Foto: Man United News

Mantan gelandang Manchester United Owen Hargreaves buka suara tentang bagaimana Sir Alex Ferguson meyakinkannya untuk pindah ke Old Trafford. Walaupun sayang, kepindahannya ini disebut sebagai perekrutan yang paling mengecewakan oleh manajer legendaris tersebut.

Semua orang pasti setuju kalau Ferguson tidak selalu mendapatkan segala yang ia inginkan selama kariernya yang panjang di United. Sekalipun setelah memenangkan 13 gelar Premier League, ia pasti pernah mengalami kesalahan –terlepas dari hal-hal benar yang ia lakukan.

Uniknya dalam kesalahan yang pernah Ferguson lakukan, terkadang masih ada benarnya. Misalnya saja ketika manajer asal Skotlandia itu dianggap salah membiarkan Paul Pogba meninggalkan klub pada 2012. Tapi 10 tahun kemudian, ternyata keputusannya itu terbukti benar.

Berbeda dari situasi Pogba, Fergie justru awalnya tidak mungkin berpikir kalau ia salah saat mengontrak Owen Hargreaves. Namun ternyata mantan bos Aberdeen itu mengakui bahwa Hargreaves adalah perekrutan yang paling mengecewakan yang pernah ia dapatkan.

Hargreaves dianggap tidak memenuhi potensinya selama bermain di Old Trafford. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, dan yang paling besar adalah serangkaian cedera yang dialami si pemain. Meskipun di sisi yang lain, Hargreaves masih membantu Setan Merah memenangkan Premier League dan Liga Champions pada 2008.

Sekarang, Owen Hargreaves telah bersusia 41 tahun. Dan sekali lagi, ia buka-bukaan tentang apa yang dikatakan Fergie kepadanya sebelum menandatangani kontrak. Ia mengungkapkan kalau Fergie menjanjikan kesuksesan padanya di Eropa dan membujuknya untuk meninggalkan Bayern Munich.

“Saya ingat ketika saya tiba, dia (Ferguson) berkata kalau para suporter United memiliki penghargaan yang tinggi untuk pemain timnya. Itu digambarkan seperti, ‘jika Anda memberi mereka yang terbaik, maka mereka akan menghargai itu,’” ujar Hargreaves kepada podcast UTD.

“Sebelum saya datang, kami banyak berbicara dan dia (Ferguson) adalah salah satu kekuatan pendorong dan alasan mengapa saya ingin datang. Ya siapa yang tidak ingin bermain di bawah Sir Alex? Dia memiliki otoritas alami yang dihormati semua orang, termasuk skuatnya yang dibayar dengan baik.”

“Tapi, dialah (Ferguson) yang mengendalikan pertunjukan. Salah satu hal yang dia katakan kepada saya dan saya tidak akan pernah melupakannya adalah; ‘Owen, kami merekrut Anda untuk membantu kami memenangkan Liga Champions’,” tambahnya.

“’Anda bisa menjadi bagian dari itu (pemenang Liga Champions)’. Itulah salah satu alasan besar mengapa saya ingin datang. Saya ingin menjadi bagian dari tim ini, dan menjadi orang yang berkontribusi untuk suporter. Pada akhirnya kami memang memenangkan dua gelar, dan saya masuk sebagai salah satunya.”

Owen Hargreaves total hanya bermain 39 pertandingan untuk United sejak bergabung dengan harga 17 juta paun dari Bayern Munich pada 2007. Ia pun kemudian pergi secara gratis pada 2011. Namun dari total pertandingan tersebut, 34 di antaranya datang di musim pertamanya. Dan tim yang ia perkuat mengakhiri musim dengan memenangkan Premier League serta Liga Champions.

Tentu saja, anggapan “perekrutan paling mengecewakan” yang disematkan Sir Alex Ferguson pada Hargreaves adalah karena si pemain membuat kurang dari 40 penampilan. Pada akhirnya, pemain satu ini menjadi sosok “pemain gagal” yang selalu mengingatkan suporter United pada William Prunier.

Prunier sendiri merupakan bek asal Prancis yang dianggap sebagai perekrutan terburuk dalam sejarah Fergie di Old Trafford. Karena ia dibawa ke Old Trafford hanya untuk menutup krisis cedera yang dialami United. Kepergiannya pun dianggap agak tiba-tiba. Karena itulah ia juga terpilih sebagai pemain terburuk keenam yang pernah ada di klub.