OUR NETWORK

Lima Gol Terbaik Ruud van Nistelrooy di Manchester United

Ruud Van Nistelrooy bisa dibilang salah satu sosok striker yang komplit. United beruntung bisa mendapatkan pemain bertinggi 188cm ini meski harus mengeluarkan dana 18,5 juta paun. Selain memiliki fisik yang kuat, Ruutje juga memiliki kecepatan yang mampu menyulitkan pemain belakang lawan. Dan untuk merayakan ulang tahun Ruud van Nistelrooy yang jatuh pada 1 Juli lalu berikut penulis tampilkan lima gol terbaik Ruud van Nistelrooy di Manchester United.

  1. Manchester United 2-3 Deportivo La Coruna ( Liga Champions, 17 Oktober 2001)

 

United yang sedang dalam posisi tertinggal 1-2 membangun sebuah serangan yang diawali dengan umpan Roy Keane kepada Nistelrooy yang diteruskan kepada Beckham. Becks kemudian memberikan bola kepada Veron yang berada di lini tengah.

Pemain plontos tersebut kemudian memberikan bola kembali ke arah Beckham. Tanpa melihat, pemain bernomor tujuh itu membelokkan bola dengan tumit kearah Ruutje yang sudah berada di dalam kotak pinalti Depor.

Dikepung dua orang, RVN kemudian meliuk-liuk melepaskan diri dari kawalan sebelum tendangan chip nya mengecoh Francisco Molina. Sebuah gol yang digambarkan oleh Clyve Tyldesley (komentator ITV) sebagai gol yang hanya bisa dibuat oleh Nistelrooy seorang.

  1. Aston Villa 2-3 Manchester United (Piala FA, 6 Januari 2002)

 

Tertinggal 1-2 dan waktu yang hanya tersisa 10 menit, Paul Scholes melepaskan umpan lambung yang disambut dengan sundulan David Beckham kearah Van Nistelrooy. Dengan sekali kontrol menggunakan dada, Ruutje kemudian melepaskan tendangan voli keras ke gawang yang dijaga Petr Scmeichel. Dua menit kemudian mantan pemain Hamburg SV tersebut membalikkan keunggulan United menjadi 3-2 untuk lolos ke babak keempat Piala FA.

  1. Manchester United 4-0 Tottenham Hotspur (Liga Inggris, 6 Maret 2002)

United butuh kemenangan setelah sebelumnya secara mengejutkan ditahan Derby County. Kemenangan tampaknya sudah hadir setelah mereka unggul 3-0. Pada menit ke-76, Quinton Fortune melepaskan umpan lambung yang sebenarnya tidak bisa dijangkau oleh Nistelrooy. Bola kemudian diambil Roy Keane yang langsung melepaskan umpan silang yang bisa diblok oleh penjaga gawang Kasey Keller. Nistelrooy yang mendapat bola tersebut kemudian melakukan gerak tipu yang membuat dua pemain yang berada di depannya terkecoh sebelum melepaskan tendangan keras ke gawang Tottenham.

  1. FC Basel 1-3 Manchester United (Liga Champions, 26 November 2002)

 

Satu menit setelah mencetak gol penyama kedudukan, pria pemilik 35 gol timnas Belanda ini mencetak gol yang bisa dikategorikan terbaik sepanjang penyelenggaraan Liga Champions. Menerima bola di sisi kiri penyerangan United dan dikawal oleh dua pemain belakang, Nistelrooy justru memilih untuk melakukan penetrasi sambil mencari celah di samping gawang Basel. Lolos dari kawalan, Nistelrooy kemudian melepaskan tendangan ke arah tiang jauh yang sulit dijangkau oleh penjaga gawang Basel.

  1. Manchester United 3-0 Fulham (Liga Inggris, 22 Maret 2003)

 

Van Nistelrooy menjadi bintang di laga ini. Selain memborong semua gol United, gol keduanya yang dibuat di menit ke-68 menjadi salah satu pertunjukkan hebat seorang RVN. Menerima bola di lingkaran tengah dari Nicky Butt, Nistelrooy memilih melakukan sprint hampir setengah lapangan dan melewati lima orang pemain Fulham. Pria kelahiran North Brabant ini kemudian mengakhiri larinya dengan sebuah sontekan pelan ke gawang Fulham dalam musim yang diakhiri oleh Ruutje sebagai top skor sekaligus mebawa United menjuarai liga.

Comments

Loading...