OUR NETWORK

Man United vs Wolverhampton: Mengubah Kesenangan Menjadi Kemenangan

Beberapa media di Inggris sana sudah fokus untuk membahas laga Super Sunday antara Liverpool vs Manchester United. Namun sebelum melangkah ke laga besar tersebut, Setan Merah masih punya satu tanggung jawab yang harus diselesaikan tengah pekan ini. Mereka harus menyingkirkan Wolverhampton Wanderers pada partai ulangan Piala FA.

Ini semua tidak lepas dari hasil pada leg pertama lalu di Molineux. Ketika itu, kedua kesebelasan hanya bermain imbang 0-0 sehingga laga ulang mau tidak mau harus dimainkan. Setelah pertandingan itu, Solskjaer mengaku jauh lebih senang jika ia harus memainkan laga ini sekali lagi ketimbang harus kalah dan persaingan memperebutkan trofi tertua ini terhenti pada babak ketiga.

“Saya lebih baik memainkan partai ulangan ketimbang harus gugur. Kami tahu, kalau datang ke sini sudah sangat sulit, tetapi kami masih punya kesempatan untuk lolos. Bermain di sini (Molineux) sangat sulit dan kami nanti akan bermain di kandang yang membuat peluang kami melaju jauh lebih banyak,” kata Solskjaer.

Rasa senang Solskjaer tersebut harus diubah menjadi kemenangan pada Kamis dini hari nanti. Pasalnya, waktu yang seharusnya bisa dipakai untuk recovery justru dipakai untuk melakoni pertandingan. Dengan laga yang harus diulang ini membuat United harus bermain setiap jeda tiga hari. Bahkan jika United lolos ke babak keempat, maka mereka akan selalu bermain tiga hari sekali selama satu bulan penuh.

Hal ini sudah pasti memicu kelelahan di antara skuat United. Di tengah kondisi tim yang jumlah pemainnya tidak ideal karena cedera dan ingin pindah, tenaga mereka terus digeber. Perlu diingat pula kalau mereka masih punya ambisi untuk membuat Liverpool kembali kehilangan poin untuk kedua kalinya pada musim ini.

Pada laga melawan Norwich pekan lalu, Solskjaer langsung mengganti Marcus Rashford dan Anthony Martial setelah unggul tiga dan empat gol. Keduanya dibawa ke dala ruang ganti untuk langsung menjalani pemulihan. Kedua pemain ini kemungkinan akan dimainkan melawan Wolves sebagai starter mengingat pentingnya kemenangan pada laga ini.

Beberapa sektor tampak sulit untuk melakukan rotasi karena banyak pemain United yang terkena masalah. Sektor bek kiri misalnya, mereka hanya mempunyai Brandon Williams yang bugar 100 persen. Luke Shaw mendadak cedera pada pemanasan jelang Norwich, lain lagi dengan Ashley Young yang sedang dalam proses untuk pindah, Hanya Diogo Dalot dan Cameron Borthwick-Jackson yang bisa dimainkan. Namun terlalu riskan untuk memainkan kedua pemain tersebut mengingat Dalot baru sembuh dari cedera dan Jackson baru kembali dari masa peminjaman.

“Ada perasaan tidak enak dalam tubuhnya sehingga Shaw kami pulangkan ke rumah. Semoga dia siap untuk kembali bermain pada hari Rabu,” kata Solskjaer.

Begitu juga dengan sektor bek tengah. Untuk kesekian kalinya, Ole tampak akan memainkan duet Lindelof-Maguire di depan Sergio Romero. Sebenarnya, ada banyak opsi untuk posisi ini seperti Eric Bailly, Timothy Fosu-Mensah, Phil Jones, dan Marcos Rojo. Namun sama seperti sektor bek kiri, sedikit riskan memainkan Bailly dan Mensah yang baru sembuh dari cedera parah dan Rojo yang tampak tidak akan lagi menjadi pemain United dalam waktu dekat, sementara itu Jones akan bergabung dengan Jesse Lingard sebagai pemain yang diharapkan tidak ada di atas lapangan.

Ole sudah paham masalah kelelahan ini. Sesudah laga pertama lalu, ia menyebut kalau masalah taktikal sudah bukan lagi menjadi fokusnya ketika menatap jadwal yang padat. Fokus utamanya adalah bagaimana mencari 11 pemain yang siap secara fisik dan pikiran untuk bermain.

“Saat ini kami berada pada fase dimana kami sudah tahu harus bermain seperti apa. Tapi ini semua tergantung pemulihan kondisi para pemain. Ini hanya tentang memiliki pikiran serta kaki yang segar. Beberapa sudah sering bermain dan merasa lelah dan beberapa pemain lain belum bermain dan mulai merasakan efeknya jelang akhir pertandingan,” ujarnya.

Kombinasi pemain senior dan pemain muda tampaknya akan menjadi pilihan Ole pada laga nanti. Di lini depan, tampaknya ia akan kembali memainkan dua diantara Daniel James, Tahith Chong dan Mason Greenwood untuk menemani Rashford.  Juan Mata yang gemilang pada pertandingan kemarin juga punya peluang untuk dimainkan.

Siapa pun yang nantinya akan dipilih oleh Ole, dia harus memberikan kemenangan bagi sang manajer mengingat ia senang ketika laga bisa diulang.

Perkiraan Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED:

Sergio Romero, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Victor Lindelof, Brandon Williams, Nemanja Matic, Fred, Juan Mata, Daniel James, Mason Greenwood, Marcus Rashford

WOLVERHAMPTON:

Rui Patricio, Leander Dendoncker, Conor Coady, Roman Saiss, Matt Doherty, Joao Moutinho, Ruben Neves, Jonny Castro, Adama Traore, Pedro Neto, Raul Jimenez

Comments

Loading...