OUR NETWORK

Daniel James: Saya Memilih Manchester United Karena Tantangannya

Daniel James resmi diperkenalkan Manchester United sebagai pemain anyar beberapa waktu lalu. Inilah rekrutan pertama Setan Merah pada musim ini. Pemain asal Wales ini diprediksi akan menjadi pilar penting klub pada musim depan mengingat potensi dan kontribusinya benar-benar memukau para penggemar United.

Ketika sebuah klub kedatangan pemain anyar, wawancara harus dilakukan untuk mengajak para penggemar lebih dekat dengan pemain barunya tersebut. Inilah yang juga dilakukan United kepada James. Berikut adalah rekapan wawancara pemain berusia 21 tahun ini seperti dikutip dari situs resmi klub.

Daniel, selamat datang di Manchester United. Bagaimana rasanya menjadi pemain United?

“Terima kasih. Bagi saya, ini nyata, sungguh. Saya rasa setiap anak yang tumbuh ingin bermain bersama Manchester United. Saya tidak pernah berpikir saya bisa bermain melawan mereka, apalagi bermain untuk mereka, jadi itu benar-benar nyata, dan saya benar-benar menantikannya. Saya tidak sabar untuk memulainya.”

Apakah perjalanan karier Anda berlangsung sangat cepat jika melihat kembali bagaimana perjalanan karier Anda sebelum kepindahan ini terjadi?

“Saya rasa begitu. Musim lalu saya tidak berpikir saya akan mendapatkan banyak pertandingan bersama tim utama. Saya ingat pergi ke kantor pada awal tahun ini dan mengatakan kalau saya ingin dipinjamkan, lalu saya diberi tahu kalau saya akan menjadi bagian dari mereka. Saat keluar dari ruangan tersebut saya berpikir, ‘Apakah benar?’ Akhirnya saya mendapatkan lebih banyak peluang tahun ini. Luar biasa karena saya benar-benar menjadi bagian dari Swansea dan tampil bersama timnas Wales.”

Musim lalu Anda tampil luar biasa di Championship. Apa yang Anda rasakan saat itu?

“Pada awalnya saya gugup. Anda memikirkan apa yang orang-orang pikirkan tentang Anda. Tapi itu semua tidak terjadi sampai saya bisa bermain bersama tim U-23 dan U-18. Mungkin karena Graham Potter (manajer Swansea), mempercayai saya, dan dia menatakan kepada saya untuk tampil lepas dan bermain semampu saya. Saya merasa kalau setiap pertandingan saya menjadi lebih baik dan belajar lebih banyak.”

Bisa Anda ceritakan gaya main Anda kepada mereka yang belum pernah melihat Anda bermain?

“Saya katakan kalau saya pemain yang cepat. Saya tidak hanya ingin menguasai bola dan menggiring melewati lawan. Saya suka mendapatkan bola dari lini belakang.”

Anda bermain di setiap posisi di lini depan pada musim ini. Seberapa penting kemampuan bermain di banyak posisi untuk Anda?

“Menjadi pemain yang bisa bermain pada banyak posisi sangat penting untuk sekarang ini. Saya telah bermain di kiri, kanan, dan tengah. Saya menikmati bermain di tiga posisi tersebut. Penting untuk bisa bermain pada banyak posisi. Jika Anda menikmati ketiganya, maka peluang untuk tampil sejak awal akan terbuka lebar.”

Anda mendapat pengaruh yang baik di tingkat internasional bersama Ryan Giggs sebagai manajer. Seberapa besar perannya dalam keputusan untuk masuk ke United?

“Ya, Ryan patut mendapatkan kredit besar untuk alasan kenapa aku ada di sini. Dialah yang memberi saya kesempatan bermain melawan Slovakia dan mencetak gol dalam lima menit pertama sangat luar biasa bagi saya. Kepercayaan yang ia berikan pada saya pada akhirnya membuatnya menonton saya beberapa kali bermain di Swansea. Dia menghargai saya di sini. Dia yang membawa saya ke sini dan saya akan memberikan bukti kepadanya.”

Anda mencetak gol hebat melawan Brentford di Piala FA yang videonya banyak disaksikan di YouTube. Apakah itu lari tercepat yang pernah Anda lakukan? Apakah itu naluri Anda untuk berlari seperti itu?

“Saya pernah mencetak gol seperti itu saat masih anak-anak. Saya tidak menyangka akan ada ruang yang begitu besar. Biasanya di lini tengah ada satu pemain yang tetap diam di lingkarang, tetapi segera setelah bola mengenai saya, saya langsung berlari dan berpikir tentang mencetak gol. Saya tenang karena saya saat itu berhasil mencetak gol.”

Apa yang membuat Anda senang bisa bergabung bersama United?

“Tantangannya. Saya ingin menjadi bagian untuk mengembalikan United ke tempat yang mereka inginkan. Kami punya penggemar di sini, dan menjadi bagian dari mereka sangat luar biasa. Premier League akan menjadi ujian bagi saya dan saya sudah siap.”

Apakah Anda sudah berbicara dengan Ole Gunnar Solskjaer, tentang rencananya untuk maju bersama United?

“Ya, saya sudah bicara dengannya sejak saya tiba di sini. Saya pikir ambisi yang mereka terapkan saat ini adalah mendapatkan pemain yang lapar dan siap bekerja keras. Saya percaya kalau saya adalah satu dari pemain yang mereka cari. Saya mau bekerja keras. Ini adalah tantangan yang saya tunggu.”

Anda belum pernah bermain di Old Trafford. Apa yang Anda harapkan ketika bermain di sana dan Apakah Anda pernah ke sana sebagai penggemar?

“Saya menonton mereka ketika melawan Barcelona. Suasananya luar biasa. Tidak pernah terbersit dalam pikiran kalau saya akan menjadi bagian dari mereka dan bermain di lapangan itu. Saya tidak sabar untuk bermain di sana. Suasananya dan para penggemarnya sangat luar biasa.”

Anda akan ikut tur musim panas. Seberapa besar Anda menikmati kebesaran klub ini secara global, dan apakah tur menyenangkan buat Anda?

“Ya. Basis fans mereka luar biasa. Kemanapun Anda pergi Anda akan melihat penggemar United di mana-mana. United bukan hanya klub besar melainkan keluarga besar.”

Apa yang Anda harapkan ketika melihat jadwal Premier League telah dirilis?

“Yang pasti, setiap pertandingan akan sulit. Saya tidak percaya akan bermain melawan tim-tim seperti Chelsea, City, dan Liverpool.”

Apakah ada pemain yang ingin Anda lawan secara langsung di Premier League nanti?

“Tidak. Saya sudah merasakan sedikit ketika bermain pada Piala FA lalu ketika saya bermain melawan beberapa pemain kelas dunia. Saya belum berada di level yang sama seperti mereka, tetapi itulah yang saya nantikan.”

Comments