Foto: United Plug (Twitter)

Mantan bek Manchester United Jaap Stam yakin kalau manajer Erik ten Hag tidak akan mampu memenangkan Premier League jika tidak melakukan dua hal. Yakni perlunya merekrut seorang striker dan pemain sayap baru untuk musim depan. 

Sementara itu United sendiri telah mengincar Harry Kane sebagai target stiker utama di musim panas nanti. Lalu ada juga opsi potensial lainnya yakni bintang Napoli Victor Osimhen, striker Frankfurt Randal Kolo Muani dan penyerang Benfica Goncalo Ramos.

Kabar terbaru mengisyaratkan bahwa United tidak jadi mengontrak pemain pinjaman Januari Wout Weghorst secara permanen. Selain itu mereka pun secara terbuka membiarkan Anthony Martial pergi di akhir musim. Dengan begitu satu-satunya rekrutan penyerang Ten Hag yang bertahan hanyalah Antony. 

Pemain sayap itu tiba dengan harga 85 juta paun di tenggat bursa transfer tahun lalu, dan ia telah mencetak delapan gol serta tiga asis dalam 42 pertandingan. Sejauh ini ia bermain sebagai pemain sayap dan bersaing untuk mendapat tempat utama bersama Marcus Rashford, Jadon Sancho, Alejandro Garnacho, Facundo Pellistri dan Anthony Elanga. 

Namun, hal ini belumlah cukup. Menurut Jaap Stam, United perlu memiliki lebih banyak pemain berkualitas jika ingin serius mendapat gelar Premier League musim depan. Karena ujung tombak Setan Merah dinilai tumpul, dan bahkan 29 gol Rashford memikul sebagian besar jumlah gol mereka di musim ini.

“Agar memiliki kesempatan untuk memenangkan Premier League, saya menilai mereka (United) harus merekrut pemain nomor sembilan. Bahkan saya pikir dia (Ten Hag) juga perlu membawa pemain sayap tambahan lagi. Dua hal ini sangat diperlukan,” ujar Stam dikutip dari MEN Sports.

“Karena menurut hemat saya, Anda perlu memiliki lebih banyak pemain dari sisi yang bisa menghasilkan gol. Dan pemain yang bisa memberi asis terbaik untuk striker. Bahkan saya berharap pemain itu juga bisa mencetak lebih banyak gol sendiri.”

Selain itu, Stam mengatakan kalau mencapai finis empat besar akan memastikan Ten Hag terus didukung oleh pemiliknya, siapa pun itu. Sejauh ini Manchester United difavoritkan untuk mendapatkan tempat di Liga Champions dengan tiga pertandingan tersisa. 

Di satu sisi mereka pun masih berpeluang meraih gelar ganda. Setelah memenangkan Piala Carabao pada bulan Februari lalu, mereka sekarang berada di putaran final Piala FA melawan Manchester City. Maka jika berhasil menang, mereka akan mengakhiri musim dengan status double winner

Ditambah lagi, pengangkatan trofi ini (di samping finis empat besar) sejatinya bakal memperkuat posisi Ten Hag dan klub di jendela transfer. Pastinya bakal banyak pemain potensial yang senang jika bergabung dengan tim yang mampu meraih gelar juara.

“Saya pikir akan sangat baik bagi Erik untuk memenangkan Piala FA, karena itu akan membantu Anda sebagai seorang manajer. Orang-orang melihat, dan juga percaya, bahwa ada perubahan sejak dia berada di sana dan melatih Manchester United,” pungkas Jaap Stam.

“Tapi saya pikir sudah ada pembicaraan sebelumnya, dan saya juga sudah mengatakannya sebelumnya, bahwa ada harapan untuk masuk ke Liga Champions juga. Ini merupakan poin yang sangat penting. Jadi saya pikir hal itu menguntungkan United musim depan. Baik bagi status klub dan juga secara finansial.”

“Merupakan hal yang sangat besar baginya (Ten Hag) untuk mencapai tempat di Liga Champions dan mengakhiri musim di empat besar. Jika dia melakukan itu, bersama dengan memenangkan Piala FA, maka dia berhasil menghasilkan musim yang produktif. Dia mungkin juga merasa bahwa pemilik akan mendukungnya, untuk menciptakan langkah berikutnya.”