OUR NETWORK

Debat Seru Gary Neville dan Graeme Souness

Sebuah perdebatan menarik hadir di studio Sky Sports saat Gary Neville, sebagai perwakilan Manchester United, beradu argumen dengan Graeme Souness, yang mewakili Liverpool. Kedua legenda besar sepakbola Inggris ini saling mengeluarkan pandangannya terkait Manchester United yang takluk di laga derby kemarin. Saking asyiknya berdebat, mereka melupakan Pablo Zabaleta yang juga hadir sebagai pundit.

***

Souness: United semakin memburuk dan City semakin baik. Liverpool juga semakin kuat berkat Van Dijk dan Allison yang bisa menambah 12 poin hingga akhir tahun ini. Klub lain juga semakin kuat. Jika Anda melihat City hari ini, itulah level mereka saat ini dan sudah lebih baik dibanding tahun lalu.

Neville: Saat Anda menonton City, ada kombinasi umpan, ketika Anda menonton United, mereka mengumpan antar satu dengan yang lain, pemain yang menerima hanya mendongak dan berpikir apakah harus mengumpan atau tidak. Tidak ada ritme dalam umpan-umpan mereka ataupun tempo sehingga tidak ada kombinasi. Kadang-kadang antara Pogba, Martial, dan Shaw di sisi kiri United sudah menemukan perkembangan dalam beberapa minggu terakhir. Hubungan mereka di luar lapangan berdampak dengan perkembangan mereka di dalam lapangan.

Jika Anda melihat pemain yang Jose bawa, dia masih terjebak dengan pemain yang dibawa manajer sebelumnya dan itu menjadi pertanyaan untuk Mourinho. Jawabannya tidak sebatas sebuah kepingan puzzle yang hilang.

Ada setengah kepingan yang harus dicari untuk memenuhi setengah yang sudah terisi. Masalahnya, saat ini Anda tidak tahu siapa saja pemain yang tepat untuk mengisi kepingan yang hilang tersebut. Inilah yang harus dilakukan oleh manajemen, pemilik, dan pemandu bakat untuk duduk bersama dan membangun tim ini menjadi tim pemenang.

Souness: Satu pertanyaan dari saya. Setiap manajer yang masuk ke klub sepakbola diberikan sekelompok pemain. Pertanyaan yang Anda, sebagai penggemar Manchester United harus tanyakan ke diri sendiri, apakah manajer dan staf pelatih sudah membuat para pemain ini mengeluarkan performa yang terbaik. Ya atau tidak?

Neville: Saya tidak tahu.

Souness: Anda tidak tahu? Anda telah menyaksikan pertandingan sepakbola hari ini dan, sebagai pendukung United, apakah hal itu bisa diterima?

Neville: Tidak, menurut saya itu tidak dapat diterima dalam bentuk apapun.

Souness: Saya kembalikan lagi pertanyaannya, apakah Anda merasa bahwa ia mampu mengeluarkan permainan terbaik dari para pemainnya?

Neville: Graeme, saya akan mengajukan pertanyaan. Siapa yang akan dia taruh di lini tengah hari ini dari para pemain yang bisa meningkatkan kualitas mereka?

Souness: Tidak, tidak, tidak. Kami harus masuk ke spesifik. Pertanyaan sederhana: Anda melihat nama yang dimainkan Manchester United. Alexis Sanchez contohnya. Apakah dia bermain seperti di Arsenal? Jawabannya tidak. Apakah Marcus Rashford, Lukaku, Pogba, bermain seperti yang dia bisa. Jawabannya tidak, dia (Mourinho) tidak bisa mengeluarkan yang terbaik dari para pemainnya.

Neville: Tapi Graeme, saya menonton pemain-pemain ini bermain di bawah Louis van Gaal, dan saya melihat Anthony Martial dan Ander Herrera juga tidak bermain baik di bawah Van Gaal.

Souness: Kembali ke pertanyaan saya. Ini terasa seperti membahas soal waktu yang dibutuhkan. Ya atau tidak, apakah mereka (Mourinho dan staf pelatih) sudah bisa mengeluarkan performa terbaik dari para pemainnya?

Neville: Saya akan tetap sama menjawabnya, kalau saya tidak tahu. Saya sudah melihat kelompok pemain ini dari era Van Gaal dan saya tidak suka dengan apa yang dia mainkan. Dia adalah seorang pelatih yang hanya memainkan umpan lebih banyak. Pandangan saya saat ini adalah, United bermain tidak proaktif. Itu yang membuat mereka kesulitan memenangi pertandingan.

Musim lalu, mereka finis terbaik setelah Sir Alex Ferguson. Saya tidak membela Jose Mourinho tetapi jika Anda bertanya pada saya pertanyaan itu, maka bisa saja ada manajer lain yang bisa dan juga tidak. Saya tidak tahu apakah pemain ini sudah tampil baik atau tidak Graeme, saya belum mendapat petunjuk.

Souness: Para pemain ini telah menjadi pemain top di klub lain.

Neville: Mereka?

Souness: Saya berpikir begitu

Neville: Martial bukan pemain top di Monaco

Souness: Saya pikir kebanyakan orang akan mengatakan Alexis Sanchez adalah pemain top. Lukaku juga.

Neville: Lukaku bukan pemain top di Everton.

Souness: Saya pikir dia bermain jauh lebih baik di Everton ketimbang di United.

Neville: Dia hilang di setiap pertandingan besar ketika membela Everton.

Souness: Hanya Martial yang bagus di skuad saat ini.

Neville: Ya, saya setuju.

Souness: Dan juga Rashford bisa lebih baik ketimbang apa yang ia tunjukkan hari ini.

Neville: Graeme, jika Anda bertanya kepada saya apakah Ashley Young sudah mengeluarkan permainan terbaiknya maka saya jawab iya. Apakah ini Chris Smalling yang kita lihat selama beberapa tahun terakhir? Iya. Victor Lindelof juga bermain bagus daripada sebelumya. David De Gea? Tidak. Membingungkan menonton Manchester United sekarang karena setiap pemain bermain berbeda-beda tiap pekannya. Jika Anda menjadi pelatih di sana? Apa yang Anda akan ubah Graeme?

Souness: Saya akan meminta para gelandang memainkan satu-dua sentuhan. Gelandang tidak boleh menjadi striker di tim itu.

Neville: Apakah Anda pikir bisa melakukan satu-dua sentuhan dengan pemain seperti Ander Herrera dan Marouane Fellaini?

Souness: Saya akan menuntut mereka.

Neville: Fellaini tidak bisa bermain seperti itu.

Souness: Ya, saya tidak akan mainkan dia.

Neville: Graeme mengatakan kalau dia telah kehilangan kepercayaan pada Jose Mourinho di Manchester United, bahkan dimanapun dia berada. Tetapi patut diingat kalau dia sudah memenangi 20 gelar selama kariernya, sama seperti Guardiola. Maksud saya adalah, David Moyes kesulitan menangani United, Van Gaal juga tidak bisa, dan sekarang Jose Mourinho, manajer yang dalam 15 tahun terakhir sama suksesnya dengan Pep Guardiola.

Saya tidak akan mengatakan kalau itu semua salah staf pelatih. Ada masalah struktural di klub yang akan membuat siapapun pelatihnya sulit menangani klub ini. Bisakah dia melakukannya lebih baik? Tentu saja dia bisa. Saya belum kehilangan kepercayaan kepadanya. Mourinho menjalani momen yang sulit, tetapi saya belum kehilangan kepercayaan kepadanya.

Souness: Selama Anda berpikir kalau itu bisa diterima, maka dia akan bermain seperti hari ini lagi kedepannya.

Neville: Itu tidak bisa diterima Graeme. Saya adalah penggemar United dan saya ingin sepakbola fantastis mereka kembali.

Souness: Itulah poin saya.

Neville: Tapi saya tetap tidak kehilangan kepercayaan kepada Mourinho. Saya lebih tidak suka saat mereka dipimpin Moyes dan Van Gaal.

Souness: Selama 10 tahun mereka sudah mengarah ke arah yang salah.

Neville: Saya tahu. Tapi apakah itu salah satu orang saja? Salah manajer? Atau salah yang lain?

Souness: Ini kesalahan kolektif. Tidak ada gunanya mengatakan kalau mereka tidak cukup berbelanja dan tidak ada gunanya kalau para pemain ini tidak tampil baik karena sebenarnya mereka bisa.

***

Diskusi ini kemudian berakhir dengan Pablo Zabaleta yang hanya diam saja berada di tengah-tengah mereka berdua.

Comments

Loading...