OUR NETWORK

Berubahnya Strategi Transfer Manchester United

Seorang manajer boleh-boleh saja membeberkan rincian pemain yang menurutnya wajib dibeli. Namun keputusan akhir tetap ada di tangan para petinggi manajemen. Begitu juga soal strategi transfer Manchester United yang berada di tangan Ed Woodward. Baru-baru ini dalam konferensi pers Pemaparan Keuangan Kuarter Pertama United, pria berusia 45 tahun ini mengungkapkan rencana transfer United di musim panas nanti.

Menurut Woodward, aktivitas transfer Manchester United tidak akan berlebihan pada musim panas nanti. Dirinya beralasan, skuat yang ada saat ini sudah cukup membuat manajer United, Jose Mourinho, bahagia.

“Apakah kita (United) sudah bahagia dengan skuat yang ada saat ini? Saya pikir sudah, karena menurut saya manajer kita sudah bahagia saat ini. Kalian bisa lihat itu dalam beberapa wawancara dengannya belakangan ini,” terang Woodward.

Seperti kita tahu, berhembus kabar bahwa penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann, adalah target utama United pada bursa transfer musim panas nanti. Penyerang berusia 25 tahun asal Perancis tersebut saat ini bernilai sekitar 85 juta pounds.

Meski tidak menutup kemungkinan akan adanya transfer pada musim panas nanti, Woodward mengatakan United tidak akan mengucurkan dana sebesar musim panas tahun lalu. Namun, dirinya memberi petunjuk bahwa perubahan dalam tubuh skuad United tetap diperlukan pada musim panas nanti untuk meraih titel Liga Primer Inggris.

“Saya pikir pasti akan tetap ada perkembangan. Meski sudah menang semuanya, tentu pertumbuhan dalam skuad tetap diperlukan. Karena itulah budaya dan dinamika dalam industri sepakbola,” lanjut pria yang memulai karir sebagai akuntan publik ini.

Selain memperkecil keran pembelian pemain, Woodward juga menyampaikan United akan secara perlahan pula menjual beberapa pemain. Sehingga setiap tahunnya United tidak akan menjual pemainnya secara masif. Woodward menilai strategi United tahun depan akan berbeda dari dua atau tiga tahun sebelumnya, di mana pembelian secara besar-besaran lebih sering terjadi.

“Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kita (United) akan lebih stabil dalam hal transfer. Yaitu dalam hal membeli dan menjual pemain di angka yang minim setiap tahunnya,” kata Woodward.

Woodward memberi contoh dalam pergerakan transfer United pada bursa transfer bulan Januari kemarin, di mana hanya terjadi dua transfer dalam skuad inti United, yaitu Memphis Depay yang dipinjamkan ke Olympique Lyon dan Morgan Schneiderlin yang dibeli secara permanen oleh Everton FC.

“Transfer bulan Januari cenderung sepi untuk kita (United). Namun tidak hanya kita yang sepi beraktivitas, klub-klub lain di Liga Primer juga rata-rata seperti itu,” kata Woodward yang bergabung dengan United pada 2005 silam.

Sanjungan Woodward Terhadap Mou

Selain berbicara soal rencana transfer United di musim panas nanti, Woodward jua menyampaikan rasa bahagiannya pada perkembangan United di bawah asuhan Mourinho. Woodward menilai, United yang masih berpartisipasi di empat kompetisi ini, mengalami perkembangan yang signifikan semenjak ditinggal Louis van Gaal tahun lalu.

“Di lapangan kita masih bermain di semua kompetisi yang ada. Dimana salah satunya adalah final EFL Cup melawan Southampton di Wembley, 26 Februari mendatang. Kemudian jua kita lolos ke babak lima FA Cup melawan Blackburn. Serta lolos babak 32 besar di Europa League melawan St. Etienne,” kata Woodward.

Woodward juga berharap United bisa masuk empat besar di akhir musim nanti. Bukan tanpa alasan Woodward berharap seperti itu. Seperti kita tahu posisi empat besar akan mengamankan slot di Champions League musim depan. Sebagai pihak yang mengurusi pemasukan United, tentu Woodward paham betul kerugian yang dialami United selama absen di kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa tersebut.

“Pemasukan United pada kuarter kedua musim ini (sekitar 36.7 juta pound) cukup menggembirakan meski merasakan dampak negatif dari absennya kita di Champions League,” sambung Woodward

Melihat tren positif yang ditunjukkan United di lapangan, pria yang berjasa mengamankan transfer Pogba pada musim panas lalu ini optimis United bisa mengakhiri musim dengan hasil yang gemilang.

“Dengan 14 laga tersisa di Liga Primer Inggris, kita sudah mendekati akhir dari musim ini dan saya berharap United akan mengakhirinya dengan hasil yang baik,” kata Woodward penuh harap.

Baca juga: United Kesebelasan Terkaya di Dunia

Keuangan United sejatinya dalam kondisi yang baik. Dilansir dari Express.co.uk, United telah menabung sebesar 50 juta pound pada bulan Januari ini. Ditambah keuntungan yang didapat United pada kuarter kedua musim ini sebesar 36.7 juta pound. Sehingga bisa dikatakan United mempunyai keleluasaan dalam belanja pemain musim panas nanti. Namun jika pemegang dompet United sudah mengatakan bahwa The Red Devils akan beraktivitas lebih “kalem” apa mau dikata. Mungkin ada rencana jangka panjang yang lebih diproritaskan.

Apapun itu, semoga tidak mengganggu target United untuk kembali menjadi klub yang ditakuti di kompetisi domestik maupun Eropa. Mari kita tunggu!

Sumber : Mirror.co.uk dan Express.co.uk.

Comments

Loading...