OUR NETWORK

Apa Kabar Phil Jones?

Beberapa suporter Manchester United mungkin ada yang lupa bahwa Phil Jones masih ada di buku klub. Ya, sikap semacam ini agaknya bisa dimaafkan. Karena bek asal Inggris itu memang sudah tidak bermain selama hampir 15 bulan untuk United.

Padahal kalau kita ingat-ingat kembali, ia pernah mencetak gol dalam pertandingan Manchester United vs Tranmere Rovers dengan skor akhir 6-0 pada Januari tahun lalu. Tapi setelahnya, pemain dengan wajah yang lucu tersebut seperti hilang dari peradaban.

Maka nasib Phil Jones di akhir musim ini tampaknya sudah jelas. Ia kemungkinan besar bakal meninggalkan Old Trafford. Terdapat banyak hal yang menjadi latar belakang mengapa Jones tidak dimainkan. Salah satu yang paling signifikan adalah posisi Jones yang sudah berada di belakang Harry Maguire, Eric Bailly dan Victor Lindelof.

Sementara itu, Ole Gunnar Solskjaer juga menginginkan bek tengah baru untuk duet Harry Maguire di musim depan. Itu berarti, sudah tidak ada tempat lagi bagi Jones di skuat utama. Sudah waktunya pemain berusia 29 tahun itu hengkang. Tidak peduli meskipun kariernya di United sudah mencapai usia satu dekade.

Selain itu, periode karier Phil Jones juga sudah terbilang usang. Ia seharusnya berada di masa kematangan dan kejayaan. Apalagi jika mengingat ketika ia datang ke United dari Blackburn Rovers pada 2011. Jones pernah disebut-sebut bakal menjadi bek hebat Setan Merah, dan ia sempat dilabeli sebagai penerus jangka panjang Rio Ferdinand.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, mantan manajer United Sir Alex Ferguson banyak memberikan pujian di awal karier Phil Jones di Old Trafford. Salah satunya, Fergie pernah mengatakan bahwa Jones mungkin merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimilikinya.

“Jones, bisa dibilang penampilannya sangat baik. Dia bisa menjadi pemain terbaik kami. Saya pikir Jones mungkin salah satu pemain terbaik yang pernah kami miliki, di mana pun kami bermain dengannya,” tutur Sir Alex setelah United merebut gelar Premier League pada 2013.

“Di usia 21 tahun, dia akan menjadi pemain fenomenal. Saya pikir dia bisa bermain di mana saja di lapangan. Dia memiliki pengaruh yang sangat besar, dengan insting dan kemampuan membaca permainan. Dia memiliki dorongan positif dari permainannya.”

Namun sayang, fakta yang terjadi justru berkebalikan. Awal tahun ini, Phil Jones baru mengamankan sebuah “rekor”. Di mana, ia menjadi pemain dengan absen akibat cedera paling banyak (228 kali) daripada jumlah laga yang ia mainkan untuk United (224 kali).

Sulit untuk membayangkan Phil Jones masih bisa bermain untuk United. Meskipun di sisi lain, ia sudah meneken kontrak empat tahun pada Februari 2019, dan ada opsi perpanjangan kontrak selama 12 bulan lagi. Namun tampaknya hal itu tidak akan terjadi.

Menurut media 90Min, justru ada kabar tentang West Ham United yang berminat merekrut Phil Jones dan Nemanja Matic. Pembicaraan ini muncul di tengah minat Setan Merah untuk bernegosiasi mendapatkan Declan Rice dari The Hammers.

Ada kesan bahwa percakapan antara kedua klub telah memunculkan beberapa opsi ide untuk direalisasi. Di antaranya, United ingin menurunkan harga Declan Rice dengan memasukkan pemain ke dalam kesepakatan. Seperti memasukkan nama Jesse Lingard dalam negosiasi.

Karena pada faktanya, secara mengejutkan Lingard berhasil menjadi pemain yang berpengaruh setelah dipinjamkan ke West Ham. Namun bek Jones dan gelandang Matic masih masuk ke dalam pembicaraan yang dibahas.

Di antara mereka berdua (Phil Jones dan Nemanja Matic), semuanya tampak tidak memiliki masa depan di Old Trafford. Jones misalnya, ia memiliki catatan cedera dan kurangnya waktu bermain selama beberapa musim terakhir. Lalu Matic, ia juga baru memulai 10 pertandingan Premier League musim ini.

Jadi West Ham mungkin akan berpikir dua kali jika menerima Jones atau Matic dalam kesepakatan transfer Declan Rice. Jones tidak akan banyak meningkatkan kualitas permainan West Ham. Sementara Matic sudah melewati usia matangnya, namun ia masih memiliki gaji yang cukup besar.

Comments

Loading...