OUR NETWORK

5 Alasan David De Gea Tak Akan Pindah ke Real Madrid

Real Madrid jadi peminat David De Gea sejak beberapa musim lalu. Kiper timnas Spanyol itu memang berasal dari Madrid, kota kelahirannya. Ia didatangkan oleh Sir Alex Ferguson dari Atletico Madrid pada awal musim 2011/2012 silam. Pada bursa transfer musim panas 2015 lalu, klub berjuluk Los Merengues tersebut hampir saja berhasil membawa pulang De Gea ke Madrid, jika proses transfernya tak gagal di detik-detik terakhir tenggat transfer, hanya gara-gara urusan dokumennya yang tidak lengkap.

Pemain yang pernah dinobatkan sebagai kiper termahal sepanjang sejarah Liga Inggris dengan biaya transfer 18,9 juta paun itu akhirnya memperpanjang kontrak di awal musim 2015/2016. Kontraknya pun masih berlaku sampai Juni 2019. Namun, Madrid sepertinya masih belum berhenti mengejar De Gea, seperti yang kembali mereka lakukan di musim panas 2017 lalu.

Meski begitu, upaya tersebut memang tak juga berhasil. Bahkan, banyak pihak yang kini malah mengklaim Madrid tak akan bisa mendapatkannya. Berikut lima alasan De Gea tak akan pindah ke Madrid, dikutip dari Sportskeeda.

  1. Hubungan Madrid-United

Kesuksesan Madrid merebut Cristiano Ronaldo dari tim Setan Merah pada musim panas 2009 silam dengan status sebagai pemain termahal dunia saat itu; berbanderol 80 juta paun, ditengarai sebagai awal memburuknya hubungan antara kedua tim raksasa di negeri masing-masing tersebut.

Ketika De Gea batal bergabung ke Santiago Bernabeu, markas klub berjuluk El Real itu pada 2015, hubungan mereka pun disebut-sebut semakin retak. Ditambah pula dengan penolakan Madrid untuk melepas striker Alvaro Morata yang diinginkan manajer Jose Mourinho, yang akhirnya bergabung ke Chelsea.

  1. Rivalitas Atletico-Madrid

Sebagai tim sekota, persaingan antara Atletico dan Madrid dalam Derby Madrid memang terbilang panas. Apalagi, mereka juga selalu bersaing di kompetisi domestik, bersama klub besar Spanyol lain, Barcelona.

Masa lalu De Gea yang dibesarkan di akademi Atletico, hingga kemudian bermain di tim senior sejak musim 2009/2010, tentu saja akan menjadi salah satu petimbangan utama bagi dirinya jika memang ingin kembali ke Negeri Matador. Jika kiper berusia 27 tahun ini tetap memilih pindah ke Madrid, sudah dipastikan keputusan ini akan semakin menyakitkan bagi para suporter Ateltico.

  1. Harga semakin tinggi

Sangat jelas, United pastinya akan memagari De Gea agar tak berpindah ke lain hati. Hingga saat ini, posisinya tidak tergantikan sebagai kiper nomor satu di Old Trafford, sehingga manajemen The Red Devils akan benar-benar menjaga aset besar ini. Salah satunya cara tentu saja dengan membanderol dengan harga tinggi.

Pada musim panas 2015 lalu, nilai De Gea sempat disepakati pada angka 29 juta paun. Namun, sekarang laman Transfermarkt memperkirakan harganya sudah mencapai nilai 40 juta euro, atau sekitar 35,5 juta paun. Pastinya nilai real sang kiper lebih tinggi dari angka perkiraan itu.

  1. Calon legenda United

Meski sempat mendapat banyak kritik di awal-awal kedatangannya di Old Trafford, namun perlahan tapi pasti De Gea akhirnya mampu menunjukkan kualitasnya. Ferguson pun tak salah memilih dia saat masih berusia 21 tahun. Kini, hingga musim ketujuhnya bersama United pada musim 2017/2018 ini, kiper kelahiran 7 November 1990 itu sudah menjelma sebagai salah seorang bintang tim Setan Merah.

Bukan tidak mungkin De Gea juga bisa menjadi legenda United di masa mendatang, seperti Peter Schmeichel. Bahkan, kini banyak pihak yang menyebutnya pantas sebagai kiper terbaik dunia.

  1. Banyak alternatif lain

De Gea tentu saja bukan satu-satunya penjaga gawang berbakat saat ini. Masih ada banyak kiper lain yang bisa dilirik Madrid sebagai alternatif. Belakangan ini, memang hal itulah yang dilakukan oleh tim besutan pelatih Zinedine Zidane tersebut. Kiper muda Athletic Bilbao, Kepa Arrizabalaga disebut-sebut menjadi target buruan mereka, setelah dua kali gagal memboyong De Gea dari United.

Kiper internasional Spanyol itu merupakan salah satu talenta terpanas di La Liga pada musim ini, yang kabarnya akan segera direkrut Madrid pada bursa transfer musim dingin, Januari 2018 mendatang.

***

Alasan terakhir yang sempat dilaporkan oleh surat kabar Spanyol, Marca pada September 2017 lalu, akan membuat posisi De Gea tetap nyaman di Old Trafford, karena tak perlu lagi menghadapi rumor soal kepindahannya ke Madrid. Bukan tidak mungkin, kiper yang sudah mencatatkan lebih dari 100 clean sheet atau tidak kebobolan bersama United ini akan segera kembali memperpanjang kontrak.

Comments

Loading...