OUR NETWORK

Skuat Resmi Manchester United dan Bayern Munich pada Treble Reunion 1999

Pada pertengahan Maret lalu, Manchester United sudah mengumumkan siapa saja nama pemain yang kemungkinan besar akan bermain pada laga amal bertajuk treble reunion. Kemarin, situs resmi klub sudah mengeluarkan skuad resmi yang akan bertanding di Old Trafford pada hari Minggu (26/5) nanti.

Pertandingan ini sendiri digelar untuk merayakan 20 tahun keberhasilan klub meraih gelar Liga Champions sekaligus treble musim 1998/99. Lawan yang dihadapi adalah Bayern Munich, kesebelasan yang merasakan keganasan comeback Setan Merah di Barcelona yang menjadi venue final. Dana yang terkumpul dari pertandingan ini nantinya akan disumbangkan ke yayasan Manchester United.

Lantas, siapa saja yang sudah mengumumkan kesediaan mereka untuk mengikat tali sepatu dan mengenakan seragam merah lagi di Teater Impian?

Skuad Inti United Siap Tampil

Hampir seluruh skuad United yang bermain 20 tahun lalu memastikan kesiapan mereka untuk tampil. Di sektor penjaga gawang, Peter Schmeichel akan kembali yang diikuti dengan kuartet Gary Neville, Ronny Johnsen, Jaap Stam, dan Dennis Irwin.

Di lini tengah, David Beckham, Nicky Butt, dan Jesper Blomqvist akan bermain untuk memberi dukungan kepada Dwight Yorke dan Andy Cole. Beberapa dari pemain cadangan yang menjadi saksi sejarah di Barcelona juga sudah dipastikan tampil seperti Wes Brown dan Jonathan Greening yang dua dekade lalu statusnya masih pemain akademi United.

Tim ini akan dipimpin sekali lagi oleh Sir Alex Ferguson yang ditemani Steve McClaren, asistennya ketika United meraih tiga gelar. Sementara mantan kapten United, Bryan Robson, akan menjadi pelatih kepala.

Meski mayoritas skuad United 1998/99 dipastikan akan bermain, namun ada beberapa bintang United saat itu yang namanya tidak ada dalam rilis resmi klub. Ryan Giggs, Roy Keane, dan Phil Neville tidak ada di dalam daftar. Meski belum jelas alasan mereka absen, namun aktivitas mereka yang saat ini bertugas sebagai pelatih nampanya menjadi alasan mereka berhalangan hadir.

Giggs sedang mempersiapkan skuad Wales untuk menghadapi Kroasia pada kualifikasi Euro pertengahan Juni nanti. Sementara Phil Neville akan memimpin tim nasional perempuan Inggris berhadapan dengan Denmark dalam pertandingan persahabatan jelang kiprah mereka pada Piala Dunia Sepakbola Perempuan.

Untuk mengisi kekosongan, United memanggil empat pemain ‘cabutan’ yang belum bermain bersama United saat mereka meraih tiga gelar. Keempat pemain itu adalah Karel Poborsky, Park Ji Sung, Louis Saha, dan Mikael Silvestre. Yang menarik, Paul Scholes akan bermain pada laga ulangan final ini setelah absen karena akumulasi kartu pada pertandingan sebenarnya.

Bayern Banyak yang Absen

Jika mayoritas pemain United siap untuk bermain, maka lain halnya dengan Bayern Munich. Mereka hanya bisa membawa enam pemain saja dari 14 pemain yang bermain melawan United di Camp Nou. Mereka adalah Markus Babbel, Sammy Kuffour, Stefan Effenberg, Thorsten Fink, Lothar Matthaus, dan Carsten Jancker.

Jika memasukkan nama Bernd Dreher dan Giovanni Elber, dua pemain yang tidak bermain pada laga final, maka total hanya delapan pemain saja yang bisa dibawa Bayern dalam skuad 1998/99. Mereka tidak bisa membawa nama tenar macam Hasan Salihamidzic, Mehmet Scholl, pencetak gol Mario Basler, dan kiper ikonik Oliver Kahn.

Skuad Bayern nanti sudah pasti diisi banyak pemain ‘cabutan’. Para pemain ini memperkuat Bayern sebelum dan sesudah mereka melakoni musim 1998/1999. Sebut saja Klaus Augenthaler, Hans Pfluger, Markus Schupp, serta trio Daniel Van Buyten, Martin Demichelis, dan Ivica Olic, tiga pemain yang menyingkirkan Setan Merah ketika bertemu pada perempatfinal Liga Champions 2009/2010.

Full Squad Manchester United

Peter Schmeichel, Gary Neville, Denis Irwin, David May, Ronny Johnsen, Jaap Stam, David Beckham, Nicky Butt, Andy Cole, Louis Saha, Teddy Sheringham, Park Ji Sung, Karel Poborsky, Jesper Blomqvist, Raimond van der Gouw, Paul Scholes, Dwight Yorke, Ole Gunnar Solskjaer, Henning Berg, Wes Brown, Mikael Silvestre, Jonathan Greening

Full Squad Bayern Munich

Markus Babbel, Hans Pflluger, Sammy Kuffour, Klaus Augenthaler, Daniel van Buyten, Martin Demichelis, Christian Nerlinger, Michael Sternkopf, Markus Schupp, Luca Toni, Giovane Elber, Lothar Matthaus, Roy Makaay, Stefan Effenberg, Ze Roberto, Ivica Olic, Paulo Sergio, Carsten Lakies, Andreas Ottl, Marcel Witeczek, Thorsten Fink, Carsten Jancker, Bernd Dreher, Hans-Jorg Butt

Yang dicetak tebal adalah pemain yang memperkuat Manchester United atau Bayern Munich pada 1998/1999.

 

Comments

Loading...