OUR NETWORK

Kaleidoskop Manchester United 2019 (1)

2019 kini tinggal menghitung hari. Saatnya kita bersiap untuk menyambut tahun 2020. Sepanjang satu tahun terakhir banyak kisah yang menyertai perjalanan klub ini. Adan beberapa kabar gembira, namun ada juga beberapa kisah pahit yang datang dari pengumpul gelar Premier League terbanyak sepanjang sejarah ini.

Para penggemar United tentu berharap perjalanan Setan Merah pada tahun 2020 nanti lebih banyak diisi oleh cerita-cerita manis. Khususnya adalah mereka bisa meraih gelar dimana pada tahun 2019 ini tidak ada satupun trofi yang diangkat oleh Ashley Young selaku kapten.

Berikut adalah kaleidoskop Manchester United sepanjang 2019.

Januari

Bulan pertama 2019 diawali dengan kemenangan tandang 2-0 di markas Newcastle United. Hasil ini membuat Ole Gunnar Solskjaer meraih kemenangan keempatnya secara beruntun sejak ditunjuk menggantikan Jose Mourinho. Tidak hanya itu, catatan tersebut membuatnya menjadi manajer pertama yang bisa meraih kemenangan keempatnya secara beruntun setelah Sir Matt Busby.

Rekor itu kemudian dipecahkan beberapa hari setelahnya dengan kemenangan melawan Reading pada babak tiga Piala FA. Dalam pertandingan tersebut, Ole juga memberikan debut kepada Tahith Chong. Ole mempertajam rekornya menjadi delapan kemenangan beruntun sebelum dihentikan oleh Burnley pada pertandingan kesembilan.

Di luar lapangan, Manchester United memutuskan untuk tidak mendatangkan pemain baru. Tempat latihan mereka di Carrington juga kedatangan tamu khusus yaitu Giuseppe Rossi. Mantan pemain United ini numpang latihan untuk mengembalikan kondisi fisiknya setelah berstatus tanpa klub. Selain itu, David Beckham memutuskan untuk gabung bersama Class of 92 sebagai pemilik saham klub Salford City.

Februari

Ole Gunnar Solskjaer dan Marcus Rashford mendapat gelar sebagai manajer dan pemain terbaik Premier League bulan Januari. Ini adalah pencapaian besar mengingat setelah Sir Alex Ferguson (Oktober 2012), manajer United kesulitan meraih gelar ini. Bagi Marcus Rashford, gelar ini membuat dia menjadi pemain ketiga yang menerima penghargaan ini setelah Anthony Martial (September 2015) dan Zlatan Ibrahimovic (Desember 2016). Selain itu, David de Gea berhasil meraih clean sheet-nya yang ke-100 setelah United bermain imbang 0-0 melawan Liverpool.

Manajemen United membuat keputusan yaitu menjual Marouane Fellaini ke klub Cina, Shandong Luneng. Meski dicap sebagai pemain yang buruk, namun pemain kribo ini beberapa kali mencetak gol penting. Selain itu, manajemen juga memperpanjang kontrak Anthony Martial hingga 2024.

Di atas lapangan, Manchester United masih melanjutkan tren kemenangannya. Namun pada bulan ini, Solskjaer mendapat kekalahan pertamanya ketika dikalahkan PSG 0-2 pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Di luar lapangan, kabar duka datang dari Mickey Thomas dan Max Taylor. Mickey, pemain United di era 80-an menderita kanker perut dan membutuhkan uluran dana pada saat itu. Di sisi lain, Max Taylor juga menderita kanker dan harus beristirahat untuk jangka waktu tertentu.

Bulan Februari juga menjadi bulan yang bagus bagi Paul Scholes. Mantan pemain United ini menjalani tantangan pertamanya sebagai manajer dengan menangani Oldham Athletic. Selain itu, Sir Alex dipastikan kembali menjadi pelatih United untuk bertanding melawan Bayern Munich pada seremoni 20 tahun gelar treble Setan Merah.

Maret

Manchester United membuat kejutan dengan mengalahkan PSG 3-1 di Paris pada leg kedua 16 besar Liga Champions yang membuat mereka lolos dengan keunggulan gol tandang. Beberapa hari sebelumnya, Phil Neville membawa timnas perempuan Inggris meraih gelar She Believes Cup setelah mengalahkan Amerika Serikat.

Baru 31 hari ditunjuk sebagai manajer, Paul Scholes memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai manajer Oldham Athletic. Intervensi pemilik menjadi alasan Scholes untuk mengundurkan diri terlepas hasil pertandingan mereka juga sangat buruk. Keputusan untuk keluar juga dipilih oleh James Wilson. Di sisi lain, nasib Ander Herrera semakin tidak jelas apakah dia dipertahankan atau tidak.

Pada bulan ini, Solskjaer mulai akrab dengan kekalahan. Mereka takluk dari Arsenal yang membuat rentetan unbeaten United di liga berhenti di angka 11. Mereka juga kehilangan gelar Piala FA setelah dikalahkan Wolverhampton Wanderers. Meski begitu, hal ini tidak membuat manajemen mengurungkan niatnya untuk memberi kontrak permanen kepada Ole Gunnar Solskjaer.

April

Pada bulan ini, kelayakan Manchester United untuk finis di posisi empat mulai dipertanyakan. Dari tujuh laga yang dimainkan, United hanya menang satu kali. Satu kekalahan memalukan terjadi ketika mereka dibantai 4-0 oleh Everton yang membuat Solskjaer berencana untuk merombak skuadnya habis-habisan. Kekalahan tersebut juga membuat United memecahkan rekor angka kebobolan terbanyak sepanjang bermain di Premier League.

Beberapa kejadian juga terjadi pada bulan ini. Atap Old Trafford bocor pada laga derby Manchester, David de Gea melakukan kesalahan fatal ketika luput menangkap bola rendah sepakan Lionel Messi, Ashley Young mendapat serangan rasis, dan United memberi penghargaan kepada David Meek yang namanya diabadikan sebagai nama ruang konferensi pers Setan Merah.

Meski banyak berita-berita menyedihkan, namun ada beberapa kabar baik pada bulan April. Tim perempuan Manchester United meraih tiket promosi ke Women’s Super League hanya beberapa bulan setelah dibentuk. Selain itu, Paul Pogba terpilih dalam dafta PFA Team of the Season.

Mei

Perjalanan United semakin menyedihkan. Dua laga terakhir melawan tim degradasi, Huddersfield dan Cardiff City, tidak bisa dikalahkan. Mereka finis pada posisi keenam, posisi yang sama ketika Solskjaer mengambil alih tim dari Jose Mourinho. Mereka juga kebobolan 54 gol yang menjadi catatan terburuk sejak 1978/1979.

Pada pekan terakhir melawan Cardiff, beberapa penggemar United mencemooh Paul Pogba. Satu hari sebelumnya, Ander Herrera mengunggah video untuk mengonfirmasi kalau ia resmi meninggalkan United secara free transfer. Masalah nilai kontrak dengan agen dan manajemen menjadi penyebab perginya gelandang tengah ini. Antonio Valencia juga mengikuti jejak Herrera.

Bek kiri United, Luke Shaw, didapuk sebagai pemain terbaik klub musim ini dan Katie Zelem sebagai pemain terbaik United perempuan. Penghargaan ini sejatinya banyak mendapat protes karena nyaris seluruh pemain United tidak ada yang layak disebut bagus sepanjang 2018/2019. Beberapa suporter United juga gusar dengan tim mereka yang tampil buruk pada musim itu. Aksi Unfollow semua media sosial Manchester United menjadi Trending Topic saat itu.

Meski tanpa gelar, namun pengurus lapangan Old Trafford mendapat gelar sebagai pengurus lapangan terbaik di Premier League. Bulan Mei ditutup dengan laga Treble Reunion antara legenda United melawan legenda Bayern Munich yang berakhir dengan kemenagan legenda United 5-0. Tidak hanya itu, Salford City, klub Class of 92, berhasil promosi ke League Two.

Juni

Bulan ini diawali dengan peresmian Daniel James sebagai rekrutan pertama Manchester United. Di sisi lain, Callum Gribbin, pemain yang diharapkan bisa naik ke tim utama, memutuskan hengkang setelah kontraknya berakhir.

Beberapa penggemar United mulai emosi kepada Paul Pogba setelah ia berkata ingin merasakan tantangan baru. Rasa emosi mereka semakin memuncak ketika tersebar video liburan Jesse Lingard yang diwarnai dengan aksi temannya yang melakukan hubungan seks dengan bantal, tersebar.

Selain itu, aksi demonstrasi pendukung Manchester United terhadap keluarga Glazer berakhir anti klimaks karena dihadiri hanya puluhan orang saja.

Comments

Loading...