OUR NETWORK

Erik ten Hag Bawa Steve McClaren ke Old Trafford

Nama Steve McClaren diperkirakan telah dikonfirmasi akan menjadi salah satu anggota staf pelatih Erik ten Hag di Manchester United. Kabarnya diskusi antara kedua pihak (Ten Hag dan McClaren) telah berlangsung dalam beberapa minggu terakhir.

Steve McClaren sendiri adalah mantan asisten Sir Alex Ferguson yang bekerja untuk Manchester United antara 1999 dan 2001. Pria berusia 61 tahun itu ternyata juga pernah mempekerjakan Ten Hag sebagai asisten pelatihnya saat ia menangani Twente untuk musim 2008/2009.

Ketika itu Twente berhasil menyelesaikan musim dengan sangat baik dan bahkan menduduki posisi kedua di Eredivisie berkat asuhan McClaren. Sebelum akhirnya ia membimbing klub asal Belanda itu meraih gelar Eredivisie pertama mereka di musim berikutnya.

Foto: Erik ten Hag & Steve McClaren (Twitter)

Itu berarti musim depan akan ada reuni antara Steve McClaren dengan Erik ten Hag dan Manchester United. Ini merupakan sebuah reuni yang diharapkan akan mendongkrak kondisi menyakitkan Setan Merah di musim ini. Karena dengan adanya hubungan kuat di sekitar tim, kinerja baik biasanya akan tercipta dengan mudah.

Apalagi ditambah McClaren sendiri pernah memenangkan Piala Liga bersama Middlesbrough pada tahun 2004. Ia menuai catatan yang tidaklah buruk selama lima tahun menjabat di Riverside Stadium. Di sana pula ia sempat menggabungkan perannya sebagai pelatih dengan jabatan asisten pelatih di timnas Inggris asuhan Sven-Göran Eriksson.

Pria kelahiran Fullford tersebut bahkan turut mengelola tim nasional Inggris selama 18 pertandingan dari Agustus 2006 hingga November 2007. Selain itu, ia juga pernah menjadi pelatih Wolfsburg, Nottingham Forest, Derby (dua kali) dan Newcastle.

Manchester United memang sangat butuh orang-orang yang memiliki pengalaman serta kemampuan yang pas untuk timnya. Hal ini mungkin merupakan salah satu pertimbangan besar Erik ten Hag di balik pengangkatan Steve McClaren.

Di samping itu juga, Ten Hag telah mencapai kesepakatan dengan Mitchell van der Gaag, asistennya di Ajax Amsterdam, untuk bergabung dengan United. Maka bisa dibilang, hubungan kinerja antar “para sosok di balik layar” tim utama pasukan The Red Devils sangatlah kuat.

Meskipun, satu sosok lagi yang diharapkan yakni Fred Rutten telah menolak tawaran Erik ten Hag untuk menjadi salah satu asistennya di Old Trafford. Rutten sendiri merupakan pelatih yang pernah menangani sejumlah klub selama sekitar 20 tahun terakhir. Termasuk Twente, Schalke, PSV Eindhoven, Vitesse dan Feyenoord.

Sayangnya, Rutten lebih suka tinggal di negara asalnya Belanda dengan alasan agar selalu dekat dengan keluarganya. Sekarang, ia kembali menjabat di salah satu mantan klubnya yaitu PSV. Di mana ia diplot sebagai asisten Ruud Van Nistelrooy, yang kabarnya akan resmi menjadi manajer baru klub di musim depan.

“Erik ten Hag telah meminta saya untuk menjadi asistennya di Manchester United. Tapi saya bilang tidak. Setiap orang membuat pilihannya sendiri dalam hidupnya. Saya punya keluarga, dan saya punya cucu yang ingin terus saya lihat setiap saat. Pergi bersama Ten Hag ke Inggirs membuat saya merasa tidak nyaman,” ungkap Fred Rutten kepada TV Belanda.

“Di Manchester United Anda seperti naik kereta, dan di sana Anda tidak bisa turun. Saya ingin merasa nyaman dalam pilihan saya. Itulah yang terjadi mengapa saya bergabung dengan PSV. Sangat menyenangkan ketika Anda memiliki cucu, dan Anda akan ingin lihat sesekali Anda bisa bermain bola dengannya.”

Comments

Loading...