Foto: Twitter

Legenda Manchester United Gary Neville telah meluncurkan kritikan tajam pada proses pengambilalihan klub di tengah perkembangan terbaru. Padahal kita semua tahu, keluarga Glazer untuk pertama kalinya sudah mau menjual United pada November lalu.

Tapi sampai lima bulan kemudian, masih belum terjadi proses penjualan klub ke pemilik lain. Sejauh ini perusahaan INEOS milik Sir Jim Ratcliffe dan Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim telah mengajukan dua tawaran untuk membeli United.

Penawaran tersebut diawasi oleh bank Amerika Raine Group, atas nama keluarga Glazer. Sekarang terdapat laporan dari Mail Online bahwa ada penawar lain yang terpantau ingin masuk. Ini terjadi meskipun putaran ketiga penawaran saat ini sedang berlangsung. 

Jelas hal itu menuai kritik keras dari Neville, yang langsung menuliskan sesuatu di media sosial untuk mengecam proses tersebut. Harga Manchester United yang diminta Glazers dikabarkan masih mencapai 6 miliar paun. Dan tawaran tertinggi hingga saat ini diyakini sekitar 5 miliar paun.

Namun sekali lagi, dengan adanya prospek serangkaian tawaran lain, itu berarti revolusi pemilik klub tidak mungkin terjadi cepat. Itu karena sekarang sudah mendekati akhir musim dan awal jendela transfer musim panas. Padahal semua sudah berharap kalau Glazers bakal hengkang dari Old Trafford.

“Mereka (Glazers) mengada-ada sambil berjalan! Cara yang buruk untuk menjalankan proses penjualan. Mereka harus keluar pada akhir Mei untuk memberi pemilik baru kesempatan bertarung dalam mempengaruhi transfer berikutnya. Waktu terus bergerak!” Tegas Neville dikutip dari MEN Sports.

“Sekarang penawaran masuk ke putaran ke-3. Pasar jelas tidak memberi mereka (Glazers) jawaban yang mereka inginkan! Sepertinya mereka telah membuat perjanjian satu sama lain. Seperti misalnya mereka tidak akan mendapatkan kurang dari 1 miliar paun untuk setiap anggota keluarga (5 orang). Jika mereka tetap tinggal setelah semua ini, mereka akan menjadi racun!”

Pada intinya Glazers saat ini masih bisa tetap berpeluang memegang kendali sekalipun ada yang tertarik mengakuisisi sebagian saham di United. Itu berarti kalau mereka tidak pergi sepenuhnya, maka mereka tetap jadi sumber dana untuk membangun kembali Old Trafford dan tempat latihan klub Carrington.

Terlepas dari hal itu, diyakini sekarang ada tujuh pihak yang berkepentingan. Mayoritas dari mereka ingin membeli saham minoritas di klub tersebut. Cuma dua penawar terkemuka yang ingin membeli Manchester United dari Glazers. Merekalah Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe.

Namun sekali lagi, Glazers menginginkan setidaknya 6 miliar paun untuk menjual United. Sheikh Jassim diyakini “bersedia membayar lebih” untuk klub berjuluk Setan Merah tersebut dengan angka yang mendekati penilaian Glazers. 

Sebelumnya dipahami bahwa Sheikh Jassim bertekad untuk tidak membayar terlalu mahal. Namun sikap itu berbalik dan ia sedikit melunak setelah kunjungan delegasinya ke Old Trafford pada bulan Maret kemarin. Ini merupakan lampu hijau bagi United.

Dimana perwakilan Sheikh Jassim meminta perpanjangan pada putaran penawaran sebelumnya dan mengajukan tawaran yang bisa dikatakan sangat kompetitif. Tapi sayang beribu sayang, tawaran ini belum dipertimbangkan secara rasional oleh Glazers.

Sedangkan pesaing Sheikh Jassim yakni Sir Jim Ratcliffe mengirim juga delegasi INEOS untuk mengunjungi Old Trafford dan Carrington. Sebelum kemudian ia mengajukan tawaran keduanya untuk United. Lalu sisanya ada Elliott Management dan Hedge fund AS yang menginginkan kepemilikan saham minoritas klub.