bek kiri Southampton ini bertekad untuk kembali jauh lebih baik di musim 2017/2018.

“Ini (2017/2018) adalah musim yang saya harapkan menjadi musim terbesar bagi saya mengingat beberapa musim terakhir penampilan saya kerap naik turun. Tentu saja saya pernah mengalami patah kaki tapi cedera yang saya dapatkan di akhir musim lalu terasa tidak wajar. Semoga itu semua bisa saya taruh sebagai masa lalu saya dan semoga musim ini menjadi musim terbaik saya dan membuktikan kepada orang bahwa saya masih mampu.”

Ia menambahkan, “Saya juga ingin membuktikannya kepada diri saya karena saya tidak mungkin datang ke United tanpa berpikir kalau saya bisa bermain disini. Manajer juga percaya kepada saya dan itu memberi saya kepercayaan diri untuk memulainya lagi dari awal.”

Sejak direkrut dari Southampton pada 2014, Shaw memang kesulitan untuk menembus skuad utama. Sempat bermasalah dengan berat badan di awal kedatangannya, bek kiri berusia 22 tahun ini mengalami patah kaki pada September 2015 di saat dia sebenarnya sudah mengukuhkan tempatnya di pos bek kiri Setan Merah.

Sementara di musim lalu ia kesulitan kembali ke performa terbaiknya dan beberapa kali mendapat kritik dari Mourinho. Total selama tiga musim bermain di kota Manchester, ia hanya mengumpulkan 47 penampilan di mana 32 d iantaranya terjadi di Premier League. Musim lalu saja ia hanya turun 19 kali di kompetisi liga.

“Jauh dalam lubuk hati saya, saya harus melihat apa yang sudah saya lakukan di awal musim lalu. Mungkin dalam suatu waktu saya merasa berlatih keras saja sudah cukup namun ternyata manajer percaya bahwa saya sebenarnya bisa berbuat lebih,” ujarnya.

Meski ia sudah memberikan dua gelar bagi United, namun pemain belakang kelahiran Kingston Upon Thames tersebut merasa belum terlalu berkontribusi banyak dalam membawa United meraih gelar. Untuk itu di musim depan ia menginginkan untuk bisa berkontribusi lebih banyak lagi bersama United mengingat mereka akan kembali ke Liga Champions.

“Saya sekarang sudah siap. Saya menyadari pentingnya memberikan sesuatu kepada manajer dan klub. Berjuang untuk menjadi yang terbaik dan meraih piala. Dia memang mengatakannya di depan pers (perihal memberikan sesuatu yang disuka) tapi dia juga mengatakannya kepada tim dan semua orang. Kami siap meraih gelar utama seperti Premier League. Kami juga senang bisa kembali ke Liga Champions. Mudah-mudahan kami bisa melakukannya dengan baik.”

“Sekarang keadaannya sangat baik. Saya masih berlatih secara terpisah. Sekarang tinggal masalah waktu sebelum saya kembali ke sana dan bergabung bersama tim.”