Foto: Mirror

Pada 24 Oktober lalu, Wayne Rooney berulang tahun ke-37. Saat ini, legenda Setan Merah tersebut sudah menjadi pelatih untuk kesebelasan asal Amerika Serikat, D.C. United. Sebelumnya, ia pernah menangani klub Inggris, Derby County.

Wazza akan selalu dikenang sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki oleh United. Direkrut tahun 2004, ia langsung menjelma menjadi idola baru selama kurang lebih 13 tahun.

Rentetan gelar individu maupun klub berhasil diraih olehnya. Salah satunya adalah ketika ia berhasil mengalahkan rekor gol Sir Bobby Charlton untuk menjadikan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa. 253 gol berhasil ia cetak dari 559 penampilannya sebagai pemain.

Untuk merayakan ulang tahun bapak empat anak ini, berikut kami tampilkan lima gol terbaik Rooney selama bermain untuk United.

Counter Attack Berkelas

Hanya butuh 14 menit untuk United membuka keunggulan melalui Park Ji Sung. Tidak berselang lama, United memperoleh gol kedua pada pertandingan itu. Lemparan ke dalam dari Ivan Campo yang diarahkan ke kotak penalti United berhasil dihalau dengan baik.

Bola kemudian jatuh ke kaki Cristiano Ronaldo yang langsung memainkan kombinasi umpan pendek dengan Rooney. Sambil melakukan dribel, CR7 melakukan sprint sebelum memberikan umpan kepada Rooney yang diselesaikan dengan sangat indah melalui chip mengecoh Jussi Jaskellainen.

Tendangan Voli Penguras Emosi

Sebelum pertandingan, United berada dalam situasi sulit karena belum meraih kemenangan dalam tiga pertandingan liga. Kesulitan setan merah semakin bertambah ketika mereka tertinggal terlebih dulu melalui Darren Ambrose. Di menit ke-57, Wayne Rooney yang menerima tackle keras dari James Milner, melancarkan protes kepada wasit Neale Barry.

Pada saat Rooney masih melakukan protes, United memulai kembali permainan dengan Roy Keane yang melepaskan tendangan bebas langsung kepada Alan Smith. Bola sebenarnya bisa dihalau oleh Peter Ramage, namun bola justru jatuh kearah Rooney yang langsung melepaskan tendangan voli keras yang tidak bisa dijangkau oleh Shay Given. Sisi emosional Rooney berhasil ia keluarkan menjadi sebuah gol yang sangat indah.

Gol ke-100 di Liga

Setelah Nani membuka keunggulan melalui chip yang tidak bisa dijangkau Manuel Almunia, United menambah keunggulan empat menit berselang. Menerima bola dari Park Ji Sung, Rooney yang berada di lini tengah kemudian memberikan umpan kepada Nani yang berada di sektor kanan. Rooney yang masih berada di belakang Nani kemudian melakukan sprint untuk mencari ruang di antara Tomas Vermaelen dan Denilson sebelum melepaskan tendangan kepojok kanan gawang Almunia. Gol ini merupakan gol Rooney yang ke-100 selama berkiprah di Premier League.

Dari Tengah Lapangan

United bertandang ke markas West Ham dalam situasi sulit setelah seminggu sebelumnya mereka harus takluk 0-3 oleh Liverpool di Old Trafford. Namun apa yang terjadi di Upton Park seperti berjalan dengan mudah bagi Setan Merah. Pada menit kedelapan, menerima bola dari Ashley Young, Rooney yang dapat melepaskan diri dari penjagaan James Tomkins langsung melepaskan tendangan dari jarak sekitar 40 meter yang tidak bisa dijangkau Adrian. Proses gol ini ditonton langsung oleh David Beckham yang pernah melakukan hal yang serupa 18 tahun silam.

Tiga tahun berselang, Rooney melakukannya lagi ke klub yang sama. Akan tetapi, ia melakukannya saat sudah hijrah ke Everton.

Salto Pada Laga Derby

Tidak bisa dibatah kalau inilah gol terbaik yang pernah dibuat Wazza selama berseragam setan merah. Umpan kombinasi Berbatov-Giggs-Rooney- dan Scholes berakhir ketika bola diterima oleh Nani di sayap kanan setan merah. Umpan Nani yang berbelok karena terkena punggung Pablo Zabaleta kemudian mengarah ke Wazza yang tanpa kontrol langsung melepaskan Bicycle kick yang sukses membuat Joe Hart tidak bergerak.