OUR NETWORK

Ander Herrera: Saya Pergi dengan Perasaan Bangga

Setelah menghabiskan lima musim bersama United, Ander Herrera memutuskan untuk pergi pada akhir musim ini. Habisnya durasi kontrak mantan pemain Athletic Bilbao ini membuat si pemain akan hijrah dengan status free transfer.

Untuk menghargai jasanya selama lima musim, MUTV mengadakan wawancara eksklusif bersama Herrera untuk terakhir kalinya. Momen ini dimanfaatkan si pemain untuk mengucapkan terima kasihnya kepada semua elemen di dalam klub.

Ander, apakah ada pesan untuk para penggemar?

Ya, ini adalah saat yang menyedihkan untuk jujur karena saya sangat menikmati lima tahun terakhir di klub ini, tetapi saya di sini untuk mengumumkan bahwa saya akan pindah dan saya tidak akan lagi menjadi pemain Manchester United musim depan. Tentu saja saya punya pesan untuk para penggemar karena mereka luar biasa. Saya harus berterima kasih banyak kepada mereka semua karena mereka telah memberi saya cinta dan dukungan yang begitu banyak. Seperti yang saya katakan sebelumnya, ini bukan hari yang mudah atau keputusan yang mudah tetapi dalam hidup Anda harus mengambil keputusan.”

“Terkadang waktunya tidak tepat dan Anda hanya harus melanjutkan hidup. Saya tidak ingin bersedih, saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar atas semua yang telah mereka lakukan untuk saya dalam lima tahun terakhir. Saya sangat menikmati masa-masa bermain di klub ini dan saya merasa terhormat bisa mewakili klub ini.”

“Hal yang paling penting adalah bagian sepakbolanya. Saya menikmati sekali memakai baju United di lapangan untuk mewakili klub, dan di luar lapangan. Saya telah merasakan bagian dari klub ini ketika saya berjalan-jalan bersama mereka ke seluruh dunia dan diakui penggemar di seluruh dunia kalau Anda adalah pemain United. Itu sesuatu yang istimewa. Saya berutang banyak kepada para penggemar. Ketika meninggalkan klub sebesar United, Anda kehilangan banyak hal. Saya tidak bisa bohong, meski saya bukan terlahir sebagai penggemar United, tetapi saya ingin semua orang tahu kalau sebagian hati saya ada untuk mereka.”

“Terima kasih kepada semua orang dan saya harap para suporter menghargai saya kalau saya selalu berusaha mewakili kalian semua dengan penampilan di atas lapangan. Saya berharap ketika saya kembali ke sini, saya masih mendapatkan cinta dari para penggemar.”

Anda telah berada di sini selama lima tahun. Bagaimana Anda melihat kembali waktu Anda secara keseluruhan?

“Tidak ada yang bisa saya lihat kembali ke belakang jika Anda hampir memainkan 200 laga bersama klub ini. Saya punya kenangan yang tidak bisa saya lupakan. Tentu saja trofi yang kami menangkan bersama seperti Europa League di Stockholm yang merupakan trofi istimewa. Piala FA melawan Crystal Palace, Piala Liga, dan Community Shield. Tapi yang tidak bisa saya lupakan adalah ketika para penggemar memperlakukan saya.”

“Ketika saya bermain, mereka selalu menunjukkan kepada saya kalau saya penting bagi mereka. Saya berulang kali mengatakan, jika Anda bermain untuk klub ini maka Anda harus memberikan segalanya  dan dengan cara itu, Anda akan mendapatkan cinta dari para penggemar dan saya telah merasakan itu. Tentu saja Anda mengalami momen baik dan buruk. Ada kemenangan dan kekalahan, tetapi saya pergi dengan perasaan sangat bangga karena saya sudah melakukan segalanya. Para penggemar tahu akan hal itu.”

Apakah ada pertandingan favorit selama Anda bertanding?

“Ada beberapa. Jika saya harus memili satu atau dua maka final Liga Europa melawan Ajax di Stockholm. Kemenangan yang memberi kami tiga trofi dan itu adalah trofi yang tidak mudah untuk dimenangkan. Dan itu membawa kami kembali ke Liga Champions. Saya juga tidak bisa melupakan kemenangan di Anfield (2015). Bukan laga memperebutkan piala tetapi Anda tahu kenapa pertandingan itu menjadi favorit. Sayangnya saya tidak bisa mencetak gol di sana dan merayakan bersama penggemar United.”

Apakah Anda tetap berhubungan dengan rekan setim?

“Tentu saja. Saya selalu mengatakan kalau klub ini istimewa. Saya mengalami hal-hal yang belum pernah saya rasakan sebelumnya bersama klub ini. Saya tidak ingin membanding-bandingkan tetapi tempat ini memang istimewa. Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya ketika Anda bermain untuk Manchester United, maka Anda akan selalu lekat dengan identitas itu selamanya.”

“Terima kasih kepada semua manajer yang pernah bermain bersama saya di sini, para staf juga, mereka semua meningkatkan saya dan menjadikan saya lebih baik lagi. Saya tidak akan pernah melupakan teman-teman Spanyol saya (De Gea, Mata, Emilio Alvarez), teman-teman yang bermain bersama saya, dan saya akan berhubungan terus dengan kalian. Satu hal yang membuat saya bangga adalah saya mendapat kasih sayang dari setiap penggemar United.”

Anda punya kesempatan mengucapkan selamat tinggal di Old Trafford. Apakah akan menjadi hari yang emosional bagi Anda?

“Tentu saja. Sulit karena saya tahu tidak akan bermain lagi untuk klub ini dan untuk para penggemar. Saya tidak akan pernah melupakan setiap kali nama saya dinyanyikan di Old Trafford. Para penggemar luar biasa. Saya pergi dengan perasaan bangga dan saya sangat tenang dengan diri saya karena saya sudah mencoba memberikan segalanya bagi klub dan para penggemar.

Perjalanan Karier Ander Herrera di Manchester United

Agustus 2013 – Tawaran 24 juta paun United ditolak Athletic Bilbao

30 Juni 2014 – Bilbao mengumumkan kalau Ander Herrera membayar release clause nya sendiri

23 Juli 2014 – Debut bersama United melawan LA Galaxy

14 September 2014 – Gol pertama bersama United ketika melawan QPR

22 Maret 2015 – Membuat Steven Gerrard diusir hanya dalam tempo 38 detik

18 Mei 2017 – Mendapat gelar pemain terbaik klub

18 Februari 2019 – Mencetak gol terakhir bersama United (vs Chelsea, Piala FA)

Jumlah Penampilan: 189 Caps

Gol/Asis: 20 gol/ 27 asis

Jumlah Trofi: Empat (Piala FA, Piala Liga, Community Shield, Liga Europa)

Comments

Loading...