Foto: Tyrell Malacia (Twitter)

Mungkin suporter Manchester United masih banyak yang bertanya mengapa klub kesayangan mereka memboyong Tyrell Malacia ke Old Trafford? Dan rasanya hal itu wajar karena sebagian besar dari suporter Setan Merah memang kurang familiar dengan namanya.

Namun kendati begitu, direktur olahraga United John Murtough telah membantu kita semua untuk –setidaknya– yakin kalau Malacia bukanlah pemain sembarangan. Murtough bahkan menggambarkan Malacia sebagai “pesepakbola muda yang menarik dan dinamis”.

Tyrell Malacia sendiri sudah berada di Carrington pada hari Senin (4/7) lalu bersama dengan agennya Ali Dursun untuk menyelesaikan tes medis. Setelah itu ia langsung menandatangani dokumen yang diperlukan untuk kepindahannya ke Old Trafford.

Pemain muda berusia 22 tahun tersebut tidaklah asing di mata manajer baru Erik ten Hag. Justru mereka telah saling tahu dan bertemu ketika tim Ajax melawan Feyenoord di Eredivisie. Jadi rasanya hubungan mereka sudah tidak perlu dipertanyakan lagi meskipun sebelumnya cuma berstatus sebagai “lawan”.

Bahkan sebelum kesepakatan diumumkan, Malacia menjelaskan bahwa ia sudah melakukan pembicaraan dengan Ten Hag di tengah proses kepindahannya ke Inggris. Hampir saja Lyon berhasil merekrutnya, tapi kemudian Ten Hag masuk dan menyalip proses kesepakatan yang terjadi.

Berbicara setelah pengumuman resmi, John Murtough lalu mengatakan beberapa hal tentang Tyrell Malacia. Ia menilai bahwa pemain muda satu ini memiliki keunikan, terutama pada pengalamannya yang luar biasa di ranah profesional. Padahal usianya masih begitu muda.

“Tyrell adalah pesepakbola muda yang dinamis dan menarik dengan pengalaman luar biasa untuk usianya yang masih tergolong muda. Dia sudah bermain sebanyak lima musim di Eredivisie, lalu merasakan final Eropa, dan masuk timnas Belanda,” ungkap Murtough dikutip dari MEN Sports.

“Kami menantikan kualitasnya untuk membantu tim ini (Manchester United). Kami akan melihat dia berkembang di bawah bimbingan Erik ten Hag dan tim pelatihnya di tahun-tahun mendatang. Semua orang di Manchester United sudah menyambut Tyrell (Malacia).”

Tyrell Malacia menjadi rekrutan pertama United di bawah Erik ten Hag. Dan uniknya, klub tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak untuk merekrutnya. Karena Malacia dibeli dengan harga senilai 14,7 juta paun dan menandatangani kontrak empat tahun di Old Trafford –dengan opsi satu tahun tambahan.

Di sisi lain, mantan pemain Feyenoord itu mengungkapkan bahwa ternyata ia sempat berbicara dengan Robin van Persie dan Tahith Chong lebih dulu. Tepat sebelum ia menyelesaikan kepindahannya ke Manchester United. Ia juga mengatakan kalau ia berkonsultasi tentang pengalaman Van Persie di Manchester.

“Saya selalu mengikuti Manchester United karena Robin van Persie. Dia merupakan mantan pemain Feyenoord, dan dia pernah bermain di sana (United). Itu sebabnya saya mendapat perasaan ekstra. Di tim muda Feyenoord, kami pernah memainkan turnamen di United dan saya berkata, ‘saya akan kembali ke sini suatu hari nanti’,” ujar Malacia kepada De Telegraaf.

“Perkataan itu sekarang menjadi kenyataan dan tentu saja itu rasanya luar biasa. Saya baru saja sampai ke level ini, jadi saya belum menunjukkan semuanya. Akan tetapi saya ingin mencapai level tertinggi dan akan terus mengejarnya. Saya pikir saya bisa melakukannya.”

“Mr. Ten Hag adalah pelatih yang sangat baik dan hangat. Jadi saya sempat melakukan percakapan dengannya dan saya memiliki perasaan positif. Itu penting, karena jika semuanya berjalan dengan baik, kami akan bekerja sama dengan baik selama bertahun-tahun. Saya sudah menantikan itu!”