OUR NETWORK

LASK vs Man United: Mencari Hasil Positif di Tempat Tertutup

Langkah awal Setan Merah pada babak 16 besar Europa League hanya bisa disaksikan melalui layar kaca.

Penyebaran virus Corona terjadi begitu cepat di berbagai belahan negara dunia. Hal ini berdampak ke segala aspek termasuk olahraga. Beberapa pertandingan olahraga harus ditunda atau menjalani pertandingan dengan tanpa penonton. Serie A sudah mengumumkan penundaan liga hingga bulan April mendatang, UEFA bahkan mempertimbangkan untuk menggeser turnamen Euro dari 2020 menjadi 2021 mendatang. Beberapa laga Liga Champions seperti Barcelona vs Napoli, Bayern Munich vs Chelsea, dan PSG vs Borussia Dortmund harus dimainkan tanpa penonton.

Laga tanpa penonton juga merambat ke Europa League. Apes, Manchester United menjadi salah satu kesebelasan yang bermain dalam keheningan. Sudah empat laga Europa League yang dipastikan tidak bisa dihadiri penonton yaitu LASK vs United, Inter vs Getafe, Wolfsburg vs Shakhtar Donetsk, dan Olympiacos vs Wolverhampton.

Pihak dari UEFA sendiri memang belum mengumumkan pada situs resmi mereka kalau laga LASK vs United harus digelar tanpa penonton. Sebelumnya, ada dua opsi yang bisa dipakai terkait pertandingan ini. Yang pertama adalah laga dimainkan tanpa penonton, lalu yang kedua laga dimainkan dengan penonton namun jumlahnya dibatas hanya 1.000 orang saja. Opsi pertama yang kemudian dipilih dan kabar tersebut sudah diumumkan di situs resmi Setan Merah.

“Semua kegiatan di luar ruangan yang melibatkan lebih dari 500 orang, ataupun kegiatan dalam ruangan yang melibatkan lebih dari 100 orang, akan dibatalkan hingga pertengahan April mendatang,” kata Rudolf Anschober, Menteri Kesehatan Austria.

Hal ini membuat 900 penggemar United yang sudah membeli tiket dan siap terbang ke Austria harus mengurungkan niatnya mendukung Setan Merah. Kubu United sendiri langsung gerak cepat dengan mengumumkan akan mengembalikan uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli tiket pertandingan. Sejauh ini, Austria mencatat ada 157 kasus virus Corona di negara mereka.

“Mengikuti perintah dari Pemerintah Austria, kami telah diberi tahu oleh UEFA dan LASK kalau pertandingan Europa League pada hari Kamis malam (Jumat dini hari) akan dimainkan secara tertutup. Kami akan secara otomatis melakukan pengembalian uang atas nama LASK kepada penggemar kami yang sudah membeli tiket,” tutur United dalam situs resmi mereka.

Lanjutkan Tren Positif

Pertandingan dini hari nanti mungkin akan dilakukan tanpa penonton, namun hal itu tidak bisa menjadi alasan United untuk tidak mendapatkan hasil positif. Sebaliknya, United justru punya keuntungan karena tuan rumah tidak akan didukung oleh suporternya sendiri.

United datang dengan rekor 10 pertandingan tanpa kekalahan. Yang terbaru, mereka mengalahkan Manchester City dengan skor 2-0 pada lanjutan Premier League. Kemenangan melawan rival sekota menjadi modal yang bagus untuk kembali meraih setidaknya hasil imbang pada pertandingan nanti.

Lagipula, catatan United ketika bermain melawan kesebelasan Austria juga sangat baik. Dari delapan pertandingan yang sudah pernah dimainkan, United menang tujuh laga dan hanya menderita satu kali hasil imbang yang terjadi pada perempat final Piala Champions 1968/1969 melawan Rapid Vienna.

Selain itu,, laga ini juga harus menjadi awal dari target United yang ingin mengubah nasib mereka agar tidak seperti musim lalu. Kita semua belum lupa ketika United hanya meraih dua kemenangan dari 12 pertandingan terakhir sejak mengalahkan PSG pada awal Maret. Jangan sampai hal itu kembali terulang mengingat mereka mengincar gelar Liga Europa untuk bisa kembali ke Liga Champions.

“Musim lalu kami kehilangan momentum pada fase akhir musim lalu dan saat ini kami berada di posisi yang berbeda. Kami lebih berpengalaman dalam situasi seperti ini. Kami perlu menjaga standarnya dan saya percaya dan saya percaya kalau manajer dan stafnya akan mendorong kami terus maksimal di fase akhir musim ini,” kata Luke Shaw.

Aura Manchester United memang sedang bagus-bagusnya. Nemanja Matic dan Tahith Chong dipastikan bertahan, Paul Pogba mulai sembuh dari cedera, dua penggawa anyar di tengah musim memberikan perubahan. Moral bagus ini jelas harus dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil bagus dan itu dimulai pada dini hari nanti di Lindzer Stadion.

Perkiraan Susunan Pemain

LASK:

Alexander Schlager, Christian Ramsebner, Gernot Trauner, Petar Filipovic, Dominik Reiter, Stefan Haudum, Philipp Wiesinger, Rene Renner, Thomas Goiginger, Joao Klauss De Mello, Samuel Tetteh

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Diogo Dalot, Eric Bailly, Victor Lindelof, Brandon Williams, Nemanja Matic, Fred, Bruno Fernandes, Juan Mata, Anthony Martial, Odion Ighalo

Comments

Loading...