in

Agustus dalam Sejarah United

Agustus akan segera berakhir, dan bulan ini ditutup dengan cara yang luar biasa oleh Manchester United. Meski kehilangan satu gelar pada Piala Super Eropa awal bulan lalu, mereka berhasil menutup rangkaian bulan kedelapan ini dengan berada pada posisi pertama klasemen sementara liga. Lantas apa saja yang pernah terjadi pada bulan Agustus dalam sejarah United?

2 Agustus 2001 dan 5 Agustus 2011: Dua Sisi Partai Testimonial

Agustus dalam Sejarah United

Pada 2 Agustus 2001, United memberikan partai testimonial kepada Ryan Giggs yang ketika itu genap 10 tahun bermain untuk Iblis Merah. Akan tetapi jika partai testimonial kerap berjalan santai dan penuh hiburan, namun dalam partai testimony Giggs tersebut justru berlangsung dengan tensi tinggi.

Melawan Celtic di Old Trafford, gelandang United, David Beckham, beberapa kali beradu mulut dengan Chris Sutton dan Paul Lambert. Partai ini bahkan membuat Mike Dean yang bertugas sebagai wasit merasa heran karena laga ini hanyalah pertandingan persahabatan. Di akhir laga United kalah 3-4.

10 tahun berselang kesan santai hadir dalam partai perpisahan Paul Scholes yang memutuskan pensiun. United menang 6-0 atas New York Cosmos di mana Eric Cantona menjadi direktur olahraga Cosmos. Pada Januari 2012 Scholes memutuskan untuk kembali dan baru benar-benar pensiun pada musim panas 2013.

6 Agustus 2003: Pertandingan yang Mengubah Nasib Cristiano Ronaldo

Agustus dalam Sejarah United

United diundang oleh Sporting Lisbon untuk menghadiri pembukaan stadion baru mereka, Jose Alvalade. United takluk 1-3 di mana lini pertahanan mereka diacak-acak oleh pemuda bernama Cristiano Ronaldo.

Selepas pertandingan beberapa pemain senior United meminta Fergie merekrut anak muda tersebut yang terealisasi seminggu kemudian dengan transfer 12,24 juta pounds. Empat hari setelah direkrut CR7 memainkan partai debutnya menghadapi Bolton Wanderers.

11 Agustus 2013: Debut David Moyes Bersama United

Dua bulan setelah resmi sebagai suksesor Fergie, David Moyes memainkan partai resmi pertamanya sebagai manajer Manchester United. Menghadapi Wigan Athletic dalam Community Shield, The Choosen One membawa United menang dengan skor 2-0 melalui dua gol Robin van Persie. Ini merupakan satu-satunya gelar tertinggi yang bisa diraih Moyes sepanjang karir melatihnya. Delapan bulan setelahnya, ia dipecat karena terus mendapat hasil buruk.

15 Agustus 2004: Partai Pertama Mourinho di Premier League

The Special One langsung menghadapi Manchester United pada pertandingan pertamanya bersama Chelsea di Premier League. Si Biru unggul 1-0 melalui gol tunggal Eidur Gudjohnsen pada menit ke-14. Pada musim pertamanya Mou langsung membawa Chelsea menjadi juara liga di akhir musim dengan hanya kebobolan 17 gol, satu kali kalah dan mengumpulkan 95 poin.

22 Agustus 2011: Sejarah Paul Scholes

Setahun sebelum melakukan partai testimonialnya, Paul Scholes mencetak gol ke 150 nya bersama United dengan sepakan jarak jauh ketika United ditahan imbang Fulham 2-2. Total The Ginger Prince membuat 155 gol dalam 718 penampilannya bersama Manchester Merah.

24 Agustus 1949: Kembalinya United ke Old Trafford

Delapan tahun pasca dibom oleh tentara Jerman, Old Trafford kembali dibuka setelah renovasi yang memakan waktu cukup lama. Sebanyak 41.478 penonton hadir dalam pertandingan United menghadapi Bolton. Selama Teater Impian direparasi, United sementara waktu bermarkas di Maine Road yang menjadi stadion milik Manchester City.

23 Agustus 2006: Solskjaer Datang dan Gol

Agustus dalam Sejarah United

Ole Gunnar Solskjaer kembali bermain untuk United setelah sembuh dari cedera yang membuat ia absen selama dua tahun. Sama seperti ketika ia debut pada 1996, Ole langsung mencetak gol di menit-menit terakhir ketika United menang 3-0 atas Charlton Athletic. Pada musim panas 2007, Pembunuh Berwajah Bayi ini memutuskan untuk gantung sepatu.

31 Agustus 2004: Remaja Termahal Datang ke Old Trafford

Mengalami hasil buruk pada awal musim 2004/2005 membuat Fergie dan David Gill (Ceo United) berniat mencari striker baru. Agustus dalam sejarah United pun ditutup dengan kedatangan striker Everton, Wayne Rooney. Wazza berhasil direkrut jelang penutupan transfer dengan nilai 25,6 juta Pounds. Bersama United, ia menghasilkan banyak gelar termasuk menjadi top skor klub sepanjang masa menggusur Sir Bobby Charlton. Awal musim ini ia memutuskan kembali ke Everton dan mengakhiri 13 tahun kebersamaannya bersama Setan Merah.

Facebook Comments
Loading...

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola