OUR NETWORK

Pramusim, Cara Pemain Muda Promosi ke Tim Utama

Latihan pramusim bisa menjadi fondasi fisik dan mental pemain demi mengarungi musim yang panjang. Meski demikian, tim pelatih umumnya lebih rileks dengan menempatkan sejumlah pemain akademi untuk berlatih bersama tim utama.

Untuk itu, para pemain akademi ini diharapkan bekerja lebih keras untuk menunjukkan kemampuannya pada pramusim. Hal ini yang juga diminta oleh Nemanja Matic kepada para pemain muda Manchester United.

Musim ini jadi kesempatan bagus buat para pemain muda. Soalnya pra-musim digelar ketika para pemain utama membela negaranya di timnas, dalam hal ini Euro 2020 dan Copa America 2021. Karena itu, pemain utama yang tak main buat timnas, harus “ditemani” pemain muda agar sesi latihan tak terganggu.

Tahith Chong, Ethan Galbraith, James Garner, Joe Hugill, Dylan Levitt, Facundo Pellistri, Anthony Elanga, Shola Shoretire, dan Tenden Mengi, terlibat dalam latihan tim utama. Matic mengatakan bahwa mereka tak boleh mengabaikan kesempatan ini. Matic juga bilang kalau karier seorang pemain bisa menanjak hanya dari satu pertandingan bagus di sesi latihan atau di pertandingan uji coba.

“Aku melihat banyak hal di sepakbola. Suatu hari, Anda tak melihat pemain ini, tapi keesokan harinya dia main di pertandingan uji coba dengan luar biasa, dan kemudian manajer mulai memikirkannya, dan segalanya berubah hanya dari satu hari,” kata Matic.

Meski demikian, Matic menekankan kalau untuk memainkan satu pertandingan bagus harus melalui proses panjang. Sulit membayangkan pemain yang malas-malasan main bagus dalam satu pertandingan.

“Mereka harus menggunakan hari-hari itu untuk berlatih dengan baik karena pertandingan bagus tidak datang begitu saja. Anda harus bekerja untuk itu dan Anda terkadang mesti memerlukan keberuntungan. Mereka (para pemain muda MU) punya kesempatan bagus itu sekarang,” kata Matic.

Matic menilai kalau United punya pemain muda yang bertalenta. Beberapa dari mereka pernah diturunkan bersama tim utama, sementara yang lainnya dipinjamkan.

“Selalu menyenangkan bisa melihat mereka meningkat karena aku ingat ketika aku direkrut empat tahun lalu, mereka masih anak-anak. Kini mereka adalah orang-orang yang serius!”

“Mereka telah tumbuh, jadi sungguh hebat bisa melihat mereka di sini. Mereka harus menggunakan massa ini ketika mereka bermain bersama tim utama, untuk mencari kesempatan. Mereka harus tahu bahwa begitu banyak orang di dunia ini yang ingin ada di posisi mereka, untuk punya kesempatan setidaknya sekali bersama para pemain Manchester United,” kata Matic.

“Jadi, aku bahagia bahwa mereka amat termotivasi, mereka bermain dengan baik, dan ya, aku sangat menikmatinya.”

Matic juga senang bahwa United mendapatkan waktu yang cukup untuk bersiap demi menjalani musim 2021/2022. Soalnya musim lalu, pramusim hanya sebentar karena pengaruh pandemi virus corona.

“Selalu penting setelah musim yang sulit untuk beristirahat dengan baik, lalu punya satu bulan untuk berlatih dengan baik, untuk menyiapkan tubuhmu buat musim yang panjang yang menanti kami. Jadi sangat penting untuk berlatih dengan bagus.”

“Aku tahu bahwa para pemain yang tampil di Euro, mereka akan punya lebih sedikit waktu untuk beristirahat dan bersiap untuk musim ini, tapi semua orang harus beradaptasi, tentu saja,” tutup Matic.

Sumber: Manutd.com

Comments

Loading...