OUR NETWORK

Tinjauan Pekan Kesembilan Premier League 2017/2018

Pekan kesembilan makin mengukuhkan Manchester City sebagai penguasa sementara Premier League. Kemenangan 3-0 atas Burnley membuat Si Biru menjauh dari kejaran United dengan jarak lima poin. Pekan lalu juga membuat satu manajer kembali menjadi korban kerasnya Premier League. Berikut rankuman Premier league 2017/2018 pekan kesembilan.

Tumbangnya United dari Klub Promosi

Setelah tampil tanpa cela sejak takluk dari Real Madrid di Piala Super Eropa, United justru tersandung ketika bertandang ke markas klub promosi Huddersfield Town. Bermain di John Smith Stadium, Iblis Merah takluk 1-2 melalui gol Aaron Mooy dan Laurent Depoitre. Satu gol United dicetak oleh sundulan Marcus Rashford.

Lini belakang United menjadi sorotan pada laga ini. Dua gol yang bersarang ke gawang David De Gea berawal dari kesalahan Juan Mata dan Victor Lindelof. Kekalahan ini membuat jarak United dengan City menjadi lima poin. Sedangkan bagi Huddersfield, ini adalah tripoin pertama mereka sejak Agustus 2017.

Tripoin Perdana Leicester City

Caretaker Leicester, Michael Appleton, meraih kemenangan dalam partai debutnya sebagai pengganti Craig Shakespeare. Si Rubah menang 2-1 ketika dijamu Swansea City di Liberty Stadium. Ini adalah tripoin pertama Leicester sejak terakhir kali meraih kemenangan pada pekan kedua melawan Brighton. Untuk sementara posisi mereka terangkat ke urutan ke-14.

Meski demikian, Appleton tidak akan memimpin juara Liga 2015/2016 sepanjang musim ini. Manajemen Leicester dikabarkan akan mencari pengganti Shakespeare dalam waktu dekat. Nama-nama seperti Ryan Giggs, Alan Pardew dan Tomas Tuchel disebut-sebut sedang dirayu untuk menangani Leicester di sisa musim ini.

Pesta London

Pekan ini suasana pesta terasa di kota London. Tiga klub mereka mengakhiri pekan kesembilan dengan kemenangan. Chelsea menjadi tim London pertama yang meraih kemenangan. Si Biru dengan susah payah mengalahkan Watford 4-2 meski sempat tertinggal 2-1 di babak kedua. Mitchy Batshuayi menjadi bintang berkat dua golnya di laga ini.

Pesta kemudian dilanjutkan oleh Arsenal yang menang telak 5-2 di markas Everton, Goodison Park. Gol-gol dari Nacho Monreal, Mesut Ozil, Alexander Lacazette, Aaron Ramsey, dan Alexis Sanchez membawa Arsenal kembali ke jalur kemenangan yang sempat terputus oleh Watford pekan sebelumnya.

Tottenham Hotspur kemudian menutup rangkaian kemenangan tim London dengan kemenangan 4-1 atas Liverpool di Wembley Stadium. Harry Kane menjadi bintang berkat dua gol dan satu asisnya di laga ini. Kemenangan ini membuat The Lylywhites menyamai poin Manchester United dengan sama-sama mengoleksi 20 poin. Keduanya akan bertarung pada pekan ke 10 nanti.

Bye Bye Ronald Koeman

Hanya 16 bulan saja waktu yang diberikan Everton untuk Ronald Koeman. Sehari setelah takluk dari Arsenal, ia dipecat oleh manajemen Everton. Serangkaian hasil buruk yang didapat The Toffees musim ini jelas tidak sesuai dengan aktivitas belanja mereka yang menghabiskan ratusan juta pounds.

Merekrut nama-nama bertalenta macam Jordan Pickford, Michael Keane, Gylfi Sigurdsson hingga memulangkan kembali Wayne Rooney, rival Liverpool ini justru terjebak di posisi ke 18. Untuk sementara posisinya akan digantikan David Unsworth yang sebelumnya menangani Everton Reserves.

Siapa Setelah Koeman?

Hingga Oktober 2017, tercatat sudah tiga manajer yang harus dipecat sebelum akhir musim. Bandingkan dengan musim sebelumnya (2016/2017) yang pada periode yang sama baru memecat satu manajer saja. Hal ini mengindikasikan bahwa bukan tidak mungkin dalam waktu dekat akan ada manajer berikutnya yang akan ditendang dari Premier League.

Beberapa nama sudah mencuat ke permukaan. Diantaranya ada Slaven Bilic (West Ham United), Eddie Howie (Bournemouth), Mark Hughes (Stoke City), hingga Paul Clement (Swansea). Keempatnya saat ini masih kesulitan untuk meningkatkan performa kesebelasannya. Nama pertama berpotensi paling besar untuk dipecat mengingat The Hammers baru satu kali menang dalam empat laga terakhir.

Comments