OUR NETWORK

Empat Hal dari Kemenangan United 3-1 atas Middlesbrough

Manchester United akhirnya bisa merasakan kembali nikmatnya naik peringkat. Pada Minggu (19/3) malam waktu Indonesia, skuat asuhan manajer Jose Mourinho meraih kemenangan 3-1 atas tuan rumah Middlesbrough. Tiga gol Setan Merah dicetak oleh Marouane Fellaini, Jesse Lingard, dan Antonio Valencia. Sementara satu-satunya gol Middlesbrough dibuat oleh Rudi Gestede. Sebelumnya, United sempat turun ke peringkat ketujuh, untuk kemudian naik dua peringkat ke peringkat kelima. Ada empat hal dari kemenangan United 3-1 atas Middlesbrough.

Mou Yang Semakin Nyaman Dengan Tiga Bek

Pada pertandingan yang dipimpin wasit John Moss tersebut, United kembali menurunkan formasi dengan tiga bek tengah. Ini adalah yang keempat kalinya Mou memainkan formasi yang bahkan tidak berjalan saat United ditangani oleh Van Gaal. Dalam pertandingan ini trio Phil Jones, Chris Smalling, dan Eric Bailly bermain solid. Total mereka melakukan 27 dari 40 sapuan yang dibuat United.

Selain itu ketiganya juga bermain baik dengan 13 kali memenangi duel udara dan 11 kali melakukan intercept. Akan tetapi meski memiliki statistik yang baik, mereka masih sering melakukan kesalahan. Salah satunya adalah Smalling, di mana mantan pemain Fulham ini membuat satu error yang mengakibatkan gol dari Rudy Gestede. Selain itu Mou harus mengantisipasi jika ada salah satu bek tengahnya yang mengalami cidera karena di skuat United, mereka hanya memiliki empat pemain belakang yang berposisi asli sebagai bek tengah.

Rashford dan Lingard Yang Bermain Apik

Untuk kedua kalinya dalam satu pekan, Rashford bermain sebagai starter. Ia bahkan langsung mengancam gawang Victor Valdes hanya dalam kurun waktu enam menit. Ia bahkan berani menjemput bola hingga jauh ke tengah selayaknya apa yang dilakukan oleh Zlatan.

Selain itu, pemain yang diorbitkan ke tim utama di era kepelatihan Louis van Gaal ini membuat empat tembakan dengan dua di antaranya menemui target. Sayang kedua tembakan tersebut tidak ada yang menjadi gol karena selalu dimentahkan oleh Victor Valdes. Pemain bernomor punggung 19 ini juga rajin mengacak-acak pertahanan Boro dengan melakukan empat dribel sukses.

Tidak mau kalah dengan juniornya, Jesse Lingard pun bermain cukup baik di laga yang berlangsung di cuaca cerah ini. Pemain berusia 24 tahun ini membuat empat dribel sukses, empat tembakan, dua kali membuat umpan kunci, dua kali melakukan tekel sukses, dan satu gol indah.

Gol nya di pertandingan ini dibuat dengan cara yang baik dengan Lingard yang melakukan solo run sendirian dari lini tengah sebelum melepaskan tendangan yang tidak bisa dijangkau Valdes. Gol ini sekaligus membuahkan gelar Man of the Match versi Premier League untuk pemain yang pernah dipinjamkan ke Derby County ini.

Middlesbrough yang Bermasalah dengan Penyelesaian Akhir

Sebelumnya penulis sempat memberitahu para pembaca Setan Merah bahwa duel United melawan Middlesbrough ini adalah duel antara pemilik jumlah tembakan terbanyak melawan kesebelasan dengan jumlah gol paling sedikit. Dan pada pertandingan ini, tuan rumah membuktikan bahwa mereka memiliki masalah dengan penyelesaian akhir.

Meski mendominasi pertandingan dengan memenangi penguasaan bola namun mereka kalah dalam hal tembakan. Mereka membuat 10 tembakan ke gawang De Gea dengan tiga tembakan  yang mengenai target di mana dua di antaranya adalah peluang yang tidak berbahaya (tendangan lemah Ramirez serta sundulan lemah Negredo). Satu-satunya gol dibuat oleh Rudy Gestede yang memanfaatkan kesalahan dari Chris Smalling. Ini merupakan gol kedua dari mantan pemain Aston Villa ini hanya dari dua shoot on target yang dibuat.

Malangnya Valdes dan Rekor Unik Pencetak Gol United

Perhatian dalam pertandingan ini jelas ditujukan kepada penjaga gawang tuan rumah Victor Valdes. Mantan kiper Barcelona ini bisa dikatakan selalu sial ketika bertemu United. Pada pertemuan pertama saja Desember lalu ia menjadi biang dianulirnya gol cantik dari Ibrahimovic. Sementara di pertandingan ini ia menjadi pesakitan setelah gagal membuang bola hasil backpass dari rekan setimnya. Ia terpeleset saat ingin membuang bola ke depan dan memudahkan Antonio Valencia yang mengejar bola untuk mencetak gol.

Malang bagi Valdes namun untung bagi Valencia. Kapten timnas Ekuador ini berhasil mencetak gol setelah terakhir kali membuatnya pada pertandingan United melawan Swansea pada 2014 silam atau hampir tiga tahun yang lalu. Sementara itu gol dari Jesse Lingard dan Marouane Fellaini menjadi yang pertama dibuatnya dalam musim ini di pertandingan liga. Ashley young juga berhasil memecahkan kebuntuannya dengan membuat assist pertama setelah terakhir kali dibuat setahun silam.

***

Dengan hasil ini United pun bisa terlepas dari ikatan peringkat keenam dan ketujuh yang telah diduduki beberapa minggu terakhir. Setidaknya hingga 1 April mendatang United bisa nyaman duduk di posisi kelima. Bahkan peluang untuk finis di posisi empat besar kembali terbuka karena United masih menyimpan dua pertandingan tunda.

Comments

Loading...