OUR NETWORK

Meminjamkan Daniel James Bisa Untungkan Manchester United

Meskipun tidak mencetak gol atau memberikan asis, Daniel James telah menikmati perhelatan Euro 2020 dengan luar biasa. Ia mendapatkan lumayan banyak pujian dari legenda Italia Giorgio Chiellini. Terutama ketika Wales melawan Italia. Gelandang Welsh itu juga menciptakan peluang paling banyak peluang (8) di Euro sejauh ini, dan ia tampil lincah di sayap kanan.

Penampilan mengesankan James ini akan memberikan semangat untuk suporter Manchester United. Terutama setelah melewati musim lalu, di mana ia secara rutin harus bermain sebagai pelapis. Maka setelah Euro 2020 usai, semua perhatian James akan beralih kembali ke klub. Dan semua orang akan mulai memperhitungkan dirinya.

Ya walaupun di satu sisi, James memang memiliki masa depan yang tidak pasti. Dengan potensi kepindahan Jadon Sancho ke Old Trafford, pemain berusia 23 tahun itu semakin dekat ke masa transisi kariernya. Setelah sebelumnya ia memulai debut dengan brilian di United, di mana ia mencetak gol dalam empat pertandingan Premier League. Namun nasibnya kini malah berada diambang ketidakjelasan.

Daniel James berjuang untuk menghidupkan kembali permainannya, dan secara bertahap ia malah kesulitan untuk menemukan posisinya di skuat utama United. Kedatangan Sancho, sekali lagi, pasti akan semakin memperumit situasinya. Semua yang ia alami pasti mulai mencekam dan membuat ia harus berpikir panjang.

Tapi kendati begitu, Euro 2020 kali ini seperti memunculkan asa bagi Daniel James. Ada sedikit percikan cahaya terang pada kariernya. Itu karena ia telah menunjukkan tajinya selama kompetisi bergengsi 4 tahunan Eropa tersebut. Di sisi lain, musim lalu juga ia masih sempat memberikan peran besar. Salah satunya lewat gol krusial ketika Setan Merah melawan Newcastle pada Februari.

Maka, dengan menyikapi hal itu, James sebetulnya masih memiliki potensi. Pemain internasional Welsh itu masih bisa jadi pemain yang perlu dipertimbangkan. Okelah, masa depannya memang tidak jelas. Tapi jika berbicara potensi, Ole Gunnar Solskjaer dan Manchester United kemungkinan besar akan memikirkannya. Mereka pasti tidak akan menyerah dengan para pemainnya.

Inti dari persoalan Daniel James sekarang adalah; ia membutuhkan menit bermain untuk mengasah permainannya. Ia perlu diberi kesempatan untuk menunjukkan bahwa ia masih pantas berada di klub papan atas Premier League. Di usia yang masih 23 tahun, sang gelandang memiliki waktu luang yang panjang. Ia masih bisa berkembang menjadi senjata jitu bagi Setan Merah.

Itu berarti, dengan minat dari sejumlah klub EPL kepada servis James, maka akan menjadi menarik jika United mempertimbangkan untuk meminjamkannya. Karena hanya dengan opsi ini, Setan Merah bisa memperoleh skenario terbaik. Meminjamkan James juga berarti memberikan keleluasaan bagi karier si pemain di masa depan.

Dengan begitu, posisi Daniel James di timnas Wales juga akan terselamatkan. Karena sejatinya, dengan atribut yang dimiliki, ia masih bisa berkembang di klub papan tengah Premier League. Di mana, ia akan memiliki lebih banyak kepercayaan dan keyakinan dari manajer di sana.

Leeds United misalnya, menurut MEN Sports, mereka menjadi salah satu klub yang dikaitkan dengan peminjaman Daniel James. Marcelo Bielsa dinilai sangat mengagumi pemain bernomor punggung 21 itu. Selain Leeds, klub seperti Southampton, Brighton atau bahkan Newcastle United juga bisa jadi opsi yang cocok untuk James.

Seperti yang telah dibuktikan oleh Joe Willock dan Jesse Lingard musim lalu. Kedua pemain ini dapat tampil maksimal dan berkontribusi dengan baik untuk klub yang meminjamnya. Mereka tidak hanya mendapatkan waktu bermain reguler, tapi juga ternyata mampu meningkatkan harga pasar di bursa transfer. Maka, Daniel James memiliki potensi yang serupa.

Pun jika nantinya James sudah tidak lagi terpakai di musim selanjutnya, Setan Merah bisa mendapatkan sosok yang jauh lebih baik dengan biaya penjualannya. Tapi sekali lagi, semua itu berada pada keputusan apa yang akan diambil oleh United. Saat ini James cuma butuh waktu bermain reguler, dan ia perlu menarik perhatian timnas Wales dengan keluar dari bangku cadangan.

Namun, jika Solskjaer ingin mempertahankannya di Old Trafford pada musim selanjutnya, maka masa peminjaman akan membentuk Daniel James. Ia pasti akan mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dan ia akan kembali ke United sebagai pemain yang jauh lebih baik. Ia juga berpotensi bisa menyaingi Sancho, atau menjadi pelapisnya. Dan ini merupakan posisi yang sangat menguntungkan bagi Setan Merah.

Comments

Loading...