OUR NETWORK

Mencari Satu Poin untuk Posisi Kedua

Beruntung benar nasib Manchester United dalam seminggu ini. Kekalahan mereka dari Brighton diikuti oleh beberapa kesebelasan yang berada di bawahnya yaitu Liverpool dan Tottenham Hotspur. United yang tadinya harus mencari empat poin dari dua laga sisa, kini mereka hanya butuh sebiji poin untuk memastikan diri finis kedua sekaligus posisi tertinggi yang diraih sejak 2012/2013.

Akan tetapi, lawan yang dihadapi United bukanlah klub sembarangan. Mereka akan menghadapi West Ham United. Dalam pertandingan tandang terakhir yang dimainkan, mereka sanggup mengalahkan Leicester City 2-0. Laga ini juga akan menjadi ujian berikutnya bagi Moyes yang sekembalinya ia ke Inggris musim lalu, belum pernah mengalahkan United.

Tidak Bagusnya Laga Tandang United di Penghujung Musim

Jika Manchester United bisa meraih kemenangan di London Stadium, maka inilah kemenangan tandang ke-11 United musim ini. Pencapaian tersebut akan menjadikan Mourinho sebagai manajer pertama setelah Fergie yang sanggup meraih kemenangan tandang lebih dari 10 kali.

Namun, United perlu waspada mengingat mereka memiliki catatan buruk. Sudah lima musim United tidak pernah menang dalam laga tandang terakhir mereka di penghujung musim. Kemenangan tandang terakhir yang mereka dapat di akhir musim terjadi pada 2012 ketika mengalahkan Sunderland 1-0 dalam musim yang mendebarkan tersebut.

Setelahnya, rapor United di laga tandang terakhir mereka setiap musimnya berakhir dengan buruk. Mereka hanya meraih hasil empat imbang dan satu kalah. Rinciannya adalah seri melawan WBA (5-5, 2012/13), Southampton (1-1 pada 2013/14, dan 0-0 pada 2016/17). Hull City (0-0 2014/15), dan satu-satunya kekalahan didapat dari West Ham United pada 2015/16 dengan skor 2-3 dalam laga terakhir di Boleyn Ground tersebut.

West Ham bahkan pernah merusak pesta juara Setan Merah pada musim 2006/2007. Ketika itu, gol dari Carlos Tevez membawa skuad asuhan Alan Curbishley saat itu selamat dari degradasi dan membuat pesta perayaan United terasa sedikit hambar. Dua laga tadi menegaskan kalau West Ham bukan lawan yang bisa dianggap enteng.

Dua laga terakhir West Ham akan digelar di kandang mereka. Setelah melawan United Mark Noble dkk., akan menjamu Everton pada pekan terakhir. Seandainya Moyes mampu melewati dua laga tersebut dengan kemenangan, maka musim ini mereka akan mengumpulkan 8 kemenangan kandang sekaligus meningkatkan prestasi mereka yang musim lalu hanya bisa meraih 7 kemenangan saja di London Stadium.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa West Ham hanya meraih satu kemenangan saja dalam empat partai terakhir mereka di rumah. Laga kandang terakhir mereka pun berakhir kekalahan 1-4 dari Manchester City. United tentu saja ingin mengulang torehan sang tetangga yang bisa mendapat tiga poin di London.

Tanpa Pilar Penting

Akan tetapi, dalam laga yang berlangsung Jumat dini hari ini, kedua kesebelasan terancam tanpa pilar terbaiknya. Jose Mourinho sudah memastikan dua pilar asal Belgia, Romelu Lukaku dan Marouane Fellaini akan absen. Meski begitu, Jose sudah bisa memainkan Phil Jones dan Alexis Sanchez yang sempat bermasalah dengan kebugaran.

Belum jelas siapa yang akan diturunkan Mou dalam laga besok. Dalam konferensi pers sebelum laga, ia malah mengumumkan kalau kapten utama mereka yaitu Michael Carrick akan bermain dalam laga terakhir melawan Watford.

United juga dituntut untuk selalu bugar mengingat jarak antara laga melawan West Ham dan Watford hanya dua hari saja. Mereka masih punya laga super penting yaitu final Piala FA melawan Chelsea.

Badai cedera juga menimpa skuad David Moyes. Mereka dipastikan kehilangan Javier Hernandez, Michail Antonio, James Collins, Winston Reid, Pedro Obiang, dan Sam Byram. Selain itu, Joe Hart dan pemain terbaik mereka musim ini, Marko Arnautovic juga diragukan bisa tampil melawan United.

Menanti Tuah Rashford dan Martial

Kehilangan Romelu Lukaku tentu sangat merugikan bagi United. Sepanjang karir sepakbolanya, West Ham adalah lawan favorit Big Rom. Ia sudah mencetak sembilan gol dalam 101 golnya di kompetisi Liga Primer.

Meski kehilangan mesin gol andalannya, United bisa memanfaatkan dua pemain muda mereka yaitu Anthony Martial dan Marcus Rashford untuk mencetak gol. Keduanya punya catatan apik saban mereka menghadapi West Ham. Rashford sudah membuat 1 gol dan tiga asis ketika keduanya bertemu. Dalam pekan perdana musim ini, ia memberikan satu asis kepada gol pembuka Lukaku. Semenara itu, catatan milik Martial lebih bagus lagi. Penyerang Prancis ini memiliki catatan enam gol dan tiga asis ketika bertemu runner up Piala FA 2006 tersebut. Mereka tentu berhasrat untuk membuat Jose Mourinho menarik kembali kritikan yang pernah ia lontarkan kepada dua pemain muda ini.

Perkiraan Formasi:

WEST HAM UNITED:

Adrian, Aaron Cresswell, Angelo Ogbonna, Declan Rice, Pablo Zabaleta, Cheikhou Kouyate, Mark Noble, Arthur Masuaku, Joao Mario, Manuel Lanzini, Marko Arnautovic

MANCHESTER UNITED:

David De Gea, Antonio Valencia, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw, Nemanja Matic, Ander Herrera, Paul Pogba, Anthony Martial, Jesse Lingard, Marcus Rashford

Comments