OUR NETWORK

Kemana Skuat Manchester United Ketika Terakhir Kali Bertemu Chelsea di Piala Liga?

Meski sudah ratusan kali bertemu dan pernah terlibat persaingan memperebutkan gelar domestik dan Eropa, namun baik Manchester United dan Chelsea baru bertemu lima kali pada ajang Piala Liga. Dari lima pertemuan tersebut, masing-masing kesebelasan meraih dua kemenangan dan satu kali imbang pada semifinal Piala Liga musim 2004/2005.

Pertemuan terakhir kedua tim dalam ajang ini terjadi di Stamford Bridge pada 31 Oktober 2012. Aura balas dendam terpancar jelas dari Chelsea yang tiga hari sebelumnya dikalahkan secara kontroversial oleh MU di tempat yang sama pada ajang Premier League. Saat itu, The Blues sukses mengalahkan MU dengan skor 5-4 dalam pertandingan yang berlangsung begitu dramatis.

Lantas, siapa saja pemain MU yang bermain pada saat itu dan bagaimana kariernya sekarang?

Anders Lindegaard

Salah satu penjaga gawang cadangan terbaik yang pernah dimiliki MU ini ternyata masih bermain dengan mengenakan seragam Helsinborg. Anders pindah dari MU pada 2015 ke West Bromwich Albion sebelum kemudian mencicipi beberapa klub seperti Preston North End dan Burnley hingga akhirnya pindah ke Swedia memperkuat Helsinborg.

Rafael Da Silva

Salah satu bek kanan terbaik setelah Gary Neville. Konfliknya dengan Louis van Gaal membuat dirinya terusir dari United. Saat ini, ia masih tercatat sebagai penggawa klub Prancis, Olympique Lyon. Saat ini, ia mulai terpinggirkan dari skuad utama karena kehadiran bek muda, Leo Dubois.

Michael Keane

Salah satu malam yang harus dilupakan Michael Keane. Penampilannya begitu buruk yang membuatnya kemudian tidak lagi mendapat kesempatan main bersama tim utama. Namun setelah pindah dari United kariernya mulai melejit dengan membawa Burnley promosi ke Premier League dan sekarang memperkuat Everton. Ia kemudian mendapat panggilan tim nasional pada 2016 lalu.

Scott Wootton

Berbeda dengan Keane, karier Wootton menukik tajam selepas laga ini. Ia mendapat sorotan negatif karena pelanggarannya pada menit terakhir memaksa laga harus dilanjutkan hingga perpanjangan waktu. Fokus dan konsentrasinya sudah buyar yang membuatnya melakukan kesalahan berikutnya pada proses gol keempat Chelsea. Sekarang, ia bermain untuk Plymouth di League One.

Alexander Buttner

Bek kiri Belanda ini membuat kesalahan konyol saat menjatuhkan Victor Moses pada babak pertama. Selepas hijrah dari United, ia memperkuat beberapa klub seperti Anderlecht, Dynamo Moscow, dan Vitesse Arnhem. Sekarang, ia berstatus tanpa klub dan dikabarkan siap hijrah ke MLS.

Anderson

Pada pertandingan ini, Anderson bermain baik dengan memberikan dua asis. Satu diantaranya berasal dari kecerdikannya mencuri bola dari kaki Oriol Romeu. Pada September lalu, ia baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia sepakbola.

Darren Fletcher

11 tahun bermain untuk United, Fletcher memutuskan untuk pindah ke West Bromwich Albion pada 2015. Stoke City menjadi kesebelasan terakhir yang ia perkuat sebelum memutuskan pensiun selepas musim 2018/19. Dirinya sempat digadang-gadang sebagai calon direktur olahraga Manchester United.

Ryan Giggs

Giggs membuat dua gol dalam laga ini. Setelah memenangkan banyak trofi dan sempat menjadi pelatih klub sementara, Giggs meninggalkan United pada 2014. Sempat menjajal sebagai asisten Louis van Gaal, Giggs kini menjadi pelatih tim nasional Wales dan merekomendasikan Daniel James untuk direkrut United.

Nani

Pemain asal Portugal ini membuat MU unggul 3-2 hingga menit terakhir sebelum bencana yang dilakukan Wootton. Bermain lebih dari 150 pertandingan, Nani kemudian memperkuat beberapa tim seperti Fenerbahce, Valencia, Lazio, dan Sporting CP. Sekarang, ia bermain untuk Orlando City di MLS.

Javier Hernandez

Chelsea jelas tidak menyukai Hernandez. Alasannya sederhana karena The Blues merupakan lawan favorit dari penyerang Meksiko ini. Setelah mencetak lebih dari 50 gol, ia kemudian pindah ke Bayer Leverkusen. Sempat kembali ke Inggris dengan memperkuat West Ham, sekarang Hernandez memperkuat Sevilla.

Danny Welbeck

Sempat digadang-gadang sebagai salah satu pemain masa depan klub, namun Welbeck justru hijrah ke Arsenal pada 2014. Lima tahun bermain di Emirates, Welbeck lebih akrab dengan cedera ketimbang mencetak gol. Sekarang, ia bermain untuk Watford dan beberapa waktu lalu ia kembali cedera setelah 55 detik bermain melawan Tottenham Hotspur.

PEMAIN PENGGANTI:

Nick Powell

Disebut sebagai pemain penuh potensi, Powell hanya tiga kali bermain bersama United. Gagal berkembang di Manchester ia kemudian memperkuat Wigan dan penampilannya kembali membaik. Saat ini, ia bermain untuk Stoke City.

Ryan Tunnicliffe

Nama pemain ini sebenarnya terkenal bukan karena skillnya, melainkan karena ayahnya yang sukses memenangkan taruhan bernilai 10 ribu paun setelah ia yakin kalau anaknya akan membuat debut pada pertandingan itu. Sekarang, dia bermain untuk tim Championship, Luton Town.

Federico Macheda

Setelah menyelamatkan United dari hasil imbang melawan Aston Villa pada 2009, karier Macheda justru tidak bersinar karena serangkaian cedera yang menghinggapi. Sekarang, dia bermain untuk klub Yunani, Panathinaikos.

Comments

Loading...