OUR NETWORK

United Incar Mantan Direktur Olahraga Liverpool

Kabar mengejutkan datang dari Manchester United. Kabarnya mereka tertarik dengan mantan direktur olahraga Liverpool Michael Edwards. Ia ingin diproyeksikan untuk mendukung tim Erik ten Hag dan John Murtough di Old Trafford. Walaupun banyak yang mengatakan kalau langkah itu sangatlah “tidak mungkin”.

Menurut Sami Mokbel dan Adrian Kajumba dari Mail Sport, United adalah salah satu klub yang tertarik dengan Edwards. Hal itu diperkuat dengan keinginan mereka untuk mencari pemain bagus di bursa transfer guna memperkuat tim Setan Merah musim depan.

Seperti yang diketahui saat ini United sedang berada di tengah-tengah pembenahan tim mereka. Pekerjaan ini dipimpin langsung oleh direktur sepakbola John Murtough. Dan Edwards disebut-sebut sebagai seseorang yang bisa membantu Murtough dalam merombak tim selama bursa transfer.

Namun sayangnya, kabarnya masih belum jelas apakah Edwards akan terbuka untuk bergabung dengan United atau tidak. Mengingat pekerjaan yang ia miliki sebelumnya adalah menjadi direktur olahraga di Liverpool. Dan semua orang tahu kalau klub yang bermarkas di Anfield ini adalah rival abadi United.

Masih dikutip dari Mail Sport, mereka menambahkan bahwa sementara ini penambahan orang di departemen rekrutmen pemain United tidak akan terjadi. Dan kabarnya selain Michael Edwards, direktur olahraga Brentford, Lee Dykes, dan Kieron Scott juga menjadi nama yang ingin dipekerjakan di Old Trafford.

Di sisi lain, prospek ketertarikan Manchester United pada Edwards tidak diragukan lagi merupakan perkembangan yang menggembirakan. Terlepas dari apakah ia akhirnya bergabung atau tidak, munculnya pembicaraan soal hal ini adalah tanda keseriusan. Karena sosok seperti Edwards akan membantu hierarki sepakbola di Manchester United menjadi lebih baik lagi.

Di sisi lain, akhir-akhir ini scout senior Jim Lawlor dan Marcel Bout bersama dengan direktur negosiasi Matt Judge, semuanya telah meninggalkan peran mereka di United. Dan dilansir Paul Hirst dari Times Sport, departemen scout pemain selanjutnya akan dipimpin oleh Steve Brown.

Brown memiliki tugas untuk melapor kepada direktur sepakbola John Murtough dan membuat keputusan berdasarkan informasi mengenai target transfer pemain. Ia juga akan berkonsultasi dengan departemen rekrutmen pemain dan manajer tim utama.

Sementara itu, James Ducker dari Telegraph Sport lebih lanjut menambahkan bahwa Brown tidak akan memberikan pendapat tentang pemain. Akan tetapi ia berusaha untuk memastikan ada proses yang kuat untuk negosiasi. Ia hanya ditugaskan untuk memberi tahu kalau target telah diawasi dan memberikan hasil pengawasan ke departemen perekrutan pemain.

Menurut Rob Dawson dari ESPN, Steve Brown juga akan memiliki hak veto pada target pemain yang dianggap prospektif bersama dengan John Murtough dan Erik ten Hag. Dengan begitu informasi dari “lapangan” dan “birokrasi klub” terus tersambung.

Selain itu, Manchester United juga telah menunjuk Andy O’Boyle sebagai wakil direktur sepakbola. Ia dikatakan telah menghabiskan lima tahun terakhir sebagai Head of Elite Performance untuk Premier League. Ia nantinya bertanggung jawab untuk memberi nasihat kepada klub tentang berbagai topik.

Seperti misalnya identifikasi dan rekrutmen bakat pemain. Analisis kinerja, ilmu olahraga dan kedokteran, psikologi dan manajemen pemain. James Ducker dari Telegraph Sport juga menyebutkan bahwa penunjukan Andy akan meringankan tugas berat Murtough.

Dengan begitu birokrasi klub tidak lagi terasa menyulitkan. Hal ini memungkinkan Murtough mempersempit fokusnya pada tim utama dan masalah perekrutan saja. Akan menarik untuk melihat bagaimana proses ini berlangsung. Jika berhasil, maka hierarki sepakbola di United akan jauh lebih baik keadaannya ketimbang di masa Ed Woodward.

Dari sisi inilah, wartawan ESPN yaitu Mark Ogden mengabarkan bahwa kepindahan Michael Edwards ke Old Trafford tidak akan mungkin terjadi. Karena posisi John Murtough sendiri sudah cukup. Ia akan memimpin semua operasi sepakbola di klub.

Namun, jika Manchester United masih membutuhkan pekerjaan yang potensial, mereka kemungkinan akan tetap mengejar Edwards. Dan mereka harus siap menghadapi persaingan dari beberapa klub besar Premier League untuk mengejar tanda tangan Edwards.

Comments

Loading...