OUR NETWORK

Wayne Rooney, Rekor Sir Bobby Charlton, dan Pujian yang Ditujukan Kepadanya

Oooh my word… History… Wayne Rooney does it in style… What a moment… Sir Bobby Charlton’s record is gone…And one man stands alone for Manchester United… Incredible strike… If you get to break the record… Do it in style… And that’s exactly what Wayne Rooney is done… What a free kick!

Jika beberapa tahun lagi mendengar kata-kata itu, tampaknya akan secara otomatis merujuk kepada gol tendangan bebas spektakuler Wayne Rooney ke gawang Stoke City. Yang spesial adalah, bukan hanya menyelamatkan United dari kekalahan, tapi rekor dari 1973 yang berhasil terpecahkan.

Ya, Rooney seakan hidup kembali. Ia tidak mengawali musim ini dengan baik. Jarang diberi kesempatan bermain, kerap disoraki oleh fans Untid sendiri, hingga fotonya yang sedang mabuk berat tersebar. Tapi akhirnya pria asal Inggris ini berhasil kembali membuat fans United menyanyikan namanya. Dan memaksa United mengganti nama Sir Bobby Charlton sebagai pemegang rekor gol terbanyak bagi United. Gol tersebut adalah gol ke-250 Rooney, melewati catatan Charlton di angka 249.

Sejak awal pertandingan, nama Rooney yang hanya masuk di daftar pemain cadangan sudah disebutkan. Alasannya jelas, ia hanya satu gol lagi menuju predikat pencetak gol terbanyak. Charlton sendiri datang ke Britannia Stadium bersama istrinya. Ia juga beberapa kali disorot kamera. Setelah gol pun legenda United dan Inggris itu kembali disorot kamera. Jika istrinya tersenyum sambil bertepuk tangan, Charlton tetap kalem dan tak banyak berekspresi. Mungkin perasaannya tercampur aduk ketika ada yang berhasil memecahkan rekornya. Tapi Charlton menemui Rooney setelah pertandingan dan menyelamatinya.

“Seperti biasa, dia datang ke ruang ganti setelah pertandingan dan menyelamati saya. Saya rasa dia benar-benar orang yang berkarakter di klub ini, sejak saya datang kesini dia sering datang ke ruang ganti dan mendukung kami,” ujar Rooney.

“Saya mengerti betul bagaimana dia akan senang dengan saya. Pastinya bukan hal yang baik ketika rekor Anda dipecahkan tapi saya rasa dia benar-benar senang dengan saya dan saya sangat mengapresiasi itu,” tambahnya.

Charlton juga angkat bicara. Sejujurnya, ia sedikit kecewa karena rekornya hilang. Tapi ia sangat mengapresiasi Rooney yang berhasil memecahkannya. Yang juga berarti United masih memiliki pemain berkualitas.

“Telah 40 tahun lebih sejak mencetak gol terakhir dari 249 gol saya ke Manchester United, jadi saya memang telah terbiasa mendapat penghormatan sebagai top skor sepanjang masa klub,” kata Charlton.

“Kami telah memiliki beberapa striker hebat di Old Trafford dan mereka telah mencetak banyak gol, tapi saat ini cukup jelas, hanya Wayne Rooney yang paling mungkin memecahkan rekor saya, dan kini itu telah terjadi. Saya akan berbohong jika mengatakan tidak kecewa kehilangan rekor tersebut.”

“Namun, secara jujur saya merasa senang untuk Wayne. Dia layak mendapatkan tempat di buku sejarah. Dia adalah pemain hebat yang sesungguhnya bagi klub dan negara, sesusai dengan pencapaiannya sebagai pencetak gol terbanyak bagi United dan Inggris,” imbuh pria 72 tahun itu.

Sehari kemudian, Rooney mendapat penghargaan dari Asosiasi Jurnalis Sepakbola Inggris (FWA) pada malam perayaan yang di gelar di The Savoy Hotel di London. Ini adalah kali kelima FWA menganugerahi seorang pemain yang luar biasa. Setelah sebelumnya ada nama-nama tenar seperti David Beckham, Ryan Giggs, Frank Lampard, dan Steven Gerrard yang juga pernah mendapat penghargaan. Berikut adalah pidato Rooney setelah pemberian penghargaan.

“Saya ingin berterima kasih kepada para jurnalis atas penghargaan ini. Saya sempat mencari tahu daftar pemenang sebelumnya dan ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk masuk di dalamnya. Saya ingin berterima kasih kepada para manajer yang pernah bekerja bersama saya . Masing-masing berkontribusi untuk menjadikan saya seperti sekarang dan terima kasih kepada rekan-rekan saya.”

“Saya juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga saya dan Paul Stretford yang memainkan peranan besar dalam kehidupan saya sebagai seorang teman dan agen. Dan saya ingin berterima kasih kepada Jose Mourinho yang mengizinkan saya libur besok!”

Momen indah ini juga diramaikan dengan berbagai pujian yang diterima Rooney, Salah satunya adalah sosok fenomenal yang membawanya ke Old Trafford seharga 25,6 juta dari Everton. Sir Alex Ferguson tampaknya memang melakukan perjudian dengan mendatangkan pemain 18 tahun seharga itu. Apalagi, saat itu baru memasuki tahun 2004 ketika transfer 30 juta paun saja masih dibilang transfer yang sangat mahal. Tapi Fergie benar-benar menang banyak dalam perjudiannya itu.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Wayne yang telah sukses mencapai rekor tersebut. Ini adalah perestasi besar untuk bisa mencetak banyak gol, dan dia memecahkan rekor yang telah bertahan lebih dari 40 tahun.”

“Wayne sangat layak mendapatkan tempat di buku sejarah dari klub hebat ini, dan saya yakin dia akan terus mencetak lebih banyak gol. Selamat Wayne, saya tentu sangat senang dengan pencapaianmu, Anda telah menjadi pemain hebat bagi klub ini dan mungkin masih terus berlanjut,” tutur Fergie.

Berikut adalah beberapa pujian yang datang dari tokoh-tokoh penting di United, baik yang masih di Manchester ataupun tidak.

 

“Butuh 40 tahun memecahkan rekor Sir Bobby. Hari ini Rooney melakukannya. Mereka adalah legenda Manchester United dan Inggris,” – David Beckham.

“(Membandingkan Rooney dengan Bobby Charlton, Andy Law dan George Best) Mereka semua legenda dan ikon pada masa mereka, bukan hanya untuk United tetapi juga untuk sepak bola pada umumnya, dan Wayne ada di sana bersama dengan terbaik dari yang terbaik,”-Michael Carrick.

“Rekor adalah rekor. Ini adalah rekor untuk klub terbesar di Inggris dan salah satu klub terbesar di dunia. Sebelumnya rekor dipegang oleh legenda sepakbola Inggris. Sekarang Wayne telah menjadi legenda Manchester United,”- Jose Mourinho

“Semua tahu siapa Rooney sebenarnya. Akan tetapi, negara ini seharusnya lebih mengapresiasi dia. Sebab, saya tidak melihat banyak penyerang seperti dia sekarang. Rekor yang luar biasa. Dia adalah pencetak gol terbanyak klub ini dan saya ikut berbahagia untuknya,” – Zlatan Ibrahimovic

“Ini adalah sebuah rekor yang luar biasa dan tak akan mudah dilewati. Ini butuh 40 tahun untuk memecahkan rekor Sir Bobby, di mana ini menunjukkan seberapa besar capaian ini,” – Mark Hughes.

*

Wayne Rooney memang benar-benar fenomenal dan sensasional sekarang. Tidak seperti beberapa tahun lalu dimana ia terkenal dengan sifat bengal-nya, sekarang dan beberapa tahun kedepan, bahkan puluhan tahun ke depan, ia akan di ingat sebagai pencetak gol terbanyak tim sebesar Manchetser United. Dan yang pasti ia adalah seorang legenda Manchester United.

Comments