Foto: Fabrizio Romano

Bek kiri Manchester United Luke Shaw baru saja menandatangani kontrak berdurasi empat tahun. Hal ini akan membuatnya tetap berada di klub hingga setidaknya musim panas 2027. Dengan kontrak baru ini, Shaw sangat percaya diri untuk membuat sesuatu yang spesial bersama United.

“Sembilan tahun yang lalu, saya menandatangani kontrak dengan klub yang luar biasa ini, dan saya senang bisa memperpanjang masa bakti saya. Saya telah berkembang pesat sejak datang ke Manchester bertahun-tahun yang lalu. Baik sebagai pribadi maupun sebagai pemain. Saya tahu apa yang dibutuhkan untuk sukses di klub seperti ini,” ungkap Shaw dikutip dari Sky Sports.

“Ini adalah kesempayan untuk ciptakan yang spesial. Kami berada di awal perjalanan kami di bawah manajer dan staf pelatihnya. Kami sudah sukses musim ini, tapi kami ingin lebih. Ada peluang besar untuk menciptakan sesuatu yang istimewa di sini, dan saya akan memberikan segalanya untuk menjadi bagian dari itu.”

Kontrak Shaw sendiri sebelumnya akan berakhir pada akhir musim depan setelah klub mengaktifkan opsi perpanjangan 12 bulan dalam kontraknya di bulan Desember 2022. Namun pada akhirnya pemain asal Inggris itu kini diperpanjang masa tinggalnya di Old Trafford hingga 30 Juni 2027.

Sejauh ini, Shaw telah menjadi pemain kunci skuat Erik ten Hag. Ia dianggap unggul sebagai bek kiri dan bek tengah di bawah pelatih asal Belanda itu. Meskipun sebelumnya, Shaw sempat tidak dimainkan selama lima pertandingan di Premier League musim ini. Tepatnya setelah Setan Merah memulai musim dengan dua kekalahan dari Brighton dan Brentford. 

Tapi, pemain berusia 27 tahun itu telah kembali menunjukkan tajinya. Ia sudah bukan lagi pemain yang ditinggalkan di bangku cadangan. Justru ia selalu memulai setiap pertandingan Manchester United sejak kemenangan 2-1 atas Everton di bulan Oktober lalu.

Di satu sisi, Luke Shaw bergabung dengan United dari Southampton pada musim panas 2014 sebagai remaja dengan harga lebih dari 30 juta paun. Secara total ia telah membuat 249 penampilan dalam sembilan tahun di United. Ia berhasil memenangkan tiga trofi utama, yakni dua Piala Liga dan Europa League.

Selain kancah klub, tidak ketinggalan Luke Shaw juga merupakan anggota dari skuat kunci tim nasional Inggris. Tercatat ia telah mengoleksi 29 caps internasional dalam kariernya. Tentu saja, catatan ini menuai pujian, terkhususya dari direktur sepakbola Manchester United John Murtough.

Menurutnya, Shaw adalah pemain penting bagi klub yang sudah berkembang sangat baik sejak tiba pertama kali di klub. Di mata Murtough, Shaw juga merupakan pemain yang memiliki komitmen tinggi dan penuh semangat juang untuk meraih kesuksesan bersama United.

“Luke adalah pemain yang sangat penting bagi skuat United, dan dia telah berkembang menjadi salah satu bek terbaik di dunia. Dia telah berada di klub selama hampir satu dekade, dan dia memahami ekspektasi untuk sukses,” ujar Murtough.

“Kerja kerasnya, komitmennya, dan standar tingginya, ini semua adalah kunci semangat Luke Shaw. Dia telah menambahkan kepemimpinan pada kemampuannya yang luar biasa. Maka kami semua berharap masih dapat melihatnya di tahun-tahun mendatang dengan jersey Manchester United.”

Namun selain Luke Shaw, satu pemain senior Manchester United yang lain yakni David de Gea juga diharapkan memperpanjang masa baktinya di klub. Itu karena, sisa kontraknya di Manchester United akan berakhir sebentar lagi.

Ya, durasi kontrak De Gea habis di musim panas ini. Itu karena nasibnya sedikit berbeda dari Shaw, sebab United ternyata tidak mengaktifkan opsi perpanjangan pada kontraknya. Namun kabarnya, sampai sekarang klub masih terus melakukan pembicaraan dengan kiper asal Spanyol itu.