OUR NETWORK

Menilik Pendapatan Manchester United setelah Masuk Final UEL

Ada yang pernah penasaran berapa banyak uang yang didapat Manchester United selama bermain di Europa League 2020/2021?

Karena pastinya pasukan Setan Merah telah mengantongi lumayan banyak pendapatan dari berbagai babak yang mereka lalui di kompetisi tersebut. Yang paling terbaru, mereka mendapatkan uang mencapai 4,5 juta euro setelah berhasil lolos ke final dengan menumbangkan AS Roma.

United memulai langkah positif tersebut dengan keunggulan 6-2 pada leg pertama di Old Trafford. Sehingga mereka mampu menyelesaikan leg kedua di semifinal secara lebih mudah meski kalah oleh Roma dengan skor 3-2 di Stadio Olimpico.

Jadi selain memperoleh pendapatan terbaru, United juga tampil mengesankan. Terutama melalui gol-gol dari Edinson Cavani. Dengan begitu, sekarang pasukan Ole Gunnar Solskjaer akan menghadapi Villarreal di Gdansk pada 26 Mei nanti.

Pemenang Europa League di final itu akan mendapatkan hadiah bonus lebih lanjut sebesar 4 juta euro. Hadiah ini akan menjadi tambahan di atas hadiah uang yang sudah mereka dapat selama kompetisi Europa League musim 2020/2021.

Namun, karena keterlibatan United di Europa League datang dari fase grup Liga Champions, maka kemungkinan mereka akan memperoleh uang sebesar 23,35 juta euro di musim ini. Uang dari Liga Champions tetap masuk ke kantong Setan Merah. Itu termasuk 15,25 juta euro awal ketika mengambil bagian dalam Grup H bersama PSG, RB Leipzig dan Basaksehir.

Menang melawan setiap lawan di Liga Champions –dan kalah di tiga pertandingan lainnya–, membuat pasukan The Red Devils untung lumayan besar. Setidaknya mereka berhasil mendapatkan 8,1 juta euro (3 kali menang x 2,7 juta euro) dalam bentuk bonus berbasis hasil.

Di luar itu, setiap klub Premier League akan mendapatkan uang dalam jumlah yang signifikan sebagai bagian dari bisnis hak siar di setiap musim. Nantinya hal ini akan didistribusikan di antara peserta berdasarkan nilai proporsional pasar TV dari masing-masing negara asal mereka.

Meskipun angka itu belum diungkapkan untuk musim ini, diperkirakan nilainya akan mencapai sekitar 20 juta euro untuk United. Namun, setelah turun ke kompetisi Europa League, mereka hanya akan mengantongi di bawah 13 juta euro.

Jadi, dengan mengambil bagian di setiap putaran babak di Europa League, Manchester United sejauh ini telah memperoleh sejumlah uang. Dikutip dari MEN Sports, rinciannya sebagai berikut;

Biaya dasar – 2,92 juta euro

32 Besar vs Real Sociedad – 0,5 juta euro

Babak 16 Besar vs AC Milan – 1,1 juta euro

Perempat final vs Granada – 1,5 juta euro

Semi-final vs Roma – 2,4 juta euro

Final vs Villarreal – 4,5 juta euro (pemenang menerima 8,5 juta euro)

Kemenangan di ajang Europa League akan membuat total pendapatan United dalam kompetisi tersebut menjadi 16,92 juta euro. Serupa dengan Liga Champions, mereka juga akan mendapatkan bagian dari hak siar (yang totalnya 168 juta euro), yang angkanya diperkirakan akan melampaui 20 juta euro.

Singkatnya, jika digabungkan, United akan memperoleh 36,27 juta euro dari kedua kompetisi UEFA yang mereka jalani di musim ini. Dan total pendapatan tersebut akan meningkat menjadi 40,27 juta euro jika mereka berhasil mengalahkan Villareal di Stadion Gdansk akhir bulan ini.

Comments

Loading...