OUR NETWORK

28 Agustus 2011: Di Mana Skuat MU yang Menang 8-2 dari Arsenal

Tujuh tahun lalu, Manchester United mencatatkan kemenangan besar ketika mengalahkan Arsenal di stadion Old Trafford. Sir Alex Ferguson saat itu membuat malu Arsene Wenger dengan gelontoran 8 gol berbalas 2.

Laga tersebut menjadi salah satu pertandingan ikonik yang pernah terjadi di Premier League. Kedua tim sama-sama menurunkan pemain muda saat itu. Lantas, apa kabar para pemain United yang bermain pada laga tersebut saat ini?

David De Gea

Laga melawan Arsenal adalah pertandingan keempat De Gea sejak diplot sebagai penerus Edwin Van Der Sar yang pensiun di musim panas. Saat itu ia masih bertubuh kurus dan kerap membuat beberapa kesalahan pada tiga laga sebelumnya. Akan tetapi, pada laga ini dia bermain sangat baik. De Gea menepis tendangan penalti Robin Van Persie dan menahan beberapa peluang meski kebobolan dua gol. Saat ini De Gea masih berada dalam skuad dan telah meraih tujuh gelar bersama United. Ia kini menjelma sebagai salah satu penjaga gawang hebat di liga primer.

Chris Smalling

Mantan pemain Fulham ini memasuki musim kedua dan mulai mendapatkan tempat di lini belakang Setan Merah. Pada laga 8-2 tersebut, ia dimainkan sebagai bek kanan. Cederanya Nemanja Vidic pada Desember, membuat namanya mulai sering dimainkan Fergie sebagai pemain inti. Saat ini, ia masih berada di skuat dan menjadi salah satu pemain berpengalaman dalam skuad Jose Mourinho. Tidak hanya itu, sejak 2015 namanya mulai ditetapkan sebagai salah satu kapten tim.

Phil Jones

Direkrut dari Blackburn Rovers, Jones diproyeksikan sebagai pengganti Nemanja Vidic kedepannya. Sayangnya, pada laga tersebut ia membuat kesalahan yang berakibat gol kedua Arsenal. Karier Jones kerap terganggu oleh cedera yang sering menerpanya. Meski begitu, namanya masih ada dalam skuad Jose Mourinho saat ini.

Jonny Evans

Pada musim tersebut, Evans bermain dalam 40 pertandingan sekaligus menjadi raihan terbanyaknya sepanjang memperkuat Manchester United. Sayangnya, Evans menjadi aktor dibalik penalti yang untungnya gagal dieksekusi oleh Van Persie. Setelah membawa klub menjuarai liga Primer 2013, Evans kemudian hijrah ke West Brom dua tahun berselang. Gagal menyelamatkan WBA dari degradasi, ia memutuskan pindah ke Leicester City musim panas ini.

Patrice Evra

Saat itu, Evra telah menjadi bek kiri terbaik di kompetisi Premier League. Ia hanya satu kali absen di liga dan bermain sangat konsisten. Musim tersebut menjadi musim yang paling berkesan mengingat ia pernah bermasalah dengan Luis Suarez terkait rasisme. Sempat kembali ke liga Inggris bersama West Ham, kini ia berstatus tanpa klub dan belum memikirkan untuk pensiun dari sepakbola.

Nani

Pemain Portugal ini menunjukkan performa bagus pada awal musim dengan menjadi pahlawan dalam laga Community Shield. Di laga melawan Arsenal, ia mencetak satu gol cantik dengan menipu Wojciech Sczczesny. Pada 2014, Nani memutuskan hijrah dan menjadi bagian dari transfer Marcos Rojo dari Sporting CP. Sempat memperkuat Fenerbahce, Valencia, dan Lazio, kini Nani kembali ke Sporting.

Tom Cleverley

Jebolan akademi United ini mulai mendapat kesempatan dan dianggap sebagai pengganti sepadan Paul Scholes. Ia tampil sangat baik termasuk pada laga melawan Arsenal tersebut. Sayangnya, ia mendapat cedera lutut parah dua pekan berselang yang membuat dirinya harus absen sepanjang musim. Rusaknya lutut Cleverley secara tidak langsung menurunkan performanya pada musim-musim berikutnya. Saat ini, ia masih berada di Premier League dengan memperkuat Watford.

Anderson

Peraih Golden Boy Award 2008 ini merupakan pemberi asis pada gol pertama United. Ia tampil sangat enerjik dan mampu mengisi lini tengah disaat Michael Carrick absen. Hengkang dari United pada 2015, kini Anderson memperkuat Adana Demispor, klub divisi kedua dalam sepakbola Turki.

Ashley Young

Dalam kemenangan 8-2 melawan Arsenal, Young mencetak dua gol yang merupakan ciri khasnya. Bergerak dari sisi kiri, melakukan cut inside, dan menendang dengan kaki kanan. Sempat bermasalah dengan cedera, Young hingga saat ini masih bertahan dalam skuad United saat ini dan berubah peran sebagai bek sayap.

Wayne Rooney

Mencetak trigol dan menjadi Man of the Match, Rooney adalah top skor United sepanjang musim 2011/12 dengan torehan 34 gol. Golnya bisa bertambah banyak apabila pada pertengahan musim dirinya tidak diplot sebagai gelandang tengah. Sempat kembali ke Everton pada musim lalu, Rooney kini menjajal MLS bersama DC United.

Danny Welbeck

Pencetak gol pertama ke gawang Arsenal ini menjalani musim penuh pertamanya bersama tim setelah beberapa kali dipinjamkan. Akan tetapi, ia beberapa kali absen karena mengalami cedera. Sempat diprediksi akan menjadi striker masa depan klub, kenyataannya Welbeck harus hijrah ke Arsenal karena permainannya tidak disukai oleh Louis Van Gaal.

Pemain Pengganti:

Ryan Giggs

Sayap kiri United masuk menggantikan Nani. Ia memberi satu asis pada gol kedelapan United. Giggs pensiun pada 2014 sebelum diangkat Louis Van Gaal sebagai asisten. Kini, ia menduduki jabatan sebagai pelatih Wales.

Park Ji Sung

Masuk menggantikan Anderson pada menit ke-68, dua menit kemudian ia mencetak gol melalui sepakan mendatar yang mengecoh Sczczesny. Saat ini, Park sudah pensiun dari sepakbola dan fokus kepada studinya di manajemen olahraga.

Javier Hernandez

Masuk menggantikan Danny Welbeck, Hernandez tidak mencetak satu gol pun. Meski begitu, pergerakannya membuat Carl Jenkinson mendapat kartu merah pada babak kedua. Sempat hengkang ke Bayer Leverkusen, kini Hernandez masih bermain di Premier League bersama West Ham United.

Comments

Loading...