OUR NETWORK

Gol Tengah Lapangan Rooney ke Gawang West Ham United

Wayne Rooney mungkin merupakan salah satu pemain sepakbola dengan atribut permainan yang cukup lengkap. Meski berposisi sebagai penyerang, namun Wazza bisa menjalani peran lain. Ia bisa bermain sebagai playmaker. Ia juga mampu jika diminta untuk menjaga kedalaman di lini tengah. Soal bertahan, ia juga cakap melakukannya meski tidak pernah bermain sebagai pemain belakang.

Namun sampai kapan pun, nama Rooney akan selalu dikenang berkat gol-gol yang ia ciptakan. Sudah ratusan gol yang berhasil ia ciptakan dengan cara yang bermacam-macam. Tendangan jarak jauh, tap in, sundulan, kaki kiri, kaki kanan, tendangan salto, hingga gol dari garis tengah lapangan (Halfway Line) juga pernah ia cetak ke gawang lawan.

Soal proses gol yang disebut terakhir, Rooney dua kali melakukannya ketika bermain di Premier League. Masing-masing ia berikan kepada Manchester United dan Everton. Yang menarik, dua gol itu tercipta ke gawang tim yang sama, West Ham United.

Yang pertama ia buat pada 22 Maret 2014. United datang ke Boleyn Ground untuk mencari obat penghibur diri setelah kekalahan 0-3 di kandang atas Liverpool pekan sebelumnya. Gol langsung hadir pada menit ke-8. Ashley Young saat itu menyapu bola setelah lini pertahanan United diserang. Rooney saat itu berada di lingkaran tengah dan bersiap melakukan duel dengan James Tomkins.

Dengan sekali body challenge, James goyah. Alih-alih mengontrol bola, Rooney langsung menendang bola tersebut ketika masih memantul. Tendangan tersebut membuat Adrian kebingungan. Sampai-sampai dia terjatuh di tempat yang salah. Bola meluncur dan langsung mengenai jaring atas gawang untuk membuka keunggulan Setan Merah menjadi 1-0.

Yang lebih spesial dari gol ini adalah kehadiran David Beckham di stadion tersebut sebagai penonton. 18 tahun yang lalu, Beckham melakukan hal serupa ketika bermain melawan Wimbledon. Gol tersebut menjadi pembuka dari karier manis Beckham di dunia sepakbola. Melihat gol Rooney, ia hanya bisa menutup mulutnya sebagai ekspresi kekaguman atas apa yang telah ia lihat.

“Gol yang membuat saya begitu gembira. Saya senang bisa mencetak gol yang mirip dengan gol Beckham karena sebenarnya gol Beckham sedikit jauh lebih baik. Saya sempat khawatir karena tendangan saya memantul di atas kiper. Anda hanya bisa berharap yang terbaik dan untungnya gol tercipta,” kata Rooney.

“Hanya naluri. Sesuatu yang sering saya coba di tempat latihan meski tidak selalu berhasil,” v.

Gol tersebut membuat nama Rooney naik ke posisi tiga daftar pencetak gol terbanyak United sepanjang sejarah. Ia berada di bawah Bobby Charlton dan Dennis Law sebelum ia kemudian sukses memecahkan gol tersebut tiga tahun setelahnya. Pada akhir musim, gol ini terpilih menjadi gol terbaik Manchester United musim 2013/2014.

Tiga tahun setelah gol ini, Rooney memutuskan pulang ke Merseyside untuk mengabdi sekali lagi bersama Everton. Ia pulang dengan status legenda United dan sepakbola Inggris berkat serangkaian prestasinya ketika membela Setan Merah dan dedikasinya untuk tim nasional.

Sempat mengejutkan dengan selalu mencetak gol pada dua pertandingan awal Premier League, Rooney kemudian seret gol sebelum kemudian mencetak gol lagi pada pekan kedelapan dan kesembilan. Pada pekan ke-14, Rooney mengejutkan publik Goodison Park dengan hat-trick ke gawang West Ham. Satu gol diantaranya dicetak melalui tendangan dari tengah lapangan.

Ketika itu, Everton sudah unggul 2-0 yang semuanya dicetak oleh Rooney pada babak pertama. Pada menit ke-66, Calvert Lewin berniat mengejar bola daerah yang diberikan oleh Seamus Coleman. Sayangnya, Lewin kalah cepat karena bola keburu disapu oleh Joe Hart yang menendangnya sambil melakukan sliding.

Akan tetapi, bola sapuan Hart  justru mengarah ke Rooney. Sama seperti tiga tahun sebelumnya, Rooney menendang langsung alih-alih mengontrolnya. Gol yang membuat dirinya disambut rekan setimnya. Gol yang memastikan Rooney mencetak hat-trick pertama dan satu-satunya bersama Everton.

“Salah satu gol terbaik yang pernah saya cetak. Gol yang begitu membuat saya senang karena saya akhirnya bisa mencetak hat-trick bersama Everton,” ujarnya.

Meski dikontrak dua musim, namun Rooney hanya bermain di Everton satu musim saja. Pada musim panas 2018, ia memutuskan hengkang ke Amerika Serikat untuk bermain di D.C. United. Sekali lagi, Rooney mencetak gol dari tengah lapangan ketika DC bermain melawan Orlando City.

Comments

Loading...