OUR NETWORK

Juan Mata: Saya Bertahan di Manchester United Karena Cinta

Ini adalah ungkapan terima kasih Juan Mata kepada Manchester United yang terus mempercayai dirinya untuk bermain di klub ini. Beberapa waktu lalu, ia baru saja memperpanjang kontrak hingga 2021 plus opsi tambahan satu tahun. Dari apa yang diucapkan Mata terlihat jelas rasa cintanya kepada klub ini. Klub yang sukses menyelamatkan kariernya yang sempat terpinggirkan setelah dua musim berturut-turut menjadi pemain Chelsea.

***

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar yang masih bersama kami karena musim lalu bukanlah musim yang bagus bagi klub ini. Tidak ada yang bisa saya ucapkan selain terima kasih karena para penggemar terus membantu kami pada masa-masa sulit. Terima kasih juga kepada pesan-pesan positif yang masuk setelah saya memperpanjang kontrak.

Ada banyak alasan mengapa aku bertahan di klub ini. Hal pertama adalah bagaimana rasanya menjadi anggota klub ini. Saya pikir itu adalah sesuatu yang istimewa dan unik. Kita tahu kalau di sepakbola ada tiga sampai empat klub besar di dunia, atau di Eropa, dan United adalah salah satunya.

Terlepas dari kenyataan kalau klub ini belum menjalani momen terbaik seperti sejarah kita, namun saya bangga dan sulit dipercaya ketika bangun setiap hari dan merasa kalau saya adalah penggawa Setan Merah. Saya ingin terus merasakan hal itu, saya ingin tetap berada di sini, memberikan yang terbaik, dan membawa klub ini menuju tempat yang sesungguhnya.

Saya telah berada di sini selama lima tahun dan saya menyadari betapa luar biasanya para pendukung, terutama pada saat-saat sulit. Saya tidak bisa membayangkan apa yang dirasakan kota ini jika kami memenangkan trofi besar. Kota akan berubah menjadi merah dan saya membayangkan diri saya dalam situasi itu. Itulah alasan kenapa saya ingin tinggal. Saya telah merasakan masa-masa sulit tetapi saya menantikan masa-masa hebat klub ini. Saya ingin bertahan, saya ingin berkomitmen untuk klub ini, terus memakai baju merah dan memberikan yang terbaik. Saya ingin bermain sebanyak yang saya bisa, mencetak gol, dan membantu tim ini menang. Itulah tujuan utama.

Saya senang dengan ucapan manajer yang menyukai pengalaman saya. Kita mengenalnya dan tahu kalau Solskjaer adalah orang baik. Saya bermain bersama lima manajer berbeda dengan metode kerja yang berbeda-beda. Kami sudah mengenal Solskjaer sejak musim lalu. Ini adalah pra-musim pertamanya sehingga ia punya waktu untuk mengerjakan setiap detail yang ia inginkan dan itulah yang ia lakukan. Kami menggabungkan latihan fisik, taktik, dan teknis. Semua orang menikmatinya, mereka semua belajar dan beradaptasi.

Kami semua sudah bertemu dengan Solskjaer soal apa harapannya kepada para pemain United seperti kami. Yang pasti, para pemain harus paham apa yang kita wakili dengan kaus ini. Kita harus tahu apa yang diharapkan orang-orang di luar sana kepada kita dan itu harus dilakukan sejak hari pertama. Lalu para pemain akan saling membantu satu sama lain.

Selain itu, Anda tahu kalau sebuah skuad akan sangat bagus jika memiliki pemain yang berpengalaman dan pemain muda. Rasanya seperti kemarin saya merasakan bermain pada usia 22, 23. Ternyata saya sudah bermain sepakbola untuk waktu yang sangat lama yaitu 13 tahun sebagai pemain profesional.

Saya menikmati momen-momen ketika berbicara dengan pemain muda dan memberi tahu mereka bagaimana cara saya memahami sepakbola, bagaimana caranya pemain sepakbola profesional bersikap. Saya menikmati berkumpul dengan orang seperti Rashford, Greenwood, Garner, Gomes, dan Chong.

Mereka adalah orang-orang baik. Ketika Anda seusia mereka, Anda bisa kehilangan akal dan berpikir kalau Anda adalah pemain yang lebih baik dibanding yang lain atau Anda adalah pemain yang punya nama besar dibanding lainnya. Tapi anak-anak ini sangat tenang, rendah hati, selalu berusaha yang terbaik. Saya suka kepribadian mereka. Itu juga alasan saya untuk bertahan di sini.

Selain itu, klub ini kedatangan Daniel James dan Aaron Wan-Bissaka. Anda bisa melihatnya dari saat pertama datang. Mereka punya kualitas. Wan-Bissaka sudah bermain di Premier League sebelumnya dan James telah melakukan banyak hal bersama Swansea City. Rasa lapar mereka akan memberikan yang terbaik untuk klub ini.

Dengan segala yang kami punya, kami tahu kalau tugas kami sekarang adalah meningkatkan standar kami ke tempat yang lebih tinggi lagi dan menuntun lebih dari para pemain lainnya jika ingin membawa klub ini kembali berhasil. Kami punya tekad untuk meningkat, membawa klub ini menjalani musim yang baik, dan membuat bangga para penggemar United.

*Tulisan ini diambil dari kutipan Juan Mata dalam wawancarannya bersama MUTV. Kami mencoba merangkumnya dan mengubahnya menjadi satu tulisan yang utuh.

Comments

Loading...