OUR NETWORK

Seleksi Pemain Versi Suporter Manchester United

Sudah hampir pasti para suporter Manchester United saat ini ingin memecat sejumlah pemain di tim utama. Maka dengan latar belakang inilah diadakan sebuah vote pemain mana yang harus dikeluarkan dan yang tidak oleh media Inggris yakni Sky Sports.

Kesabaran para suporter United memang telah menipis. Apalagi jika mereka melihat para pemain tim kesayangannya itu bermain di beberapa pertandingan sebelumnya. Seperti saat United dikalahkan Arsenal 3-1 atau saat kekalahan memalukan 4-0 United dari Liverpool.

Sementara itu manajer sementara Ralf Rangnick sendiri sebelumnya juga telah menyarankan perlu adanya 10 pemain baru jika United ingin melakukan perombakan tim. Dan tentunya para suporter pun punya pandangannya sendiri terkait hal ini.

Dengan United yang akan menghadapi pertandingan penting lainnya di kandang melawan Chelsea, pihak suporter sudah memberikan suaranya. Mereka semua menuangkan waktu untuk menentukan siapa yang cukup baik dan dipilih bertahan di klub, dan siapa yang tidak.

Secara kolektif dilansir dari Sky Sports, terdapat 1,7 juta suara yang telah memvoting 30 pemain berbeda yang ada di tim utama United. Berikut beberapa rangkumannya.

Pogba, Maguire dan Glazers harus keluar

Sumber: Sky Sports

Paul Pogba, yang kontraknya akan habis musim panas ini, menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah Premier League. Terutama setelah transfernya senilai 93,25 juta paun dari Juventus pada 2016. Namun, ia dipilih oleh 91 persen suporter untuk keluar dari klub. Dan agaknya hal ini diwajarkan karena sentimen dari persentase ini sempat muncul saat Pogba menerima celaan di laga vs Norwich.

Selanjutnya, kapten klub Harry Maguire juga bergabung dalam daftar pemain yang harus dipecat atau keluar dari klub. Lebih dari tiga perempat suporter memilih untuk melepas bek tengah asal Inggris tersebut. Sementara rekan bek lainnya seperti Aaron Wan-Bissaka (65 persen) dan Victor Lindelof (52 persen) masih sedikit diizinkan masuk tim utama.

Sejumlah pemain tua dan pinjaman juga turut dipilih untuk keluar dari klub. Termasuk Nemanja Matic (94 persen), Phil Jones (90 persen), Juan Mata (89 persen), Andreas Pereira (87 persen), Anthony Martial (86 persen), Edinson Cavani (86 persen) dan Jesse Lingard (82 persen).

Yang paling menyedihkan terdapat 85 persen suporter memilih untuk mengeluarkan keluarga Glazer –yang notabene bukanlah pemain– dari tim utama United. Mereka ingin Glazer dikeluarkan setelah mengambil alih klub selama 17 tahun dan tertuduh menjadi sebab United mengalami kekeringan trofi selama lima tahun terakhir.

Sancho dan Bruno perlu dipertahankan

Jadi jika sebelumnya ada pemain yang harus keluar, lantas pemain mana yang mesti dipertahankan United?

Sumber: Sky Sports

Persentase tinggi untuk pemain yang mesti dipertahankan jatuh ke tangan Jadon Sancho. Ia memang telah menjadi primadona di tim utama United sejak pertengahan Maret lalu. Dan 94 persen suporter sangat mendukung pemain sayap Inggris itu untuk bertahan di Old Trafford.

Sementara itu, persentase Sancho ini diikuti oleh Bruno Fernandes yang menerima suara terbanyak kedua sebesar 91 persen. Fernandes sendiri berhasil mengoleksi sembilan gol dan 13 asis di semua kompetisi musim ini. Dan ia juga telah menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2026 pada Januari lalu.

Meski gelandang asal Portugal ini mengalami musim yang lebih buruk dibandingkan dengan musim lalu, tapi statistik membuktikan bahwa ia tetap berpengaruh. Ia menjadi faktor penentu di beberapa permainan. Namun kontribusinya menjadi tidak terlihat karena tertutup oleh situasi buruk United secara menyeluruh.

Selain pemain senior tim utama seperti Sancho dan Bruno, terdapat juga beberapa pemain lain yang harus dipertahankan. Seperti misalnya David de Gea (88 persen), Raphael Varane (85 persen), Scott McTominay (75 persen), Luke Shaw (69 persen), Cristiano Ronaldo (64 persen) dan Fred (62 persen).

Sementara itu Marcus Rashford (57 persen) dan Alex Telles (53 persen) masih menjadi pemain senior yang abu-abu di mata suporter. Justru malah Anthony Elanga yang menjadi pemain lebih disukai oleh suporter dengan 90 persen suara. Diikuti oleh Hannibal Mejbri (80 per sen) dan Amad Diallo (67 persen) yang ternyata terbukti telah menjadi pemain favorit para suporter.

Comments

Loading...