OUR NETWORK

Bruno Fernandes dan Jajaran Pembelian Termahal Bursa Transfer Januari di Premier League

Dalam satu dekade terakhir, Premier League telah mengoleksi pemain-pemain termahal selama bursa transfer Januari. Klub-klub seperti Manchester United, Liverpool, Arsenal, Manchester City dan Chelsea, semuanya adalah klub yang sejauh ini menghabiskan banyak waktu di bursa transfer Januari. United menjadi yang paling hangat di antara klub-klub tersebut setelah mereka berhasil mendatangkan gelandang Sporting Lisbon, Bruno Fernandes.

Bintang asal Portugal itu, menurut Mirror, dikabarkan dibeli dengan harga awal 46,6 juta paun. Harga yang juga termasuk paling mahal keenam di antara harga para pemain yang direkrut pada bursa transfer Januari. Namun ada kemungkinan harga Fernandes akan naik karena terdapat kesepakatan biaya tambahan antara United dengan Lisbon.

Maka rasanya menarik untuk melihat pemain mana saja yang menempati urutan pembelian termahal pada bursa transfer Januari. Termasuk menarik untuk melihat, sebeberapa berhasil dan mengesankannya mereka sejauh ini. Berikut adalah daftar enam pembelian termahal burssa transfer Januari di Premier League.

1. Virgil Van Dijk (Southampton ke Liverpool, 2018, 75 juta paun)

Foto: Liverpool FC

Vrigil van Dijk merupakan pemegang rekor dunia untuk kategori bek termahal sebelum akhirnya gelar itu disematkan kepada Harry Maguire. Tapi meski begitu, ia masih menjadi pembelian termahal pada bursa tranfser Januari di Premier League. Ia juga telah menjadi populer sejak debutnya kala melawan Everton di Piala FA musim lalu, dan sejak itu ia terus menjadi bagian inti dari pertahanan The Reds.

Prestasi Van Dijk lumayan mengesankan setelah dua kali bermain di final Liga Champions, dan menjadi kontributor utama untuk raihan trofi piala bergengsi tersebut musim lalu. Musim ini, ia juga sedang berjuang untuk membantu Liverpool meraih gelar Premier League yang tampaknya sudah tak terelakkan lagi. Sejauh yang tercatat, ia pernah berhasil mendapat penghargaan PFA, pemain terbaik UEFA, dan runner-up Ballon d’Or.

2. Christian Pulisic (Borussia Dortmund ke Chelsea, 2019, 57,7 juta paun)

Foto: Chelsea FC

Christian Pulisic adalah pemain asal Amerika Serikat termahal di Premier League. Namun, saat pembeliannya ini ia langsung dipinjamkan kembali ke Dortmund. Pulisic baru tiba di Stamford Birdge pada musim panas lalu. Ia diproyeksikan untuk memberikan warna baru pada Chelsea yang harus berjibaku di bawah larangan transfer.

Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun itu telah menunjukan potensinya yang sangat besar dengan mencetak lima gol dalam tiga pertandingan di bulan Oktober dan November. Termasuk hattrick-nya saat melawan Burnley. Namun sayangnya, ia sedikit mengalami cedera sejak saat itu.

3. Aymeric Laporte (Athletic Bilbao ke Manchester City, 2018, 57 juta paun)

Foto: Manchester City

Tiba di tahun dan bulan yang sama dengan Van Dijk, Aymeric Laporte menjadi bek terhamal kedua pada bursa transfer Januari waktu itu. Ia langsung diperankan sebagai bek inti City. Ia juga turut berkontribusi membantu The Citizen mempertahankan gelar Premier League dan meraih treble kompetisi domestik di akhir musim lalu.

Namun sayangnya, Laporte mengalami cedera yang lumayan panjang di musim ini. Pengaruh ketidakhadirannya ini sangat signifikan, dan mungkin bisa dikatakan sangat nyata terasa menyakitkan bagi sebagian suporter City. Bagaimana tidak, pasukan Pep Guardiola itu terlihat rapuh dalam bertahan. Bahkan yang parahnya mereka sampai terpaut 19 poin di belakang Liverpool.

4. Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund ke Arsenal, 2018, 56 juta paun)

Foto: The Independent

Aubameyang tercatat sebagai pembelian termahal Arsenal. Ia juga memiliki catatan yang apik dengan 57 gol dalam 91 pertandingan untuk The Gunners. Pemain asal Gabon tersebut kerap diduetkan di lini depan bersama Alexandre Lacazette. Ia seringnya berperan sebagai striker utama, dan membentuk kemitraan yang efektif dengan Lacazette ketika mereka bermain bersama. Namun, mantan pemain AS Saint-Etienne itu belakangan ini sudah kurang konsisten, dan permainannya sedikit mengalami penurunan.

5. Fernando Torres (Liverpool ke Chelsea, 2011, 50 juta paun)

Foto: Football London

Langkah gegabah saat tenggat waktu ini, seperti kepindahan Torres dari Anfield ke Stamford Bridge, menjadi studi kasus tentang bahayanya pengeluaran berlebihan di bulan Januari. Bayangkan saja, pembelian Torres tidak sesuai harapan, dan ia hanya mencetak 43 gol dalam tiga setengah musimnya bersama Chelsea. Kurang dari setengah golnya itu ia cetak di Premier League, dan gol-golnya ini selalu dirindukan oleh para suporter The Blues.

6. Bruno Fernandes (Sporting Lisbon ke Manchester United, 2020, 46,6 juta paun)

Foto: Kohler United

Yang terbaru dan masih hangat di dalam daftar ini adalah nama Bruno Fernandes. Ia datang ke Old Trafford dengan serangkaian catatan apik. Fernandes menjadi gelandang yang mampu mencetak banyak gol di liga papan atas Portugal sejak ia tiba di Sporting pada 2017. Ia sudah sering dibandingkan dengan Frank Lampard. Maka menarik rasanya, jika pemain asal Portugal itu bisa mendekati produktifitas Lampard di United, tampaknya hal ini akan menjadi prestasi yang mengesankan.

Comments

Loading...