OUR NETWORK

United vs Valencia: Menilai Kualitas Skuad Cadangan

Pertandingan terakhir grup H pada ajang Liga Champions sudah tidak berlaku bagi keempat kesebelasan yang berada disana. Juventus dan Manchester United sudah dipastikan lolos, Valencia akan bermain di Europa League, dan BSC Young Boys sudah pasti menempati posisi paling akhir di klasemen.

Baik United maupun Juventus sebenarnya masih mempunyai kepentingan yaitu memperebutkan posisi sebagai juara grup. Namun, melihat United yang berniat mengistirahatkan pemain pilarnya di laga terakhir, maka posisi runner up nampak sudah cukup baik meski ada risiko yang menanti yaitu bertemunya United dengan klub-klub kuat macam Real Madrid dan Barcelona.

Setelah pertandingan melawan Fulham, Mourinho sudah berjanji akan memainkan pemain-pemain yang jarang tampil seperti Sergio Romero, Andreas Pereira, dan Scott McTominay. Rotasi wajib dilakukan The Special One mengingat akhir pekan nanti United akan bertanding melawan Liverpool di Anfield.

“Soal kesempatan main, itu semua tergantung dari rotasi dan pemain-pemain yang absen. Saya ingin memberikan kesempatan pada pemain yang tidak terlalu sering bermain. Dua pemain yang berada dalam pikiran saya adalah Andreas Pereira dan Scott McTominay. Saya ingin memberikan mereka kesempatan main 90 menit di Liga Champions,” tuturnya di situs resmi United.

Mourinho juga akan memainkan Paul Pogba yang dalam dua pertandingan terakhir hanya diturunkan menjadi pemain pengganti. Selepas menjuarai Piala Dunia, penampilan gelandang asal Prancis ini tidak konsisten. Bahkan pada pertandingan terakhir melawan Fulham, ia sama sekali tidak dimainkan.

“Dia akan main melawan Valencia, dia mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan sepakbola fantastis dan memperlihatkan kepada semua orang betapa bagusnya dia.”

Pertandingan ini akan menjadi laga yang spesial bagi Andreas Pereira dan Juan Mata. Keduanya sama-sama pernah menghabiskan waktu bersama Kelelawar dari Mestalla. Baik Mata dan Pereira tidak bermain saat keduanya bermain imbang tanpa gol pada pertemuan di Old Trafford Oktober lalu.

Musim lalu, Andreas Pereira memainkan 29 pertandingan dengan catatan satu gol dan lima asis. Penampilan apiknya tersebut membuat namanya kembali ditempatkan pada tim utama meski mengalami perubahan posisi menjadi gelandang yang bertugas mengatur tempo pertandingan.

“Dua peminjaman ke Spanyol adalah langkah penting dalam karier saya. Saya pikir saya sudah berubah menjadi lebih dewasa dan bermain seperti orang dewasa. Saya pikir saya benar-benar tumbuh menjadi pesepakbola di sana. Mereka membantu saya dalam perkembangan diri saya,” tuturnya.

Valencia adalah kesebelasan yang menyelamatkan karier Mata saat si pemain tidak bisa menembus tim senior Real Madrid. Bermain empat musim di Mestalla, ia membuat 46 gol dari 174 pertandingan sebelum hijrah ke Chelsea. Mata sendiri kemungkinan besar akan dimainkan sejak awal di lini depan untuk menemani Romelu Lukaku dan Jesse Lingard.

“Mereka adalah tim yang begitu percaya kepada pemain yang belum punya pengalaman di divisi utama Spanyol. Saya mendapat banyak dukungan dari mereka dan saya sangat bersemangat untuk kembali ke Mestalla. Laga ini tidak akan kompetitif, tetapi saya yakin kedua kesebelasan akan memberikan semuanya demi tiga poin. Semoga kami bisa menyelesaikan babak grup dengan finis di paling atas.”

Disisi lain Valencia kemungkinan tampil tanpa Goncalo Guedes. Pemain yang pernah bermain untuk Paris Saint Germain ini menderita cedera panggul ketika bertanding melawan Sevilla. Kehilangan Guedes sedikit mengurangi agresivitas lini depan Valencia mengingat ia adalah sosok yang sangat merepotkan lini pertahanan Setan Merah ketika bertemu di Old Trafford.

Perkiraan Formasi

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Diogo Dalot, Marcos Rojo, Phil Jones, Luke Shaw, Scott McTominay, Andreas Pereira, Paul Pogba, Juan Mata, Jesse Lingard, Romelu Lukaku

VALENCIA:

Neto, Daniel Wass, Ezequeil Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya, Carles Soler, Francis Coquelin, Dani Parejo, Denis Cheryshev, Rodrigo Moreno, Santi Mina

Comments